Sukses

Apple Tinggalkan LCD Jepang, iPhone SE Bakal Pakai OLED

Apple dikabarkan akan mengganti panel LCD di iPhone SE dengan OLED. Keputusan ini membuat kerja sama dengan pemasok layar asal Jepang berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan bakal memperbarui iPhone dengan peningkatan yang signifikan. Salah satu yang disebut akan mendapatkan pembaruan ada di sisi layar.

Menurut kabar, Apple akan memakai panel OLED untuk iPhone SE terbaru. Kabar ini pun memunculkan rumor kalau Apple akan menghentikan kerja sama dengan pemasok layar LCD asal Jepang.

Berdasarkan laporan Nikkei Asia seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (4/9/2024), panel LCD yang digunakan di iPhone SE dipasok oleh Japan Display (JDI) dan Sharp. Kedua perusahaan itu disebut menyumbang hingga 70 persen pasokan layar iPhone.

Namun, dengan adanya rencana Apple yang beralih ke layar OLED, kondisi tersebut kemungkinan besar akan berubah. Sebab, pemasok layar OLED diketahui banyak berasal dari Korea Selatan dan Tiongkok.

Dari sumber anonim yang mengetahui hal tersebut, Apple disebut telah memesan panel OLED dari BOE dan LG untuk iPhone SE generasi berikutnya. Hal ini disebut bakal menandai berakhirnya kemitraan Apple dengan pemasok layar asal Jepang.

Perlu diketahui, saat ini, iPhone SE yang dianggap sebagai model entry-level memang masih menggunakan panel LCD. Namun, rencananya, perusahaan akan memperbarui model tersebut dengan panel OLED.

Apple sendiri mengadopsi OLED pada iPhone X di 2017, dan dipertahankan untuk model paling mahal hingga 2019. Baru pada 2020, seluruh jajaran iPhone 12 dilengkapi dengan layar OLED, termasuk juga iPad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan iPhone yang Tidak Kebagian Update iOS 18, Apa Ponsel Kamu Termasuk?

Di sisi lain, Apple akan segera merilis iOS 18 bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 series dalam acara bertajuk "It's Glowtime" pada 9 September 2024, pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Bagi fans Apple di Indonesia, mereka dapat mengikuti live streaming acara pada 10 September pukul 12.00 WIB dini hari.

Sejak diperkenalkan dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024, iOS 18 telah mencuri perhatian dengan berbagai fitur canggih seperti Apple Intelligence, kustomisasi Home Screen, hingga perombakan besar-besaran di aplikasi Photos.

Deretan iPhone yang Dapat Update iOS 18Sayangnya, tidak semua perangkat iPhone bisa menikmati kecanggihan iOS 18. Meski begitu, kabar baiknya, iPhone XR yang cukup lawas ternyata masih masuk dalam daftar perangkat yang menerima update.

Sayangnya, tidak semua perangkat iPhone bisa menikmati kecanggihan iOS 18. Meski begitu, kabar baiknya, iPhone XR yang cukup lawas ternyata masih masuk dalam daftar perangkat yang menerima update.

Berikut ini adalah daftar lengkap iPhone yang terima update iOS 18:

  • iPhone XR
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max
  • iPhone 12 dan 12 mini
  • iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max
  • iPhone 13 dan 13 minii
  • Phone 13 Pro dan 13 Pro Max
  • iPhone 14 dan 14 Plus
  • iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max
  • iPhone 15 dan 15 Plus
  • iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max
  • iPhone SE (2nd gen)
  • iPhone SE (3rd gen)

Namun, perlu diperhatikan beberapa fitur baru iOS 18 hanya tersedia di model iPhone terbaru. Apple telah mengonfirmasi, fitur Apple Intelligence, misalnya, hanya akan hadir di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Adapun fitur ini memerlukan chipset A17 Pro dan M1 atau yang lebih tinggi untuk bekerja secara optimal. Bagaiamana, apakah perangkat kamu termasuk di dalam daftar ini?

3 dari 4 halaman

Apple Unjuk Kemampuan iOS 18

Apple baru saja meluncurkan sistem operasi mobile mereka di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC), yakni iOS 18.

Sesuai bocoran di internet, iOS 18 membawa sejumlah fitur baru dan menarik yang didesain agar iPhone pengguna lebih personal dan aman.

“Kami sangat antusias untuk memperkenalkan iOS 18,” kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple.

Lewat update iOS 18 ini, Apple memboyong sejumlah fitur-fitur luar biasa, termasuk tingkat penyesuaian dan kemampuan baru, aplikasi Foto dengan desain baru, dan cara-cara yang luar biasa untuk tetap terhubung melalui Pesan.

Craig juga mengatakan, “peluncuran ini juga menandai dimulainya era baru kecerdasan personal yang sangat menarik dengan Apple Intelligence."

Lewat teknologi AI ini, pengguna iPhone akan mendapatkan pengalaman intuitif, andal, dan langsung terasa kegunaannya, dengan tetap mengutamakan privasi. "Kami tidak sabar menunggu pengguna mencobanya sendiri,” ucap Craig.

4 dari 4 halaman

Personalisasi Lebih Luas

Salah satu fokus utama Apple di update iOS 18 adalah personalisasi, di mana kini pengguna iPhone memiliki banyak pilihan untuk menyesuaikan tampilan iPhone mereka sesuai dengan keinginan. Hal ini termasuk:

Opsi home screen dan lock screen lebih beragam:

  • Pengguna iPhone kini dapat mengatur tata letak aplikasi dan widget dengan bebas.

Control center yang disesuaikan:

  • Pusat kontrol telah didesain ulang untuk memberikan akses yang lebih mudah ke banyak hal, sehingga pengguna iPhone dapat mengakses fitur paling sering digunakan.

Fitur Privasi yang Lebih Kuat

Fitur baru iOS 18 juga menghadirkan beberapa fitur privasi baru yang dirancang untuk membantu pengguna melindungi data mereka, antara lain:

  • Kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi:

Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dari home screen dan App Library, sehingga hanya dapat dilihat dengan memasukkan kode sandi atau Face ID.

  • Otentikasi per aplikasi:

Pengguna juga bisa memilih untuk memerlukan otentikasi untuk aplikasi tertentu, sehingga hanya dapat dibuka dan menggunakan aplikasi adalah pemilik iPhone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.