Sukses

Hands-on Samsung Galaxy A06, HP Rp 1 Jutaan yang Bisa Jaga Data Pengguna

Handson Samsung Galaxy A06, HP Android Rp 1 jutaan yang sudah didukung fitur keamanan Knox Vault untuk memastikan data pengguna tetap aman, termasuk dari instalasi malware berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung menghadirkan Samsung Galaxy A06, smartphone entry level yang dijual harga Rp 1 jutaan. 

Meski harganya Rp 1,5 jutaan smartphone ini sudah didukung fitur keamanan Knox Vault yang memastikan keamanan data pengguna aman dari pencurian dan malware. 

Perangkat Samsung didukung deretan fitur keamanan tinggi, dari autoblocker guna mencegah instalasi aplikasi dari sumber tidak sah.

Masih tentang Samsung Knox Vault, HP ini juga memboyong fitur Secure Folder untuk mengamankan aplikasi dengan data-data sensitif, seperti aplikasi mobile banking. Lalu ada mode Maintenance untuk memastikan data pengguna aman ketika smartphone sedang diperbaiki di service center.

Juga ada fitur Private Share, untuk menjaga data pribadi tetap aman ketika dibagikan ke pihak lain. 

Penasaran seperti apa penampakan smartphone ini? Yuk simak foto-foto hands-on Samsung Galaxy A06 berikut ini:

Bodi Belakang

HP Rp 1 jutaan Galaxy A06 hadir dengan bodi belakang yang mirip dengan smartphone Galaxy A series lainnya. Bodinya terbuat dari material plastik polikarbonat dalam dua opsi warna yakni Blue Black dan Light Blue. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera

Pada bodi belakangnya terdapat dua kamera utama 50MP dan depth camera 2MP. Selain itu juga terdapat flash light di samping kedua kameranya. Adapun kamera selfienya menggunakan kamera 8MP. 

Bodi tiap sisinya

Perangkat ini hadir dengan frame tipis 8 mm dengan desain Key Island yang membuatnya tetap nyaman digenggam meski tidak bisa setipis flagship. 

<p>Bodi tiap sisi Samsung Galaxy A06 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Pada sisi kanan smartphone ini Samsung menempatkan dua tombol yakni volume dan tombol Power yang agak pipih sehingga membuatnya agak sulit dijangkau. Tombol Power ini sekaligus menjadi fingerprint scanner. 

<p>Bodi tiap sisi Samsung Galaxy A06 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Adapun pada sisi kirinya terdapat sebuah SIM card slot. Lalu sisi bawahnya Samsung masih menyematkan jack audio 3,5mm, namun pengisian dayanya dilakukan dengan port USB Type C, dan sebuah speaker di sisi kanan dari port USB Type C. 

 

<p>Bodi tiap sisi Samsung Galaxy A06 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Bodi tiap sisi Samsung Galaxy A06 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

3 dari 4 halaman

Layar dan Prosesor

Pada bagian layar, Samsung menggunakan layar IPS panel seluas 6,7 inci dengan desain kamera depan cutout berbentuk U. Layar tersebut memiliki refresh rate yang lumayan lancar ketika dipakai scrolling, yakni 60Hz. 

Perangkat ini didukung baterai 5.000mAH dengan kemampuan pengisian daya cepat hingga 25W. Dengan pengisian daya cepat ini, perangkat diklaim bisa mengisi daya 50 persen hanya dalam 30 menit. Performanya didukung MediaTek Helio G85.

Untuk mendukung penggunaan yang panjang, Samsung telah menyertakan dukungan update OS hingga 2 tahun. Kini, perangkat ini sudah didukung One UI 6.1 dengan security update hingga 4 tahun. 

Kelebihan lain dari smartphone ini adalah dukungan dual mic yang membuat perangkat Galaxy A06 lebih jernih ketika dipakai teleponan, baik itu menggunakan aplikasi telepon atau aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Call.

4 dari 4 halaman

Harga

Galaxy A06 tersedia dalam dua varian harga yakni Rp 1.499.000 untuk RAM 4GB/ROM 64GB dari harga asli Rp 1.549.000 dan Rp 1.699.000 untuk RAM 4GB/ROM 128GB dari harga Rp 1.799.000. 

Selain itu, ada bonus cashback hingga Rp 100.000, travel adapter 25W senilai Rp 299.000, paket data XL 36GB per bulan selama 12 bulan. Lalu ada bonus YouTube Premium selama 2 bulan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.