Sukses

XL Axiata Rekrut 20 Penyandang Difabel Magang di Perusahaan

XL Axiata merekrut 20 penyandang difabel untuk mengikuti program magang di perusahaan pada berbagai divisi.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata merekrut 20 penyandang difabel untuk mengikuti program magang di perusahaan. Hal ini merupakan kelanjutan dari program pelatihan keterampilan digital bagi 115 penyandang difabel dalam rangkaian program CSR perusahaan. 

Mereka yang terpilih akan menjalani program magang selama enam pekan mulai 17 September hingga 22 Oktober 2024 mendatang. 

Program ini merupakan rangkaian dari Program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja. Seluruh peserta penyandang difabel yang ikut dalam program ini berasal dari enam komunitas penyandang disabilitas. 

Komunitas tersebut antara lain adalah Dilans Indonesia Bandung, Rumah Difabel/Khadijah Sharaswaty Indonesia Medan, Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya, FeminisThemis Surabaya, Tim Bisindo dan Aksesibilitas Surabaya, serta Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia.

Tak hanya itu, program ini juga mendapat dukungan dari Yayasan Benihbaik dan komunitas Bloggercrony.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir, mengatakan program keterampilan digital bagi 115 penyandang difabel ini sudah sukses dijalankan. 

Ia pun mengapresiasi atas kerja sama dan kolaborasi dengan enam mitra komunitas disabilitas lokal di berbagai kota dan pihak-pihak yang terlibat. 

Marwan berharap, program pelatihan yang telah diterima bisa menjadi pengalaman berharga dan menyenangkan serta bisa menjadi bekal dalam meniti karier para penyandang difabel di masa yang akan datang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipilih Sesuai Syarat yang Berlaku

Adapun proses pemilihan peserta magang ini telah mengikuti ketentuan dan syarat yang diberlakukan dalam program tersebut. 

XL Axiata berharap 20 peserta terpilih bisa memanfaatkan kesempatan program magang ini secara maksimal selama menjalani program magang di XL Axiata.

Dari total 20 peserta terpilih yang mengikuti program magang di XL Axiata ini yang terdiri dari 10 peserta dari Kota Jakarta, 3 peserta dari Kota Surabaya, 3 peserta dari Kota Medan, dan 4 peserta dari Kota Bandung. 

Mereka akan ditempatkan di kantor-kantor XL Axiata sesuai kotanya masing-masing dan   secara serentak akan menjalani program magang selama enam pekan, mulai 17 September sampai dengan 22 Oktober 2024.

Chief Human Capital Officer XL Axiata M. Hira Kurnia mengatakan, selama periode program magang di XL Axiata, 20 penyandang disabilitas akan ditempatkan di bisnis unit yang beragam. 

3 dari 4 halaman

Ditempatkan di Berbagai Divisi

Mereka akan ditempatkan mulai dari Corporate Communication, Corporate Brand, Corporate Social Responsibility (CSR), Human Capital (Information System, Employee Relations, Facility Management, Learning and Development), Marketing XL Satu, Marketing XL Prioritas, Marketing Business Solutions, dan Customer Service and Knowledge Management.

"Untuk memastikan seluruh peserta bisa menjalani program magang ini dengan nyaman, XL Axiata menyiapkan 16 karyawan sukarela menjadi Buddy XL Axiata," kata Hira. 

Para Buddy XL ini dibekali dengan semangat (Diversity, Equity, Inclusion) akan mendampingi dan turut menjembatani interaksi peserta magang disabilitas dengan seluruh karyawan  selama mereka menjalani program magang di lingkungan kerja XL Axiata.

Para Buddy XL juga dibekali pelatihan khusus agar dapat mempermudah komunikasi dan interaksi dengan para peserta magang.

 

4 dari 4 halaman

Siapkan Lingkungan Kerja Inklusif

Selain itu, dalam menyambut peserta penyadang disabilitas yang akan magang di perusahaan, XL Axiata juga telah menyiapkan ruang kerja inklusif melalui seluruh fasilitas yang ada di lingkungan kerja yang tentunya ramah bagi disabilitas. 

Ruangan tersebut mulai dari ruang kerja, ruang meeting, tempat ibadah, kantin, toilet, serta fasilitas lainnya termasuk juga sistem berbasis digital yang telah diterapkan di lingkungan kerja. 

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung serta menunjang para penyandang disabilitas dalam menjalani aktivitas magang di XL Axiata.

Sebelumnya, XL Axiata menggelar rangkaian program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja, berupa pelatihan keterampilan digital kepada 115 peserta penyandang disabilitas. Program ini dilaksanakan di Surabaya pada 2-3 Agustus 2024, di Medan pada 6-7 Agustus 2024, di Bandung pada 10-11 Agustus 2024, dan juga di Jakarta pada 22-23 Agustus 2024 lalu.

XL Axiata berharap rangkaian kegiatan ini dapat  memfasilitasi peningkatan potensi, kompetensi dan rasa percaya diri individu difabel. Dengan begitu, mereka mampu berinisiatif dan bermakna di lingkungannya serta memperoleh kesempatan yang setara dalam dunia kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.