Sukses

Deretan Fitur AI di Galaxy Tab S9 FE untuk Bantu Mahasiswa Kerjakan Tugas

Galaxy Tab S9 FE Series kini kebagian fitur Galaxy AI yang memudahkan pengguna mencari tahu berbagai hal, termasuk bagi para mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menjadi tren, peran AI banyak dimanfaatkan gerakan muda dalam berbagai hal. Mulai dari mengatur jadwal, melakukan pencarian, hingga pengalaman belajar yang lebih personal. 

Misalnya, pengguna bisa pakai Circle to Search di tablet Galaxy Tab S9 FE untuk mendukung pengalaman belajar generasi muda. 

Pengguna model tablet ini bisa melakukan software update ke versi terbaru untuk bisa menikmati Galaxy AI. 

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Maulina mengatakan, Circle to Search di perangkat Galaxy memungkinkan pengguna yang ingin tahu tentang segala sesuatu bisa mendapatkan informasi yang dicari dalam hitungan detik. 

"Informasi yang didapat bisa dilakukan dengan hanya melingkari objek, termasuk saat sedang buka media sosial atau menonton video," katanya. 

Yuk simak berbagai fitur Galaxy AI di tablet Galaxy Tab S9 FE yang bisa mendukung mahasiswa dalam mengerjakan tugas mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Circle To Search

Mahasiswa kerapkali mengeksplorasi banyak hal, termasuk yang mereka tak ketahui sebelumnya. Untuk mencari tahu, mereka bisa menggunakan Circle to Search yang bisa memberikan informasi lengkap dalam waktu singkat. 

Misalnya, ketika belum mengetahui sebuah istilah baru, pengguna bisa sentuh dan tahan tombol Home di navigation bar untuk mengaktifkan Circle to Search. 

Pengguna Tab S9 FE juga bisa memakai S Pen untuk melingkari kata atau kalimat yang ingin dicari tahu jawabannya. 

Secara otomatis, pengguna bisa mengetahui arti atau penjelasan dari istilah yang dicari menggunakan Circle to Search. 

Hal lain yang dapat dilakukan, misalnya sedang melakukan kerja kelompok untuk mengumpulkan materi paper sebagai tugas, kadang mahasiswa mendapatkan materi berbahasa asing. 

Teks asing itu dari materi website itu kadang tak bisa di-copy paste ke aplikasi penerjemah. Oleh karenanya, pengguna bisa dengan mudah memakai Circle to Search untuk menerjemahkan teks asing tanpa perlu membuka aplikasi lainnya. 

Caranya, tekan dan tahan tombol Home untuk menjalankan Circle to Search, lalu lingkari paragraf yang ingin diterjemahkan, dan pilih Terjemahkan. 

Secara otomatis ini akan mengubah teks ke dalam bahasa yang diinginkan. Namun kamu harus lebih dahulu mengunduh paket Bahasa. Selanjutnya pengguna juga bisa memindahkan hasil terjemahan ke aplikasi Samsung Notes. 

3 dari 4 halaman

2. Circle to Search Bagian Layar di YouTube atau TikTok

 

Ketika mengerjakan tugas dengan teman-teman, kadang mahasiswa butuh istirahat dari tugas yang sedang dikerjakan. Tak jarang mereka akan scrolling medsos atau menonton VT di TikTok atau YouTube. Mungkin saat itu mereka bertemu dengan materi yang mendukung tugas bersama. 

Saat itulah, pengguna bisa langsung melakukan pencarian di foto atau video terkait menggunakan Circle to Search. 

 

4 dari 4 halaman

3. Pakai Screen off Memo

Mahasiswa kerap mencatat berbagai materi perkuliahan, tapi mengunakan Galaxy Tab S9 FE pengguna tak perlu khawatir ketinggalan materi dari dosen karena fitur Screen Off Memo memungkinkan pengguna mencatat secara instan tanpa harus membuka kunci tablet. 

Caranya, ketuk layar tablet dengan S Pen sembari menekan tombol sisi S Pen dan memo akan muncul meski layar dalam keadaan mati. 

Pengguna hanya perlu menulis catatanmu lalu ketuk Simpan saat selesai. Catatan tersebut akan disimpan di Samsung Notes. 

Galaxy Tab S9 FE dilengkapi dengan sertifikasi IP68 sehingga tak perlu khawatir kalau tablet tak sengaja terkena air. 

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.