Sukses

Review Lenovo Yoga Pro 7: Laptop Andal untuk Pekerjaan dengan Komputasi Tinggi

Lingkungan kerja modern menuntut perangkat yang dapat menyatukan desain elegan sekaligus menawarkan kinerja unggulan. Apakah Lenovo Yoga Pro 7 dapat memenuhi tuntutan itu?

Liputan6.com, Jakarta - Lingkungan kerja modern menuntut perangkat yang dapat menyatukan desain elegan sekaligus menawarkan kinerja unggulan.

Di artikel kali ini, Tekno Liputan6.com mengeksplorasi sejauh mana Lenovo Yoga Pro 7 (14IMH9) dapat memenuhi tuntutan itu.

Desain

Sebagian besar bodi Lenovo Yoga Pro 7 mengusung material aluminium, sehingga memberikan tampilan kokoh dan kuat, sekaligus kesan elegan dan profesional.

Dimensi 325,5 x 226,49 x 16,6 mm dan bobot sekitar 1,59 kg membuat perangkat ini relatif ramping dan ringan, sehingga nyaman untuk dibawa-bawa.

<p>Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9. Liputan6.com/Iskandar</p>

<p>Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9. Liputan6.com/Iskandar</p>

Tersedia empat pengeras suara (speaker) di Lenovo Yoga Pro 7 yang dioptimalkan dengan Dolby Atmos untuk memberikan pengalaman audio lebih realistis.

Di bezel atas yang membingkai layar tersemat kamera FHD 1080p + IR dengan sensor ToF. Ada juga empat mikrofon yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video dengan kualitas suara lebih baik.

<p>Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9. Liputan6.com/Iskandar</p><p>Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9. Liputan6.com/Iskandar</p>

Untuk keperluan komunikasi antarperangkat, tersedia 1x USB-A (USB 5Gbps / USB 3.2 Gen 1), 1x USB-C® (USB 10Gbps / USB 3.2 Gen 2), 1x USB-C (Thunderbolt 4 / USB4 40Gbps), dan 1x HDMI 2.1 dengan dukungan hingga 4K/60Hz.

Keyboard dan Trackpad

<p>Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9. Liputan6.com/Iskandar</p>

Keyboard pada laptop ini dirancang dengan perhatian tinggi terhadap kenyamanan mengetik. Dengan travel sekitar 1.5 mm, keyboard ini memberikan umpan balik memuaskan dan mengurangi kelelahan tangan saat mengetik dalam waktu lama. Ini penting bagi profesional yang sering melakukan aktivitas mengetik secara intensif. 

<p>Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9. Liputan6.com/Iskandar</p>

Kami mencoba melakukan pengujian keyboard dengan mengikuti sejumlah tes di laman 10fastfingers. Tiga skor terbaik yang kami raih adalah 93, 94, dan 95 kata per menit (words per minute, WPM).  

Apakah skor 95 WPM terkategori baik? Menurut laman FAQs dari 10fastfingers, rata-rata skor pada platform mereka adalah 42 WPM; angka itu diolah dari lebih dari 14 juta pengujian yang dilakukan oleh pengguna mereka di 41 bahasa berbeda.

Dengan demikian skor terbaik kami, yakni 95 WPM, kurang lebih dua kali lebih baik skor rata-rata. Selain faktor kemahiran mengetik pengguna, skor 95 WPM jug pada dasarnya bisa tercapai berkat kenyamanan dari keyboard Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9.

Keyboard di laptop Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 dikawinkan dengan touchpad berkemampuan Precision TouchPad (PTP) dengan luas penampang 80 x 135 mm.

PTP antara lain mendukung fitur gesture dengan tiga dan empat jari yang memungkinkan tap, swipe up, swipe down, swipe left, dan swipe right yang dapat disetel sebagai jalan pintas untuk beberapa fungsi, sehingga memungkinkan navigasi lebih intuitif dan efisien.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Layar

Salah satu spesifikasi unggulan Yoga Pro 7 14IMH9 adalah layarnya yang memukau. Dengan bentang layar 14.5 inci dan resolusi hingga 2.8K (2880x1800), layar ini menyuguhkan visual tajam dan jelas.

Dilengkapi dengan teknologi OLED, tampilan layarnya memiliki kontras yang baik serta sudut pandang luas. Dengan kecerahan layar hingga 400 nits, Anda dapat menikmati konten visual dengan lebih jelas bahkan di lingkungan terang sekalipun.

