Sukses

Upaya Lenovo Hadirkan Laptop AI ke Semua Orang untuk Dukung Produktivitas

Lenovo berupaya untuk mendemokratisasikan kehadiran kecerdasan buatan ke produk PC mereka melalui AI PC. AI tersebut pun tak di produk flagship tetapi juga laptop entry level.

Liputan6.com, Jakarta - Pada era transformasi digital yang pesat, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi perhatian banyak perusahaan teknologi, termasuk Lenovo. 

Regional Managing Director Lenovo Greater Asia Pacific, Matt Codrington, berbagi wawasan tentang bagaimana AI akan mengubah lanskap industri personal komputer (PC) dalam wawancaranya bersama Tekno Liputan6.com. 

Seiring berkembangnya AI, saat ini, Lenovo memiliki visi besar untuk teknologi kecerdasan buatan. Codrington menekankan bahwa perusahaan ingin memastikan AI dapat diakses dan bermanfaat bagi semua orang, dengan fokus pada produktivitas dan kreativitas.

Untuk itulah, Lenovo berkomitmen untuk mendemokratisasi teknologi AI. Menurutnya, AI akan terintegrasi ke dalam produk dan layanan Lenovo untuk menciptakan dunia yang lebih cerdas dan lebih terhubung.

“Dalam beberapa tahun ke depan, AI generatif akan membawa perubahan signifikan, mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari dan cara bisnis beroperasi,” kata Codrington.

Menurutnya, AI akan memainkan peran besar dalam otomatisasi tugas, personalisasi pengalaman, dan bahkan dalam pembuatan konten. Melalui pendekatan ini, perusahaan pun berupaya mengembangkan AI sebagai inti dari masa depan komputasi pribadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penerapan AI di Produk PC Lenovo

Saat berbicara mengenai penerapan AI dalam produk Lenovo, Codrington menjelaskan bahwa PC akan berkembang menjadi AI PC. 

Ini berarti perangkat tidak hanya akan berfungsi sebagai alat komputasi, tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi klien, edge, dan cloud untuk memberikan pengalaman yang lebih imersif dan fungsionalitas yang lebih cerdas.

Lenovo juga memperkenalkan inovasi seperti Lenovo Digital Workplace Solutions dan TruScale, yang didukung oleh teknologi AI generatif untuk meningkatkan produktivitas dan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan. 

Tak hanya itu, platform dukungan pelanggan Lenovo juga menawarkan layanan komprehensif untuk memastikan pelanggan, baik di segmen konsumen maupun bisnis, mendapatkan perlindungan dan dukungan yang optimal.

Lenovo meyakini, teknologi AI nantinya akan memainkan peran penting dalam masa depan komputasi pribadi. Lewat pendekatan yang berpusat pada pengguna, Lenovo berkomitmen untuk memastikan bahwa laptop AI tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. 

"Melalui upaya kami dan pengembangan solusi yang berkelanjutan, kami percaya bahwa AI akan mendorong masa depan yang lebih baik dan lebih cerdas," katanya.

3 dari 4 halaman

Pastikan AI Tersedia untuk Semua 

Mengingat bahwa AI kini jadi hal yang mampu memberdayakan produktivitas pengguna, Lenovo memiliki komitmen AI tersedia bagi semua orang melalui "AI for All". 

Upaya itu diterapkan dengan integrasi AI di seluruh portofolio produknya, mulai dari perangkat entry-level hingga workstation berperforma tinggi. 

Agar bisa dinikmati semua orang, Lenovo menekankan, AI tidak hanya akan hadir pada perangkat premium seperti Yoga dan Legion, tetapi juga pada lini produk komersial seperti ThinkPad dan ThinkStation. 

Kehadiran AI di semua lini produk ini memastikan teknologi canggih dapat diakses oleh bisnis dan individu di berbagai tingkatan ekonomi.

4 dari 4 halaman

AI Bertanggung Jawab dan Etis

Selain inovasi produk, Lenovo juga berkomitmen untuk mengembangkan AI yang etis dan bertanggung jawab. Codrington menekankan bahwa Lenovo secara aktif bekerja untuk mengurangi jejak karbon dengan mengoptimalkan efisiensi energi dalam produk AI-nya. 

Lenovo juga menggabungkan fitur manajemen daya yang canggih untuk memastikan kinerja yang optimal tanpa mengorbankan lingkungan. 

“Lenovo berfokus pada keseimbangan antara kemampuan AI yang tinggi dengan konservasi energi,” ujar Codrington. 

Hal ini salah satunya diwujudkan melalui teknologi AI Edge dan solusi Hybrid AI yang efisien energi, yang mendukung transformasi dan inovasi di berbagai sektor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini