Sukses

Gboard Punya Fitur Autocorrect untuk Koreksi Kata hingga Kalimat, Bagaimana Cara Kerjanya?

Keyboard bawaan Google akan dapat update yang membuat kamu makin nyaman ngetik dengan fitur Autocorrect. Bukan hanya kata, tapi juga kalimat lengkap hanya dengan satu tap, simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar terbaru buat kamu pengguna Android. Gboard, keyboard bawaan Google, akan dapat update keren yang akan bikin kamu makin nyaman saat mengetik.

Jadi, di Android 15 yang sebentar lagi rilis, Gboard akan bisa autocorrect bukan cuma kata, tapi juga kalimat lengkap dengan satu kali tap saja.

Dikutip dari Android Police, Jumat (6/9/2024), Android 15 akan mulai tersedia untuk perangkat Pixel terlebih dulu, lalu menyusul ke HP lain kayak Samsung dan OnePlus. Sambil menunggu update-nya, Gboard sudah siap-siap dengan beberapa perubahan menarik.

Fitur Baru yang Ditunggu

Menurut bocoran dari @AssembleDebug lewat Android Authority, jika selama ini pengguna ingin ganti keyboard di Pixel, kamu harus bolak-balik ke Settings atau tahan spacebar di Gboard. Nah, Google bakal menambahkan tombol khusus buat ganti keyboard cuma dengan sekali tap.

Gampang banget, kan? Dan kalau mau akses menu ganti keyboard, kamu tinggal tahan tombol itu.

Fitur ini lagi diuji coba di versi beta Gboard 14.6.02.665297282, dan bisa jadi bakal ada kejutan dalam waktu dekat.

Autocorrect Makin Canggih dan Edit Menu Custom

Bukan cuma itu, Gboard juga akan punya fitur autocorrect yang lebih pintar. Kamu bisa pilih autocorrect buat kata-kata saja atau sekaligus kalimat. Jadi, tidak ada lagi yang namanya typos!

Selain itu, ada juga tambahan tombol edit di menu kustomisasi. Biasanya, kamu bisa geser-geser fitur kayak One-handed mode, Translate, dan lainnya dengan tahan ikon alatnya.

Nah, supaya enggak salah geser, Google akan memberikan tombol pencil yang harus kamu tekan dulu sebelum bisa edit posisi alat-alatnya.

Semua fitur ini kemungkinan bakal muncul bareng update Android 15 QPR1. Jadi, stay tuned ya, siapa tahu fitur ini bisa bikin pengalaman ngetik kamu makin simpel.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Tambahkan Tombol Undo di Gboard Android, Gampang Banget

Gboard merupakan keyboard virtual besutan Google yang tersedia di Android dan iOS. Salah satu keunggulan Google Keyboard ini adalah kemampuan integrasi dengan berbagai layanan Google tanpa perlu login akun Google kamu.

Sebelumnya, Gboard juga menyediakan berbagai fitur lain yang menarik dan patut untuk dicoba. Salah satunya adalah tombol “undo” yang bisa kamu tambahkan di Gboard untuk perangkat Android. 

Dengan fitur ini, kamu hanya perlu mengusap ke kiri pada tombol backspace Gboard untuk menghapus seluruh kata/frasa dengan cepat, lalu Google juga menyediakan strip saran untuk pemulihan cepat.

Langkah-langkah mengaktifkan tombol undo, seperti mengutip 9to5Google, Minggu (31/12/2023):

  1. Buka Pengaturan Gboard > Bahasa.
  2. Pilih "Tambahkan papan ketik.
  3. "Cari "Bahasa Jepang" dan pilih.
  4. Pilih opsi pertama di korsel [12キー] dan tekan "Selesai."

 

3 dari 4 halaman

Google Telah Mengonfirmasi, Mereka Sedang Mengembangkan Fitur ini

Dengan menambahkan papan ketik Jepang, kamu akan mendapatkan tombol globe di sebelah kiri bilah spasi aplikasi keyboard ini.

Jika kamu tidak suka dengan tampilan bilah yang mengecil, buka Pengaturan Gboard > Preferensi > tombol "Tampilkan tombol pengalih bahasa." 

Jika dimatikan, kamu dapat menggunakan tombol bahasa/keyboard sistem di sudut kanan bawah layar, atau pintasan "Bahasa berikutnya" Gboard, yang dapat ditambahkan ke baris atas.

Meskipu membutuhkan sedikit usaha, langkah-langkah ini bisa memberikan akses cepat ke tombol "undo." Namun, idealnya, Gboard akan menambahkan tombol "undo" sendiri di strip saran.

Google telah mengonfirmasi, mereka sedang mengembangkan fitur ini, tapi belum diketahui kapan akan rilis bagi seluruh pengguna.  

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.