Layar Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9  juga mendukung gamut warna DCI-P3 100%, sehingga mampu layar memproduksi detail dan akurasi warna dapat ditampilkan dengan baik. Selain itu, layar ini juga mendukung refresh rate hingga 120Hz, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman visual yang sangat responsif.

Fitur-fitur tambahan seperti Eyesafe, Dolby Vision, dan DisplayHDR True Black 500 turut menawarkan pengalaman visual lebih menyenangkan.

Kemudian dengan fitur Eyesafe, layar Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9  dapat membantu mengurangi paparan cahaya biru berlebihan terhadap mata. Jenis pelapisan layar yang digunakan adalah kaca, sehingga layar perangkat ini diklaim tidak mudah tergores. 

 

3 dari 6 halaman

Hardware

Dapur pacu Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 adalah Intel Core Ultra 7 155H dengan 16 inti prosesor yang dapat mencapai frekuensi hingga 4,8 GHz dan RAM berkapasitas 32GB (soldered) berjenis LPDDR5x-7467. Di atas kertas, perangkat ini dapat memenuhi tugas atau aktivitas yang berat atau menuntut komputasi dan pengolahan intensif. 

Tak cukup dengan itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 4050 6GB GDDR6 untuk performa grafis menjanjikan. Selain itu, ruang penyimpanan internal yang tersedia pun sangat lapang, yakni 1TB SSD M.2 2242 PCIe 4.0x4 NVMe, yang memiliki kecepatan baca-tulis sangat tinggi.

Skenario pengujian performa Hardware yang kami lakukan termasuk menjalankan model Computer Vision dengan YOLO v8 dan berinteraksi dengan open source LLM.

Computer Vision dengan YOLOv8

Ultralytics YOLOv8 adalah model deteksi objek dan segmentasi gambar real-time yang dapat digunakan untuk berbagai kasus seperti:

  • Deteksi: YOLOv8 dapat mendeteksi 80 kelas objek berbeda, termasuk orang, sepeda motor, mobil, botol, kursi, dll.
  • Segmentasi: YOLOv8 dapat melakukan segmentasi gambar/foto.
  • Pelacakan: YOLOv8 dapat melakukan pelacakan real-time, termasuk multithreading untuk pelacakan di video.
  • Klasifikasi: YOLOv8 dapat melakukan klasifikasi gambar/foto.

Untuk pengujian, kami memasang dan menjalankan YOLO v8 dengan tampilan antarmuka (User Interace, UI) minimum, yaitu ada komponen untuk input data,komponen untuk konfigurasi sederhana, tombol untuk eksekusi prediksi, dan komponen untuk output.

<p>Deteksi Objek (Object Detection) di Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 menggunakan Computer Vision dari YOLO v8</p><p>Deteksi Objek (Object Detection) di Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 menggunakan Computer Vision dari YOLO v8</p><p>Deteksi Objek (Object Detection) di Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 menggunakan Computer Vision dari YOLO v8</p><p>Deteksi Objek (Object Detection) di Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 menggunakan Computer Vision dari YOLO v8</p>

Sejumlah objek terdeteksi mulai dari manusia, botol, sepeda motor, mobil, kursi, gelas, dan lainnya. Tidak ada overheating atau kendala teknis lainnya yang terjadi selama pengujian menjalankan YOLO v8. 

Large Language Models (LLM)

<p>LLM Llama 3.1 dari Meta berjalan di Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 secara lokal</p>

Pengujian ini melibatkan sebuah perangkat lunak bernama LM Studio yang mendukung banyak jenis open source LLM mulai dari Gemini 2 (Google), Llama 3.1 (Facebook), Mistral (Mistral AI), dan lainnya. 

Namun secara khusus untuk pengujian kali ini, kami memilihkan Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 untuk berinteraksi dengan Llama 3.1. Ukuran parameter model yang kami uji mencapai 8 miliar dengan dukungan output hingga 131.072 token.

Token merupakan komponen dasar LLM dan merepresentasikan bagian teks terkecil yang dapat dipahami dan digunakan oleh model. Bergantung pada proses tokenisasi, token dapat berupa satu kata utuh, sebagian kata, atau bahkan satu karakter atau tanda baca. Kami meminta Llama 3.1 untuk melakukan tasks yang memiliki tingkat kerumitan beragam, antara lain sebagai berikut:

  • Menyampaikan penjelasan atas suatu hal.
  • Membuat perbandingan antara dua hal.
  • Membuat simulasi pertandingan di kompetisi sepak bola.
  • Merangkum dokumen berjumlah puluhan halaman dan menjawab beberapa pertanyaan terkait isi dokumen tersebut.
  • Menulis formula untuk melakukan kueri dengan beberapa kriteria di Google Sheets.
  • Menulis kode untuk menghapus baris duplikat di dataframe Python-Pandas.

