Sukses

Apple Bersiap Luncurkan 2 Model iPad Baru Sebentar Lagi, Simak Bocorannya

Apple dikabarkan akan merilis iPad generasi ke-11 bersama iPad Mini 7 dengan desain baru dan performa yang lebih kencang. Simak bocoran spesifikasi dan fitur terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple kabarnya akan meluncurkan dua model iPad terbaru musim gugur tahun ini, kemungkinan di bulan Oktober. Adapun model baru tersebut adalah iPad generasi ke-11 dan iPad mini generasi ke-7.

Kedua model iPad tersebut diketahui sudah lama tidak diperbarui, sehingga sangat wajar jika Apple berencana merilis model barunya. Terlebih, keduanya juga sangat dinantikan oleh para penggemar.

iPad Generasi ke-11

Untuk diketahui, iPad terakhir kali mendapatkan pembaruan pada Oktober 2022 dengan perubahan desain besar-besaran.

Apple memperkenalkan desain tablet baru dengan sisi datar, USB-C, speaker stereo landscape, dan kamera selfie landscape. Dikutip dari 9to5mac, Selasa (10/9/2024), model ini diluncurkan dengan harga USD 449 atau sekitar Rp 6 jutaan.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple sedang fokus menurunkan biaya produksi model entry-level. Namun, belum jelas apakah harga tablet tersebut akan ikut turun atau cuma meningkatkan margin keuntungan perusahaan.

Saat ini, model iPad generasi ke-10 sudah mengalami penurunan harga menjadi USD 349 atau sekitar Rp 5 jutaan. 

Chipset yang digunakan pada iPad saat ini adalah A14 Bionic, dan belum jelas chip yang bakal digunakan Apple pada generasi berikutnya.

Kendati demikian, mengingat tren sebelumnya, kemungkinan besar iPad 11 akan menggunakan A16 Bionic. Namun, dengan Apple Intelligence yang akan hadir, Apple bisa saja mengejutkan penggemar dengan menggunakan chip A17 atau A18.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPad Mini Generasi ke-7

iPad Mini Generasi ke-7

iPad Mini terakhir diperbarui pada September 2021 dengan desain baru dan dukungan Apple Pencil 2.

Kendati demiikain, iPad Mini generasi ke-6 belum memiliki beberapa fitur dari iPad yang lebih baru, seperti kamera depan landscape dan dukungan Apple Pencil Pro.

Kemungkinan besar, iPad Mini generasi ke-7 akan menggunakan chipset A18 terbaru dan membawa Apple Intelligence ke tablet terkecil ini. 

Selain itu, iPad Mini 7 diharapkan bakal hadir dengan penyimpanan mulai dari 128GB, naik dari 64GB pada model saat ini. Sementara, harganya kemungkinan tetap dipertahankan di USD 499 atau sekitar Rp 7 jutaan. 

Rumor lain menyebutkan kalau  masalah "Jelly Scrolling" di layar iPad Mini 6 akan diperbaiki pada model ini. Namun, memang belum ada informasi resmi. 

Stage Manager?

Apple memperkenalkan Stage Manager di OS 16, tapi hingga kini belum diperluas ke iPad dengan chip seri A.

Kemungkinan besar, fitur ini bakal tersedia di iPad baru dengan chip A16 atau A17, sehingga membuat update ini semakin menarik.

Jadi, meski pembaruan pada iPad generasi ke-11 dan iPad mini 7 terbilang kecil, ada beberapa fitur yang sudah lama dinantikan penggemar mungkin akan dibenamkan. Karenanya, menarik untuk menanti pengumuman resmi Apple. 

3 dari 3 halaman

iPad Air Segera Punya Layar OLED, Kapan Dirilis?

Sebelumnya, Rumor iPad Air dengan layar OLED sudah lama menjadi pembicaraan. Kini, harapan tersebut tampaknya semakin dekat menjadi kenyataan.

Saat ini, layar OLED hanya tersedia di seri iPad Pro. Namun, informasi terbaru mengindikasikan perubahan besar yang akan datang pada 2026.

Apple dilaporkan telah memilih Samsung Display sebagai pemasok utama panel OLED untuk iPad Air generasi berikutnya.

Kabar ini tentunya sangat dinanti, khususnya oleh fans Apple yang sudah lama menunggu kapan Apple mengganti panel LCD di lini tablet mereka ke layar lebih superior.

Menurut laporan dari The Elec, Selasa (13/8/2024), Samsung Display akan menjadi pemain kunci dalam produksi layar OLED untuk iPad Air terbaru.

Dengan kapasitas produksi sangat besar, Samsung mampu memproduksi hingga 135,000 panel OLED per bulan di pabrik A3 mereka.

Angka ini terbilang tinggi bila dibandingkan dengan LG Display, di mana perusahaan asal Korea itu hanya mampu memproduksi sekitar 45,000 panel per bulan.

Sebelumnya, laporan dari Apple Insider menyebutkan layar OLED di iPad Air baru akan hadir paling cepat tahun 2028.

Namun, dengan perkembangan terbaru ini tampaknya kita bisa berharap kehadiran teknologi layar di iPad tersebut lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini