Sukses

Review Vivo X100 Pro: HP Flagship dengan Kamera Terbaik?

Vivo menghadirkan smartphone flagship dengan dukungan pencitraan dari Zeiss, Vivo X100 Pro. Smartphone yang dibanderol Rp 17 jutaan ini menawarkan hasil kamera yang mampu mendukung kebutuhan pencinta fotografi. Simak reviewnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Vivo menghadirkan smartphone flagship-nya Vivo X100 Series di Indonesia, salah satunya Vivo X100 Pro. Selain performanya yang ngebut, perangkat ini dijanjikan membawa kamera berkualitas profesional, termasuk untuk pembuatan konten video.

Bahkan, untuk meyakinkan konsumen tentang kebolehan kameranya, Vivo Indonesia menggandeng sutradara kondang Joko Anwar.

Tekno Liputan6.com sudah menjajal smartphone ini selama beberapa waktu, baik itu dari sisi kamera, performa, hingga penggunaan sehari-hari. Secara keseluruhan, kami sangat puas dengan smartphone ini, terutama kinerja kamera, terutama untuk foto, yang memang patut diacungi jempol.

Lewat kamera Vivo X100 Pro ini, tanpa perlu jadi seorang fotografer profesional, kamu bisa mengambil gambar-gambar yang memuaskan baik itu diunggah ke media sosial, berkarya, atau sekadar iseng semata.

Lalu, seperti apa pengalaman kami saat menggunakan smartphone ini sebagai daily driver? Yuk simak review Vivo X100 Pro di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Desain dan Layar

Vivo X100 Pro mengusung desain bernama Sun Halo Design, dengan sebuah frame kamera berbentuk bulat besar di bodi belakang. Frame ini memiliki tiga lensa yang mendukung kemampuan fotografi X100 Pro.

Logo Zeiss juga terpampang di frame kamera berbentuk bulat sempurna ini. Pada sisi kanan dari frame terdapat sebuah LED flash untuk men-support kemampuan fotografi.

Adapun bodi belakangnya menggunakan pilihan warna Asteriod Black. Sesuai penamaannya, bodi belakang perangkat ini memang menampilkan warna hitam tetapi dengan kelap kelip seperti bintang di luar angkasa.

Sementara soal lekuk bodinya, perangkat ini masih menggunakan desain 3D Curved Screen. Layarnya melengkung di kedua sisinya yang diklaim untuk memudahkan kenyamanan ketika digenggam.

<p>Setiap sisi dari Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani) </p>

Vivo menempatkan tombol volume dan Power di sisi kanan ponsel, sehingga bagian sisi kirinya lebih clean.

<p>Setiap sisi dari Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Adapun di sisi bawah terdapat port USB C lengkap dengan speaker dan SIM card tray. Sementara di sisi atasnya terdapat mic dan IR blaster. Jadi, HP ini bisa dipakai sebagai remote.

<p>Setiap sisi dari Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Bagian layarnya memiliki ukuran 6,78 inci jenis AMOLED yang membuat hasil output gambar jadi begitu detail dan vivid, tingkat kecerahannya ketika di bawah matahari juga tinggi sehingga kami bisa tetap jelas ketika melihat layar.

Layar ini dilengkapi refresh rate 120Hz untuk pengalaman scrolling dan ngegame yang lebih responsif. Refresh rate ini didukung kemampuan adaptive dari 1-120Hz. Perlindungan layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2.

Pada bagian layar, terdapat sebuah lubang untuk menempatkan kamera selfie 32MP. Selain itu di atas lubang kamera itu juga ada earpiece.

3 dari 6 halaman

2. Kamera

Nilai jual perangkat ini ada di kameranya. Vivo X100 Pro menggunakan kamera 50MP dengan OIS. Lalu ada kamera telephoto 64GB dan kamera ultra-wide 50MP.

Kamera depannya sama dengan kamera depan X100 yakni 32MP. Vivo mengembangkan kemampuan fotografi ini bersama vendor imaging terkemuka, Zeiss.

Salah satu keunggulan lain yang diboyong oleh smartphone ini adalah fitur 4K Cinematic Portrait Video. Fitur ini memungkinkan pengguna mengambil video portrait layaknya layar lebar dengan memanfaatkan 5 preset bawaan, tanpa perlu aplikasi lain.

Perekaman videonya mendukung kualitas 4K di 60 fps. Vivo juga memakai chip lain yakni Vivo V3 yang dirancang agar kamera bisa mengalihkan fokus dari satu objek ke objek lainnya.

Hasil pengalaman kami menggunakan kamera Vivo X100 Pro, kami menilai kalau kameranya memang menakjubkan. Kami bisa bilang, kamera ponsel ini mampu menakhlukkan kondisi apa pun.

Dipakai memotret sunset di Kuta, Bali, dia jago. Dipakai untuk men-zoom bulan, kameranya juga tak kalah dengan flagship Samsung Galaxy S24 Ultra. Dipakai untuk memotret OOTD, hasil kameranya ciamik.

Untuk menjepret penyanyi kesayangan di konser, Vivo X100 Pro juga menghasilkan foto yang sangat baik. Bahkan untuk memotret makanan pun hasilnya tetap estetik. Tone warna hingga kemampuan bokeh dan detail fotonya juga menakjubkan.

Tanpa berpanjang-panjang, berikut adalah hasil jepretan kamera Vivo X100 Pro menggunakan berbagai mode.

<p>Hasil kamera Vivo X100 Pro untuk memotret dengan mode B/W (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro untuk memotret objek B/W (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro untuk foto selfie (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro untuk memotret konser (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil kamera Vivo X100 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Sayangnya, memang tak ada yang sempurna di dunia. Pengalaman kami, hasil video Vivo X100 Pro justru masih kurang oke, terutama kalau dipakai untuk memvideokan momen konser. Kalau untuk Cinematic Portrait Video, hasilnya cukup memuaskan.

4 dari 6 halaman

3. Performa

Performa Vivo X100 Pro didukung chipset Dimensity 9300, RAM 16GB (tambahan ekspansi RAM 16GB) dan memori internal 512GB.

Berdasarkan pengalaman penggunaan, smartphone dengan ini sangat gegas ketika dipakai untuk ber-multitasking sekali pun. Kami bisa membuka dan berpindah-pindah dari aplikasi satu ke yang lain dengan lancar dan tanpa hambatan.

Untuk membuktikan performa tangguhnya, kami mencoba sejumlah game mobile untuk dimainkan. Antara lain adalah PUBG Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang.

Seperti yang diharapkan, kedua game ini berhasil ditangani dengan baik oleh Vivo X100 Pro. Tak ada ngelag yang kami rasakan. Grafisnya juga sangat smooth dan memanjakan mata seolah kita berada di dalam game.

<p>Vivo X100 Pro untuk ngegame (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Untuk main PUBG Mobile, grafisnya bisa mencapai HDR dengan frame rate hingga setting-an Extreme. 

 

 

5 dari 6 halaman

4. Baterai

Punya layar yang besar dengan tingkat kecerahan tinggi mengharuskan smartphone ini didukung kapasitas baterai yang besar sekaligus hemat.

Untuk memenuhi kebutuhan pemakaian seharian, Vivo X100 Pro disematkan baterai berkapasitas 5.400mAh dengan teknologi BlueVolt Battery. 

Teknologi ini ditambah dengan chipset yang dipakai yakni Dimensity 9300 memastikan penggunaan baterai bisa lebih hemat meski pengguna menggunakan smartphone ini untuk berbagai kebutuhan seharian. 

Apalagi, pengisian dayanya sudah dibekali teknologi 100W Flash Charge yang diklaim bisa isi 50 persen hanya dalam 15 menit. 

Pengalaman kami memakai smartphone ini untuk seharian, dengan banyak mengakses kamera memang baterainya cukup hemat. Kami aktif memakai ponsel untuk memotret, melakukan perekaman video, hingga bermedia sosial dan sekali pengisian rasanya sudah cukup untuk seharian. 

 

6 dari 6 halaman

5. Kesimpulan

Vivo X100 Pro merupakan salah satu smartphone flagship yang menawarkan pengalaman premium, baik dari segi desain, performa, kamera, hingga daya tahan baterai.

Smartphone ini cocok bagi pengguna yang mencari performa cepat dan hasil fotografi berkualitas profesional. Meski demikian, rasanya memang tidak ada yang sempurna, misalnya untuk Vivo X100 Pro, salah satu kekurangannya adalah kemampuan dalam perekaman video zoom. 

Kelebihan:

  • Desain elegan dengan bodi belakang hitam berkilau, layar melengkung yang nyaman digenggam, dan material premium.
  • Kamera 50MP dengan OIS, kamera telephoto 64MP, dan kamera ultra-wide 50MP yang memberikan hasil foto menakjubkan dalam berbagai kondisi. Fitur 4K Cinematic Portrait Video untuk hasil video layaknya layar lebar.
  • Performa smartphone ini sangat cukup untuk mendukung kebutuhan multitasking sehari-hari.
  • Meski baterai besar, pengisian daya berlangsung cepat dan baterainya juga cukup hemat. 

Kekurangan:

  • Meski kamera sangat bagus untuk fotografi, hasil perekaman video, terutama saat konser, masih belum optimal.
  • Smartphone belum dilengkapi fitur wireless charging
  • Belum didukung eSIM.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.