Dalam pengujian ini, Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 mampu menjalankan Llama 3.1 dengan lancar dan tanpa masalah. Sama seperti saat menguji perangkat ini dengan YOLO v8, suhu perangkat relatif normal. 

Juga tidak ada delay berarti yang terjadi dalam menjawab pertanyaan atau melakukan tugas-tugas lainnya. Token per detik (Token per Second, TPS) juga mencapai di atas 60, rata-rata sekitar 65 TPS. 

4 dari 6 halaman

Baterai dan Pengisian Daya

Baterai Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 memiliki kapasitas yang besar, yaitu 73Wh. Baterai tersebut dikombinasikan dengan pengisi daya 140W USB-C Slim, yang memungkinkan pengisian daya lebih cepat dan efisien. 

Dengan kombinasi baterai berkapasitas besar dan pengisi daya cepat, Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan kinerja stabil dan efisien selama berjam-jam.

Untuk mengetahui daya tahan baterai Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9, kami melakukan dua jenis pengujian, yakni memutar klip musik di YouTube secara daring di resolusi 4K dan Full HD.

Pengujian memutar video

Skenario video 4K berdurasi 5:40

<p>Video 4K - KILMS feat. AIU x Sansan PWG, Live berdurasi 5:40 </p>

Untuk kemudahan simulasi, kita bulatkan durasi menjadi 5:30 atau 5,5 menit.

Setelan Audio dan Video:

  • Resolusi: 4K 
  • Tingkat kecerahan: 46%
  • Volume: 100% dengan wired in-ear headphone
  • Dolby Atmos: Balanced untuk Music 
  • Dolby Vision: Bright
  • Refresh Rate : 60Hz

Penurunan daya baterai:

Setelah memutar video dengan skenario kedua, daya baterai menurun dari 78% ke 76%. Itu berarti, dalam waktu 5,5 menit ada penurunan daya 2%.

Konsumsi daya per menit:

Jika daya baterai turun 2% dalam 5,5 menit, maka penurunan daya baterai per menitnya adalah 2% dibagi dengan 5,5 menit, yaitu 0.364% per menit.

Estimasi daya tahan baterai:

Berdasarkan konsumsi daya per menit dapat kita hitung bahwa daya baterai 100% dapat bertahan sekitar 274 menit atau 4 jam 34 menit yang diperoleh dari 100% dibagi dengan 0.364% per menit.

Skenario video Full HD berdurasi 4:09

<p>Video Full HD - ST. LOCO - Terapi Energi Live Session | GVFI DISTORE SOUND</p>

Untuk kemudahan simulasi, kita bulatkan durasi menjadi 4 menit.

Setelan Audio dan Video:

  • Resolusi : Full HD
  • Tingkat kecerahan : 46%
  • Volume : 100% dengan wired in-ear headphone
  • Dolby Atmos: Balanced untuk Music 
  • Dolby
  • Vision: Bright
  • Refresh Rate: 60Hz

Temuan

Penurunan daya baterai:

Setelah memutar video dengan skenario kedua, daya baterai menurun dari 82% ke 81%. Itu berarti, dalam waktu 4 menit ada penurunan daya 1%.

Konsumsi baterai per menit:

Jika baterai turun 1% dalam 4 menit, maka penurunan daya baterai per menitnya adalah 1% dibagi dengan 4 menit, yaitu 0.25% per menit.

Estimasi daya tahan baterai:

Berdasarkan konsumsi daya per menit dapat kita hitung bahwa daya baterai 100% dapat bertahan sekitar 400 menit atau setara dengan 6 jam 40 menit yang diperoleh dari 100% dibagi dengan 0.25% per menit.

Catatan untuk dua simulasi di atas:

  • Perhitungan ini mengasumsikan konsumsi daya yang konstan sepanjang waktu. Dalam praktiknya, konsumsi daya dapat bervariasi tergantung pada aktivitas lain di latar belakang, misalnya berapa tab yang aktif, berapa program lain yang berjalan, dll. 
  • Apa yang bisa diharapkan dari daya tahan baterai ini? Netflix pernah membagikan data durasi film rata-rata dari tahun 2011 hingga 2020; masing-masing tahun berdurasi 103, 101, 99, 100, 100, 95, 95, 96, 93, dan 90 menit. Jika kita ambil rata-rata durasi film 90 menit, dengan skenario pemutaran Video 1, perangkat ini dapat memutarkan tiga film di Netflix pada resolusi 4K. Dengan resolusi lebih rendah, yakni Full HD, total film yang dapat kita tonton adalah 4.4 film.
5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 memiliki spesifikasi kompetitif yang menawarkan performa mumpuni. Dapur pacunya jelas berkelas; kapasitas baterai dan pengisi dayanya jempolan.

Dalam beberapa pengujian, Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam menjalankan serangkaian tasks yang menuntut proses komputasi intensif. Maka tak mengherankan pula bahwa perangkat ini mampu menjalankan computer vision dan large language models tanpa kendala.

Bagi kamu yang rutin memanfaatkan LLM untuk membantu pekerjaan, keandalan perangkat ini akan memberikan sebuah benefit besar: kamu tidak perlu khawatir jika Anda meminta LLM untuk mengolah laporan atau data yang bersifat confidential atau rahasia. Use case ini memungkinkan, sebab model tersebut berjalan di lokal, sehingga semua percakapan dengan LLM itu juga tersimpan secara lokal di perangkat. 

Juga perlu ditekankan bahwa Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 telah melewati serangkaian pengujian MIL-STD-810H. Pengujian macam ini adalah salah satu standar militer yang digunakan secara luas sebagai tolok ukur untuk memastikan kinerja tinggi dalam kondisi lingkungan yang keras.

Bagi kamu yang mencari laptop yang dapat memenuhi tuntutan profesional dan kreatif dengan performa andal, Lenovo Yoga Pro 7 14IMH9 memberikan nilai yang sepadan dengan harganya.

Spesifikasi Lengkap

MODEL

Yoga Pro 7 14IMH9

PERFORMANCE

Processor : Intel® Core™ Ultra 7 155H, 16C (6P + 8E + 2LPE) / 22T, Max Turbo up to 4.8GHz, 24MB

Graphics : NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 6GB GDDR6

Chipset : Intel® SoC Platform

Memory : 32GB Soldered LPDDR5x-7467, not upgradable

Storage : 1TB SSD M.2 2242 PCIe® 4.0x4 NVMe®

Audio Chip : High Definition (HD) Audio, Realtek® ALC3306 codec

Speakers : 4 stereo speakers, 2W x2 (woofers), 2W x2 (tweeters), optimized with Dolby Atmos®, Amplifier (AMP)

Camera : FHD 1080p + IR with E-shutter, ToF Sensor

Microphone : 4x, Array

Battery : Integrated 73Wh

Power Adapter : 140W USB-C® Slim (3-pin)

DESIGN

Display : 14.5" 2.8K (2880x1800) OLED 400nits Glossy, 100% P3, 120Hz, Eyesafe®, Dolby Vision®, DisplayHDR™ True Black 500, Glass

Touchscreen : None

Color Calibration : Factory Color Calibration

Keyboard : Backlit, English

Touchpad : Buttonless glass surface multi-touch touchpad, supports Precision TouchPad (PTP), 80 x 135 mm (3.15 x 5.31 inches)

Case Color : Luna Grey

Surface Treatment : Aluminium Stamping (Anodized with Sandblasting)

Case Material : Aluminium (Top), Aluminium (Bottom)

Dimensions (WxDxH) : 325.5 x 226.49 x 16.6 mm (12.81 x 8.92 x 0.65 inches)

Weight : Starting at 1.59 kg (3.50 lbs)

SOFTWARE

Operating System : Windows® 11 Home Single Language, English

Bundled Software : Office Home & Student 2021

CONNECTIVITY

Ethernet : No Onboard Ethernet

WLAN + Bluetooth : Wi-Fi® 6E, 11ax 2x2 + BT5.3

Standard Ports :

1x USB-A (USB 5Gbps / USB 3.2 Gen 1), Always On

1x USB-C® (USB 10Gbps / USB 3.2 Gen 2), with USB PD 3.0 and DisplayPort™ 1.4

1x USB-C® (Thunderbolt™ 4 / USB4® 40Gbps), with USB PD 3.0 and DisplayPort™ 1.4

1x HDMI® 2.1, up to 4K/60Hz

1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm)

Security Chip : Firmware TPM 2.0

Fingerprint Reader : None

Other Security : IR camera for Windows® Hello (facial recognition), E-shutter

Mil-Spec Test : MIL-STD-810H military test passed (21 test items) 

Catatan:

Data spesifikasi diambil dari official marketplace channel Lenovo Indonesia

6 dari 6 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini