Sukses

Pengguna YouTube Music Makin Mudah Bikin Playlist Pakai AI, Cukup Ketik Kata Kunci!

YouTube Music menawarkan kemudahan membuat playlist dengan fitur Ask Music yang memungkinkan AI secara otomatis menyusun lagu sesuai keinginanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak aplikasi streaming musik menawarkan konten yang serupa. Karenanya, masing-masing aplikasi tersebut kerap menghadirkan beragam inovasi untuk menarik perhatian para pengguna, termasuk memanfaatkan AI.

Seperti yang dilakukan YouTube Music baru-baru ini, dengan menghadirkan inovasi baru yang memanfaatkan AI. Mereka baru saja meluncurkan Ask Music, fitur yang memungkinkan pengguna membuat playlist otomatis tanpa usaha ekstra.

Dikutip dari Android Police, Kamis (12/9/2024), pengguna cuma perlu memasukkan kata kunci atau susasana hati yang diinginkan, lalu AI bakal secara otomatis menyusun playlist yang sesuai.

Bikin Playlist Jadi Lebih Mudah

Fitur Ask Music ini sudah mulai diluncurkan lebih luas. Jadi, makin banyak pengguna yang bisa mencoba membuat playlist sesuai selera hanya dengan mengetik apa yang sedang ingin didengarkan. 

Sebelumnya, fitur ini udah sempat muncul di bulan Juli, tapi sekarang makin banyak user yang bisa mendapatkan aksesnya. Kendati demikian, ada syarat yang perlu diketahui mereka yang ingin menjajal fitur ini. 

Buat mereka yang ingin menjajal fitur ini, harus jadi pelanggan YouTube Music Premium. 

Kalau sudah berlangganan, baik dari YouTube Premium atau langsung YouTube Music Premium, pengguna bakal disambut dengan layar perkenalan Ask Music di aplikasi.

Setelah kamu klik tombol "Coba Sekarang", pengguna akan diminta memasukkan apa yang ingin didengarkan.

Kemudian, AI bakal otomatis bikinin playlist YouTube Music berdasarkan kata yang kamu ketik, lengkap dengan nama dan deskripsinya.

Tentu, seperti fitur AI lainnya, ini masih tahap eksperimen, jadi tidak selalu sempurna. Namun kalau kamu penasaran, fitur ini sekarang udah bisa ditemukan di kartu YouTube Music Premium.

Jadi, buat yang sudah berlangganan, langsung aja buka aplikasinya dan coba. Kalau belum muncul, coba deh update dulu aplikasinya-nya. Siap bikin playlist anti ribet?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Playlist di Apple Music bisa Ditransfer ke YouTube Music

Sebelumnya, Apple baru saja merilis cara resmi buat transfer playlist favorit kamu dari satu layanan ke layanan lain.

Dikuti dari GSM Arena, Jumat (30/08/2024), Apple bahkan sudah merilis dua dokumen panduan yang lengkap tentang cara transfer playlist ini. Jadi kalau kamu beralih dari Apple Music ke YouTube Music atau sebaliknya, tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

Bagi kamu yang bertanya-tanya apakah playlist di Apple Music bisa ditransfer ke platform lain kayak Spotify, sayangnya belum ada cara resmi buat itu. Mungkin harus bersabar dulu ya kalau kamu menggunakan Spotify.

Yang perlu diingat, hanya musik yang kamu bikin sendiri yang bisa ditransfer. Jadi, playlist hasil kolaborasi yang kamu punya juga bisa ikut pindah.

Namun, playslist yang bukan kolaborasi atau yang sudah dikurasi oleh Apple dan folder yang kamu buat untuk mengatur playlist Apple Music, enggak bisa ikut ditransfer. 

Kalau di playlist Apple Music kamu ada podcast, audiobook, atau file audio yang di-upload sendiri, sayang banget konten-konten itu juga enggak bisa ikut pindah. Jadi hanya lagu-lagu saja yang bisa ditransfer.

Proses transfer ini biasanya cuma butuh beberapa menit, tapi kalau yang mau kamu pindahkan lumayan banyak, mungkin butuh waktu beberapa jam

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Transfer Playlist Apple Music ke YouTube Music

Sebelum Mulai Transfer 

Ada beberapaa hal yang perlu kamu siapkan sebelum memulai transfer:

  1. Langganan Aktif: Kamu Perlu punya langganan Apple Music iTunes Match yang aktif. 
  2. Akun YouTube Music: Pastikan kamu juga punya akun YouTube Music yang aktif. 

Cara Transfer Playlist dari Apple Music ke YouTube Music 

  1. Kunjungi halaman Data dan Privasi Apple: masuk ke akun Apple ID kamu. 
  2. Pilih "Transfer a Copy of Your Data": Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan permintaan transfer.
  3. Masuk ke akun YouTube Music untuk memulai Transfer.Notifikasi Email: Setelah mulai transfer, Apple akan mengirim notifikasi ke email yang terkait dengan akun Apple kamu.

Setelah melakukan transfer, kamu akan menerima email konfirmasi dari Apple, playlist kamu akan muncul di tab Library YouTube Music.

Kalau ada yang hilang dari playlist, berarti lagu itu belum atau tidak tersedia di YouTube Music, dan kalau kamu update playlist, perubahan itu enggak akan ada di layanan lain.

Lalu, jika membatalkan transfer, playlist yang berhasil di transfer duluan akan tetap pindah ke YouTube Music.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini