Sukses

Jangan Sampai Kena! Begini Cara Jitu Hindari Link Palsu DANA Kaget

Agar kamu bisa terhindar dari jebakan link palsu DANA Kaget, DANA memberikan tips lewat campaign #AwasJebakanBadman.

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih kamu dapat pesan atau link yang tampaknya sangat menggoda tapi rasanya ada yang aneh? Nah, itu bisa jadi jebakan badman alias penipuan, lho! 

Salah satunya adalah link palsu DANA Kaget yang disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kalau kurang waspada, bisa-bisa kamu jadi korban mereka.

Jadi, sebelum mengklik link yang sepertinya “terlalu bagus untuk menjadi kenyataan” itu, kamu perlu teliti terlebih dahulu. Agar kamu bisa terhindar dari jebakan link palsu DANA Kaget, DANA pun memberikan tips lewat campaign #AwasJebakanBadman. Adapun tipsnya adalah selalu lakukan Monitor, Konfirmasi, dan Lapor. Cek detailnya di bawah ini ya!

Monitor 

Pertama kamu perlu menyadari serta mendeteksi jika ada aktivitas mencurigakan yang menghubungi lewat pesan tertentu. Terkadang, pesan itu berasal dari nomor yang tak dikenal.

Dan jika oknum tersebut mengirimkan link DANA Kaget, kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah asli atau tidak ya. Ingat, format link DANA Kaget yang asli itu yang berawalan https://link.dana.id/.

Selalu Konfirmasi 

Selain monitor, kamu juga perlu memeriksa kembali aktivitas mencurigakan dengan mengecek kebenarannya. Untuk itu, selalu konfirmasi apakah benar link tersebut dari sumber terpercaya atau tidak. Kamu pun bisa melakukan konfirmasi di bagian fitur DANA Protection yang tersedia di aplikasi DANA.

Usahakan Lapor 

Setelah monitoring dan konfirmasi, kamu bisa melaporkan oknum yang mengirim kamu link palsu DANA Kaget tersebut lewat fitur DANA Protection karena akan langsung terhubung ke layanan dari Kominfo. Jangan lupa untuk blokir nomor yang tidak dikenali tadi dan laporkan juga ke penyedia layanan, agar tak ada lagi masyarakat yang menjadi korban modus penipuan lewat link palsu DANA Kaget ini.

Tak hanya ketiga langkah mendasar tersebut, kamu juga perlu melakukan beberapa tips dari DANA untuk melindungi diri dari penipuan online ini.

Tips Aman dari Jebakan Badman

Nah, biar makin aman dari link palsu DANA Kaget, kamu bisa memahami tips sederhana di bawah ini, ya!

- DANA Kaget yang asli hanya bisa dibuka di aplikasi DANA bukan browser.

- DANA Kaget asli bisa langsung diklaim di aplikasi DANA jika akun dalam status Log In.

- Jangan download & install aplikasi DANA dari link yang dibagikan di grup pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram & lainnya. 

- Selalu rahasiakan PIN & Kode OTP kamu, jangan pernah dibagikan ke siapa pun termasuk DANA.

- Segera ganti PIN jika terlanjur mengklik link tidak jelas, atau terlanjur membagikan PIN & Kode OTP.

- Akun resmi media sosial DANA Cuma yang bercentang biru. Jangan terkecoh akun serupa lainnya, ya.

So, ingat selalu tips di atas agar kamu tidak terjebak jebakan badman yang merugikan secara finansial. Dan yang terpenting, selalu hati-hati serta teliti terhadap setiap link yang kamu dapatkan, ya!

Jangan lupa unduh aplikasi DANA sekarang juga, nikmati beragam kemudahan dalam setiap transaksi keuangan sehari-hari!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini