Sukses

Perbandingan PS5 Pro vs PS5: Layak Upgrade atau Tidak?

PS5 Pro baru saja diumumkan dengan sejumlah peningkatan, termasuk GPU lebih kuat dan penyimpanan 2TB. Namun, tanpa slot Blu-ray, apakah upgrade ini sepadan dengan harganya? Simak perbandingan lengkapnya dengan PS5 di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja memperkenalkan PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) melalui live streaming bertajuk 'Technical Presentation' pada Rabu, 11 September 2024.

Meski secara tampilan tidak jauh berbeda dari PS5 Slim, ada beberapa peningkatan signifikan yang perlu diperhatikan.

Satu hal yang mungkin mengejutkan bagi banyak gamer adalah absennya slot disk drive di PS5 Pro.

Karena tidak ada slot Blu-ray 4K, maka gamer tidak bisa memainkan game fisik alis harus main game digital yang dibeli dari PlayStation Store.

Bila tetap ingin memainkan game-game fisik, maka kamu harus membeli Blu-ray 4K drive ini secara terpisah.

Jadi, apakah PS5 Pro ini sepadan dengan harga yang ditawarkan? Simak perbandingan spesifikasi PS5 Pro dengan PS5 berukut ini, sebagaimana dikutip dari Beebom, Rabu (11/9/2024).

   PS5 PS5 Pro
 CPU   AMD Zen 2 kostumisasi 8 core dengan kecepatan @3.5GHz

AMD Zen 2 kostumisasi 8 core dengan kecepatan @3.5GHz, dan bisa didongkrak hingga 3.85GHz lewat Boost mode

 GPU AMD khusus dengan arsitektur RDNA 2, dan beroperasi hingga 10.23 TFLOPs AMD khusus dengan kecepatan lebih tinggi--rumornya pakai RDNA 3 
RAM  16GB GDDR6 SDRAM N/A
Storage  SSD 825G SSD 2TB dengan 12-channel dan kecepatan 5.5GB/s
 Resolusi 1080p @60, 1440p @60, 4K @30/60 Up to 4K @60Hz. Performa lebih tinggi dengan teknologi upscaling baru
 Raytrasing Ya Ya (Lebih baik)

 

PS5 Pro vs PS5

1. CPU: PS5 dan PS5 Pro sama-sama menggunakan prosesor custom eight-core AMD Zen 2 yang berjalan pada 3.5GHz.

Namun, PS5 Pro dilengkapi dengan Boost Mode yang bisa meningkatkan kecepatan hingga 3.85GHz, dan memori sistem yang 28 persen lebih cepat.

Hasilnya, waktu loading bisa lebih singkat di PS5 Pro. Meski begitu, perbedaan ini mungkin tidak cukup untuk meyakinkan semua gamer untuk upgrade ke PS5 Pro.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbedaan GPU hingga Resolusi PS5 Pro vs PS5

<p>Sony Resmi Umumkan PS5 Pro. (Doc: PlayStation)</p>

2. GPU: PS5 menggunakan GPU berbasis RDNA 2 dengan kecepatan 10.23 TFLOPs. Sementara itu, PS5 Pro hadir dengan GPU berbasis RDNA 3 yang diklaim memiliki 67 persen lebih banyak kemampuan komputasi.

Ini memungkinkan rendering lebih cepat hingga 45 persen dan pengalaman gaming dengan ray tracing lebih mulus, mencapai 2-3 kali lebih baik dari PS5.

3. Penyimpanan: Salah satu peningkatan signifikan adalah kapasitas penyimpanan. PS5 Pro menawarkan SSD 2TB, jauh lebih besar dari PS5 yang hanya 825GB.

4. Resolusi dan Teknologi Upscaling: PS5 Pro mendukung resolusi hingga 4K pada 60Hz dan dilengkapi dengan teknologi PSSR (PlayStation Spectral Super Resolution Upscaling) untuk performa grafis lebih tinggi.

Bagi gamer yang menginginkan visual lebih tajam, ini bisa menjadi alasan utama untuk beralih ke PS5 Pro.

Game PS5 Pro yang Dioptimalkan

Sony juga memastikan banyak game yang akan dioptimalkan untuk PS5 Pro dengan label "PS5 Pro Enhanced". Ini berarti grafis dan performa game tersebut akan terlihat lebih maksimal di konsol ini.

 

3 dari 3 halaman

Patut Upgrade PS5 Pro dari PS5?

<p>Berapa Harga PS5 Pro? (Doc: PlayStation)</p>

Meski PS5 Pro menawarkan beberapa peningkatan, seperti GPU yang lebih kuat dan waktu loading lebih cepat, absennya slot Blu-ray 4K membuat banyak gamer berpikir dua kali.

Apalagi dengan harga USD 699 atau sekitar Rp 10,8 juta, bandingkan dengan PS5 dirilis dengan harga USD 499.

Jadi, jika kamu bukan seorang gamer sangat peduli dengan kualitas grafis tertinggi, bertahan dengan PS5 mungkin masih cukup memuaskan.

Namun, bagi mereka ingin merasakan visual lebih tajam dan performa lebih cepat, upgrade ke PS5 Pro bisa menjadi pilihan yang sah-sah saja.

Bagaimana dengan kamu? Sudah siap upgrade ke PS5 Pro atau masih setia dengan PS5?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.