Sukses

Samsung Galaxy A06 Boyong Fitur Keamanan Knox Vault, Bisa Apa Saja?

Samsung Galaxy A06 resmi dirilis seharga Rp 1,5 jutaan. HP ini didukung fitur keamanan Knox Vault agar data pengguna tidak dicuri atau malware.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung merilis Galaxy A06 dengan harga Rp 1,5 jutaan. Perangkat ini didukung fitur keamanan Knox Vault dan menjadi smartphone seri A0s pertama yang memiliki fitur  tersebut. Lewat fitur keamanan Knox Vault ini Samsung melindungi penggunanya dari upaya pengambilan data dan malware.

Samsung menyadari saat ini ada banyak upaya peretasan, pengambilan data, dan tersebarnya malware. Misalnya lewat pengiriman link atau dokumen via WhatsApp, yang mengandung APK berbahaya, Knox Vault pada Galaxy A06 ini menambah perlindungan terhadap upaya tersebut. 

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ricky Bunardi, mengatakan, "Melalui kehadiran Samsung Knox Vault pada Galaxy A06, para pengguna tidak perlu khawatir akan keamanan data-data penting serta salah pencet link, karena Samsung Knox Vault akan melindungi para pengguna dari pencurian data dan APK tak dikenal."

Samsung Knox Vault di Samsung Galaxy A06 hadir dengan memori khusus terpisah untuk menyimpan data penting seperti PIN dan pola kunci layar. Dengan begitu, data ini aman dari upaya peretasan. Berikut adalah berbagai fitur keamanan yang diboyong di Knox Vault:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Keamanan di Galaxy A06

  • Auto Blocker: Bertugas mencegah penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak sah. Misalnya kiriman APK berbahaya di WhatsApp. Fitur ini akan memeriksa malware dan ancaman keamanan siber lainnya. Selanjutnya, Auto Blocker akan otomatis memblokir aktivitas berbahaya yang mungkin terjadi. Cara aktivasinya: Buka Settings, buka Security and privacy, lalu ketuk Auto Blocker dan pilih On.
  • Secure Folder: untuk mengamankan aplikasi yang mengandung data-data sensitif, seperti aplikasi mobile banking.  
  • Maintenance Mode: Berguna ketika pengguna membawa ponsel ke service center, agar pihak teknisi dapat mengoperasikan dan mengecek fungsi ponsel tanpa mengakses informasi pribadi di dalam ponsel tersebut.
  • Private Share: Memudahkan pengguna berbagi konten-konten pribadi seperti dokumen pribadi, dokumen pekerjaan, foto dan video keluarga dengan perlindungan privasi yang lebih kuat. Pemilik data atau file penting tersebut bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengakses, serta berapa lama file tersebut tersedia. 

Di samping fitur-fitur di atas, Galaxy A06 juga dapat menikmati 2x OS update dan juga 4 tahun security update, sehingga memberikan ketenangan untuk pemakaian jangka panjang.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy A06

Galaxy A06 diperkuat dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dan fast charging 25W. Samsung mengklaim, kemampuan ini membuat baterai smartphone tersebut mampu terisi 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

HP Samsung dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dan depth sensor 2MP. Kamera depan perangkat ini beresolusi 8MP.

Samsung Galaxy A06 menjalankan One UI 6.1 berbasis Android. HP Samsung terbaru ini hadir dalam dua pilihan warna yakni blue black dan light blue.

4 dari 4 halaman

Dua Kali Update Keamanan

Smartphone ini dijanjikan akan mendapatkan dua kali update OS dan empat tahun security update. Samsung menghadirkan pula fitur side fingerprint untuk kemudahan membuka perangkat.

Galaxy A06 tersedia dalam dua varian harga yakni Rp 1.499.000 untuk RAM 4GB/ROM 64GB dan Rp 1.699.000 untuk RAM 4GB/ROM 128GB.

Selain itu, ada bonus cashback hingga Rp 100.000, travel adapter 25W senilai Rp 299.000, paket data XL 36GB per bulan selama 12 bulan. Lalu ada bonus YouTube Premium selama 2 bulan.

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.