Sukses

iPhone SE 4 Meluncur Lebih Cepat? Apple Bakal Rilis Bareng iPhone 16

Selain iPhone 16, pada event di September 2024, Apple juga diprediksi akan menghadirkan kejutan, termasuk kehadiran iPhone SE 4.

Liputan6.com, Jakarta - Apple diketahui tengah bersiap menggelar event besar tahunannya pada 9 September 2024. Dalam acara bertajuk It's Glowtime, event ini diprediksi akan menjadi panggung bagi peluncuran iPhone 16.

Namun tidak hanya itu, seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (3/9/2024), event ini juga akan menjadi ajang perkenalan sejumlah produk lain besutan Apple, termasuk salah satunya iPhone SE generasi terbaru.

Hal ini didasarkan pada laporan terbaru Mark Gurman dari Bloomberg. Dilaporkan, stok iPhone SE saat ini tengah mengalami kekurangan pasokan.

Dengan kondisi tersebut, ada kemungkinan pembaruan untuk produk tersebut kemungkinan tengah dilakukan. Pembaruan spesifikasi iPhone SE sendiri terakhir dilakukan pada 2022, dan pembaruan desain terakhir dilakukan pada 2020.

Adapun iPhone SE pertama dilakukan pada 2016, dengan desain yang mirip iPhone 5S. Jika benar Apple merilis iPhone SE baru di September tahun ini, besar kemungkinan ini akan melanjutkan tren jeda empat tahun untuk pembaruan desain utama.

Sekadar informasi, berdasarkan rumor yang beredar, seri SE terbaru memang akan mengadopsi desain iPhone modern. Disebutkan, perangkat ini akan memiliki desain yang mirip iPhone XR.

Kendati demikian, informasi ini masih sebatas rumor. Sebab, model ini biasanya diumumumkan pada awal tahun, serta laporan dari sumber terpercaya lain menyebut kalau iPhone SE 4 akan diluncurkan pada 2025.

Untuk itu, menarik menunggu pengumuman lebih lanjut dari Apple. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap Meluncur 2025, iPhone SE 4 Bawa Kejutan dengan Apple Intelligence

Di sisi lain, Apple sebelumnya telah memperkenalkan Apple Intelligence di ajang WWDC 2024, dengan iPhone 16 series dipastikan bisa menikmati kecanggihan AI ini.

Berhubung seri iPhone 16 belum dirilis, pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bisa mencicipi sejumlah fitur ini di iOS 18 Public Beta.

Namun, ada kabar mengejutkan tidak kalah menarik. iPhone SE 4 yang rencana akan diluncurkan pada awal 2025, juga akan mendukung Apple Intelligence.

Informasi ini diungkap oleh Mark Gurman dalam laporannya di Bloomberg. "Dipastikan iPhone SE4 akan mendukung Apple Intelligence," kata Gurman, sebagaimana dikutip dari laporan tersebut, Selasa (13/8/2024).

Kabar ini cukup mengejutkan, mengingat iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tidak mendukung teknologi AI ini karena dianggap tidak cukup mumpuni dari segi performa.

Jika informasi ini benar, maka iPhone SE 4 berpotensi memiliki performa lebih tinggi dibandingkan beberapa model iPhone di bawah iPhone 15.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi iPhone SE 4

Dengan desain bodi lebih modern yang mengadopsi tampilan iPhone 14, dan penggunaan panel OLED untuk pertama kalinya di lini iPhone SE.

Berbekal kombinasi Apple Intelligence, tampilan lebih modern, dan harga lebih terjangkau, iPhone SE 4 berpotensi menjadi pilihan favorit bagi pengguna yang menginginkan iPhone dengan performa tinggi namun tetap ramah di kantong.

Di samping itu, iPhone SE 4 dirumorkan bakal punya bodi belakang berbeda dari bocoran dan akan lebih terkini. Kabar ini datang dari pengguna Weibo dengan akun Fixed Focus Digital.

Rumor terbaru menyebutkan iPhone SE 4 akan memiliki bodi belakang yang mirip dengan iPhone 16 standar. Informasi ini berasal dari akun Weibo Fixed Focus Digital, seperti yang dikutip oleh GSM Arena, Senin (22/7/2024).

Namun, dari berbagai gambar render beredar saat ini  HP iPhone SE 4 akan tampil dengan notch dan satu buah kamera belakang.

4 dari 4 halaman

iPhone SE Bakal Makin Canggih, Punya Face ID dan Port USB Type C

Di sisi lain, mengutip informasi dari MacRumors, Senin (29/7/2024), iPhone SE 4 akan membawa sejumlah peningkatkan signifikan dibandingkan pendahulunya. Salah satu perubahan mencolok adalah kehadiran fitur Face ID menggantikan Touch ID di model sebelumnya.

Selain itu, iPhone ini akan memakai port USB Type C, bukan lagi port lightning. Layar smartphone ini pun akan lebih besar yakni 6,06 dengan panel OLED.

Disebutkan pula, iPhone SE baru ini diprediksi akan dipersenjatai oleh chipset A18, sama seperti seri iPhone 16. Apple juga akan membekali ponsel ini dengan bodi aluminium yang lebih kokoh.

Sama seperti pendahulunya, smartphone ini akan memiliki kamera belakang tunggal beresolusi 48MP. Menurut rumor, iPhone ini akan diluncurkan antara Maret hingga Mei 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini