Sukses

Sony Perkenalkan 2 Perangkat Baru di Indonesia, Ada Kamera dan Lensa

Sony Alpha Festival 2024 hadir dengan inovasi terbaru, termasuk kamera vlogging ZV-E10 II dengan fitur autofocus cepat dan UI intuitif, serta lensa FE 85mm F1.4 GM II.

Liputan6.com, Jakarta - Sony Indonesia kembali menggelar acara tahunannya yakni Alpha Festival 2024. Berlangsung di Ciputra Artpeneur, acara ini menjadi wadah bagi pengunjung untuk merasakan langsung pengalaman memotret dan merekam video memakai perangkat terbaru Sony.

Tahun ini, Sony membawa tema Experience the New Imaging Evolution. Seperti temanya, perusahaan asal Jepang itu menghadirkan sejumlah inovasi terbaru dalam dunia digital imaging.

Salah satu yang menjadi sorotan utama adalah kamera vlogging ZV-E10 II. Kamera ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para kreator konten, sehingga hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, seperti autofocus lebih cepat, UI lebih intuitif, dan baterai besar.

Selain kamera ZV-E10 II, Sony juga memperkenalkan lensa FE 85mm F.14 GM II. Lensa premium ini disebut menawarkan kombinasi antara resolusi tinggi dan bokeh yang indah untuk menghasilkan foto portret berkualitas tinggi.

"Di Alpha Festival tahun ini, kami menampilkan beberapa inovasi terbaru dalam digital imaging, termasuk kamera vlogging ringkas ZV-E10 II baru dan lensa FE 85mm F1.4 GM II yang sangat dinantikan," tutur President Director PT Sony Indonesia Yoshiyuki Fujioka dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (8/9/2024).

Sebagai informasi, ZV-E10 II merupakan penerus dari ZV-E10. Dirancang sebagai perangkat yang ringkas dan serba guna, kamera Sony ini dilengkapi sensor 26MP Exmor R CMOS dan pemrosesan gambar BIONX XR terbaru.

Kamera ini hadir dengan dua fungsi utama untuk menghasilkan konten yang terlihat premium, seperti creative look dan cinematic vlog setting.

Sony menyediakan 10 opsi creative look yang bisa dipilih pengguna, seperti standard, portrait, neutral, vivid, vivid 2, film, instant, soft highkey, black & white, serta sepia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Sony ZV-E10 II dan Lensa FE 85mm F1.4 GM II di Indonesia

Sementara lensa FE 85mm F.14 GM II dilengkapi dengan lensa XA (extreme aspherical) dan dua lensa ED (extra-low dispersion). Kombinasi ini menawarkan resolusi dan rendering setiap sudut, sehingga diklaim bisa menghasilkan kualitas gambar luar biasa.

Lensa ini juga memiliki AF yang gesit, sehingga dapat mengoptimalkan keunggulan kecepatan bodi kamera. FE 85mm F1.4 GM II dapat mengambil gambar diam tiga kali lebih cepat dibandingkan model sebelumnya, serta mampu melacak subjek bergerak dengan presisi tinggi.

Dijelaskan lebih lanjut, lensa Sony ini memiliki motor linear XD untuk pembuatan film yang lancar pada F1.4. Focus breathing bersifat minim, dan kompensasi in-body focus breathing juga didukung.

Elemen lensa depan memiliki fluorin yang memudahkan pengguna menghilangkan sidik jari, debu, minyak, dan kontaminan lain dari permukaan lensa. Desain tahan debu dan kelembaban juga memberikan keandalan ekstra untuk penggunaan di luara ruangan.

Saat ini, kedua perangkat tersebut sudah bisa dibeli di gerai resmi Sony. Untuk mengetahui harga ZV-E10 II dan FE 85mm F1.4 GM II, simak informasi lengkapnya berikut ini.

ZV-E10 II

  • Body Only: Rp 16.999.000
  • Kit dengan lensa SELP16502: Rp 18.999.000

FE 85mm F1.4 GM II

  • Rp 30.999.000

 

3 dari 4 halaman

PlayStation Portal Resmi Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya?

Di sisi lain, PlayStation Portal telah diumumkan oleh Sony setahun lalu atau lebih tepatnya pada Agustus 2023, di mana perangkat ini hadir sebagai pendukung atau pelengkap dari konsol PlayStation 5 (PS5).

Ya, PlayStation Portal ini berbeda dari handheld gaming yang ada di pasaran saat ini seperti Steam Deck atau ROG Ally yang dapat memainkan game di perangkat tanpa harus tergantung perangkat lainnya.

Lalu berapa harga PlayStation Portal di Indonesia? Mengutip keterangan resminya, Selasa (30/7/2024), handheld gaming milik Sony ini akan dijual seharga Rp 3.599.000 di pasaran pada 9 Oktober 2024 mendatang.

Bagi gamer PS5 yang ingin memiliki perangkat ini, mereka sudah mulai dapat melakukan pre-order di beberapa toko retail di Indonesia.

Dengan PlayStation Portal, pengguna akan dapat terhubung dari jarak jauh ke konsol PS5 melalui Wi-Fi, sehingga pemain bisa beralih dengan cepat dari konsol PS5 ke PlayStation Portal.

Di sini, pemain hanya bisa memainkan game yang didukung dan sudah diinstal di konsol PlayStation 5, serta menggunakan controller Dualsense.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PlayStation Portal

Perangkat ini juga hadir dengan jack audio 3,5 mm untuk perangkat audio dengan kabel. Fitur-fitur seperti DualSense wireless controller, termasuk adaptive triggers dan haptic feedback juga didukung.

Sementara, layar PlayStation Portal terpasang LCD 8 inci dan sudah dapat menampilkan resolusi 1080 di 60fps.

Sayangnya, Sony tidak menghadirkan Bluetooth pada perangkat ini, jadi pemain harus menggunakan headphone baru Sony, atau memasangkan headset dengan kabel.

Selain itu, belum ada dukungan untuk game PS VR2, serta untuk streaming game cloud melalui PlayStation Plus Premium. Jadi, pemain harus sudah memasang game di PS5 jika ingin memainkannya di Portal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini