Sukses

Perbedaan iPhone 15 dan iPhone 16, Apa Perlu Upgrade?

iPhone 16 baru saja diumumkan dengan sederetan peningkatan, termasuk di antaranya adalah dengan kehadiran Apple Intelligence. Lantas, perlukan update dari iPhone 15 ke iPhone 16.

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya mengumumkan iPhone 16 series terbarunya, dengan empat model yang dirilis, yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Dengan peningkatan yang ditawarkan dan harga yang tidak terbilang murah, seberapa banyak seri smartphone tersebut mengalami peningkatan dibandingkan versi lalu?

Pertama-tama, kita bisa membandingkan perbedaan iPhone 16 dan iPhone 15. Satu hal yang pasti, iPhone 16 sudah hadir dengan dukungan Apple Intelligence atau AI generatif ke dalam ekosistem iOS. 

Perbandingan layar

iPhone 16 sudah menggunakan layar 6,1 inci Super Retina XDR. Sementara, iPhone 15 masih menggunakan layar OLED 6,1 inci dengan refresh rate 60Hz. 

Warna

iPhone 16 kini punya warna baru yakni Ultra Marine (biru keunguan), Teal, Pink, White, dan Black. Adapun iPhone 15 memiliki warna Black, Blue, Green, Yellow, dan Pink. Dengan bodi yang sama-sama dari material aluminium dengan warna di bodi belakangnya. 

Dari segi desain, iPhone 16 menempatkan dua kameranya secara vertikal atas bawah. Sementara iPhone 15 memiliki dua kamera tetapi penempatannya vertikal miring. 

Prosesor

Spesifikasi iPhone 16 dibekali prosesor A18 sementara iPhone 16 menggunakan chipset A16 Bionic. 

Penyimpanan

iPhone 16 didukung ruang penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB. Sementara, iPhone 15 memiliki RAM 4GB dengan opsi memori 128GB, 256GB, atau 512GB. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Spesifikasi iPhone 15 dan iPhone 16

Baterai

iPhone 16 belum diungkap berapa kapasitas baterainya, namun Apple mengklaim kalau kapasitas baterai ini bisa membuatnya bertahan 22 jam ketika dipakai memutar video. Lain halnya dengan iPhone 15 yang baterainya 20 jam ketika dipakai memutar video. 

Port

Keduanya sama-sama sudah menggunakan port USB type C dengan dukungan USB 2. 

Kamera Utama

iPhone 16 mengandalkan kamera Fusion 48MP dengan ultra-wide 12MP dan kamera selfie 12MP. Adapun iPhone 15 memiliki kamera utama wide 48MP, ultra-wide 12MP, dan kamera selfie 12MP. 

Dukungan Konektivitas

Perangkat iPhone 16 sudah menggunakan USB type C, jaringan 4G LTE, 5G, eSIM, dan konektivitas satelit begitu juga dengan iPhone 15. 

Harga

Ketika diumumkan, iPhone 15 dan iPhone 16 sama-sama dibanderol dengan harga yang sama yakni mulai dari USD 799 atau sekitar Rp 12 jutaan jika dikonversi ke Rupiah. Tentunya ketika masuk ke Indonesia, smartphone ini akan dibanderol lebih tinggi untuk pajak dan bea lainnya. 

3 dari 4 halaman

Peningkatan di iPhone 16 yang Tak Ada di iPhone 15

Kenapa Harus Beli iPhone 16?

1. AI 

 Bicara secara hardware dan tampilan desain, tentunya secara kasat mata banyak orang akan menganggap Apple tak melakukan peningkatan signifikan dalam hal ini. Namun, iPhone 16 sudah didukung berbagai fitur AI. 

AI ini juga meningkatkan kemampuan dari Siri, yang kini, asisten iOS ini jadi lebih pintar, lebih memahami konteks, dan bisa beralih antara input teks dan suara. 

Bukan hanya Siri, fitur AI lainnya juga didukung konteks lebih cerdas. Ke depannya, Apple Intelligence akan punya lebih banyak fitur. Yang saat ini ada adalah kemampuan untuk membuat emoji kustom berdasarkan perintah teks. 

2. Kamera Lebih Baik

iPhone 16 memiliki desain yang berbeda, selain itu juga ada peningkatan dari spesifikasi kamera, yakni dengan Fusion kamera 48MP sebagai kamera utamanya. Kamera ini memiliki opsi Telephoto 2x. 

Apple menyebut, hal ini mirip dengan kehadiran dua mode kamera dalam satu kamera. 

Bersamaan dengan itu, Apple juga menempatkan kamera ultra wide 12MP dengan fungsi autofokus yang bisa mendukung fotografi makro. Kamera ini juga bisa lebih terang sebanyak 2,6x dibanding versi sebelumnya untuk meningkatkan kualitas gambar. 

4 dari 4 halaman

3. Ada tombol Control Camera

iPhone 16 kini didukung tombol baru bernama Camera Control. Tombol ini hadirkan sensor yang mampu mengerjakan berbagai perintah hanya dengan sebuah sentuhan kecil. Misalnya, ketika tombol ditekan, akan membuka aplikasi kamera, mengambil gambar, atau merekam video. Tombol ini juga bisa bekerja pada aplikasi pihak ketiga.

4. Performa lebih Kencang

iPhone 16 menggunakan chipset A18 yang diklaim Apple memboyong peningkatan besar dalam hal perfoma dan efisiensi daya. Prosesornya 30 persen lebih cepat dibandingkan A16 Bionic yang dipakai iPhone 15. 

Sementara penggunaan dayanya 30 persen lebih hemat dibandingkan versi sebelumnya. GPU-nya juga mengalami peningkatan kecepatan sebesar 40 persen dibanding versi sebelumnya. 

Apple mengatakan, performa ini akan meningkatkan pengalaman pengguna terutama bagi mereka yang senang main gim dengan grafis tingkat tinggi dan frame rate konsisten. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.