Sukses

iPhone 16 Bikin Warga Tiongkok Kecewa, Kenapa?

Peluncuran iPhone 16 series ternyata tak disambut hangat oleh warga Tiongkok. Banyak pengguna yang meluapkan kekecewaannya, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran iPhone 16 series ternyata tak disambut hangat oleh warga Tiongkok. Sebab, Apple belum membenamkan fitur kecerdasan buatan (AI) untuk smartphone barunya tersebut di pasar Negeri Tirai Bambu.

Hal ini juga menjadi tantangan berat bagi Apple karena kian sulit untuk bersaing melawan dominasi Huawei Technologies di Tiongkok (pasar ponsel pintar terbesar di dunia).

Mengutip laman Reuters, Selasa (10/9/2024), fitur AI 'Apple Intelligence' diharapkan bisa mendorong minat konsumen di tengah perlambatan penjualan iPhone.

Peluncuran iPhone 16 bahkan sempat menjadi perbincangan di media sosial Weibo. Tiga dari 10 topik menjadi tren terkait dengan peluncuran iPhone 16, yang mana fitur AI sebagai salah satu topik utama diskusi.

Tagar "iPhone 16 versi Tiongkok belum mendukung AI" menarik 11,33 juta views dan lebih dari 1.500 komentar di Weibo.

"Apa gunanya membeli (iPhone 16) jika kamu tidak bisa menggunakan AI?," tulis seorang pengguna Weibo.

Yang lain berkomentar, "Tanpa AI sebagai nilai jual terbesar, harganya seharusnya setengahnya." 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengguna Bandingkan Apple dengan Huawei

Pengguna lain di Weibo membandingkan peluncuran Apple dengan ponsel baru Huawei. Perusahaan raksasa teknologi Tiongkok itu berupaya memperluas dominasinya atas Apple di pasar dalam negeri.

"Apakah iPhone 16 memiliki AI atau tidak, itu tidak memengaruhi saya, karena saya akan membeli ponsel lipat tiga Huawei," tulis seorang pengguna Weibo.

Dia menggarisbawahi semakin populernya model terbaru Huawei di Tiongkok yang membantunya menggantikan Apple sebagai vendor smartphone nomor tiga di negara itu pada kuartal kedua.

Apple hingga saat ini belum mengumumkan mitra AI di Tiongkok untuk mendukung iPhone 16. Apple Intelligence disebut-sebut akan tersedia dalam bahasa Tiongkok mulai tahun depan.

 

3 dari 7 halaman

Spesifikasi iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Apple baru saja mengumumkan kehadiran deretan gadget terbaru mereka di tahun ini, termasuk yang paling dinantikan, iPhone 16 series. 

Ada empat model dari iPhone 16 yang diumumkan yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. 

Pada artikel ini, Tekno Liputan6.com akan membahas tentang spesifikasi dari keempat model iPhone 16 yang masih membuat penasaran. 

Spesifikasi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

iPhone 16 Pro hadir dengan hardware dan software yang mendukung fitur kecerdasan buatan Apple Intelligence. Apple Intelligence ini diklaim mampu memahami konteks pribadi yang memberikan kecerdasan untuk mendukung kebutuhan pengguna sekaligus melindungi privasi. 

HP ini hadir dengan empat opsi warna yakni Titanium Black, Nature Titanium, Tatinium White, dan Desert Titanium.  

Kinerja iPhone 16 Pro didukung chip A18 Pro, bahkan Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak menyebut iPhone 16 Pro series menjadi model iPhone tercanggih yang pernah dibuat Apple. 

Chipset ini hadir dengan teknologi 3-nanometer dengan dukungan Neural Engine 16-core. Kecepatan GPU-nya diklaim 20 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. 

Upgrade lain yang adalah kamera yang lebih canggih dengan kemampuan perekaman 4K 120 pada format Dolby Vision. 

4 dari 7 halaman

Ukuran Layar dan Tombol Control Camera iPhone 16 Pro Series

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan kamera Fusion 48MP, kamera ultra-wde 48MP, dan kamera telephoto 5MP. 

Khusus iPhone 16 Pro hadir dengan layar 6,3 inci. Sementara iPhone 16 Pro Max memiliki layar 6,9 inci. Layar tersebut didukung teknologi Super Retina XD dan fitur Always On serta dukungan ProMotion. 

Pada iPhone 16 Pro, Apple juga menempatkan tombol Camera Control yang baru di salah satu sisi bodinya. Tombol ini bisa jadi shortcut untuk membuka kamera dengan cepat, menjepret foto, merekam video, mengganti mode kamera, dan lain-lain dengan interaksi sentuhan. 

Tombol Camera Control juga menghadirkan kecerdasan visual untuk membantu pengguna mempelajari objek dan tempat dengan lebih cepat. 

Ketersediaannya akan dimulai tahun depan di negara dan wilayah yang didukung Apple Intelligence. 

Berbekal Apple Intelligence, tombol Control Camera ini juga bisa memunculkan jam buka atau rating restoran yang fotonya dijepret oleh pengguna. 

5 dari 7 halaman

Spesifikasi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Pada sisi lain, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadirkan chip A18 dengan kemampuan kamera baru, lengkap dengan tombol Control Camera yang juga bisa membantu pengguna mengabadikan momen dengan mudah dan cepat. 

Adapun chipset A18 ini memungkinkan komputasi fotografi yang kuat dan mendukung Apple Intelligence. Dibandingkan chip A16 Bionic, chipset ini mampu menjalankan model machine learning hingga 2 kali lebih cepat. 

CPU pada chip A18 ini juga 30 persen lebih cepat dibandingkan milik chip A16 Bionic serta 30 persen efisien daya dibandingkan versi pendahulunya.   

6 dari 7 halaman

Kamera di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus

Sistem kamera iPhone 16 dan iPhone 16 Plus didukung Fusion Kamera 48MP dengan telefoto 2x dan kamera ultra-wide 12MP yang memungkinkan fotografi makro. 

Berbekal chip A18, smartphone ini mampu menghadirkan pengalaman game AAA dan peningkatan daya tahan baterai. 

Dari segi ukuran iPhone 16 hadir dalam layar 6,1 inci dan iPhone 16 Plus sebesar 6,7 inci. Perangkat ini hadir dengan lima opsi warna yakni Black, White, Pink, Ultramarine, dan Teal. 

Untuk pertama kalinya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus didukung Action Button yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai fungsi dalam sekali tekan.

Misalnya, membuka kamera, senter, atau kontrol, beralih dari Dering dan Hening, mengenali musik dengan Shazam, mengaktifkan Memo Suara, Fokus, dan fitur lainnya. 

7 dari 7 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.