Sukses

Galaxy S24 Series Mulai Kebagian Fitur Galaxy AI Sketch to Image via Update One UI 6.1.1

Fitur-fitur terbaru Galaxy AI yang sebelumnya tersedia eksklusif di Galaxy Z Fold6 dan Flip6 kini diturunkan ke Galaxy S24 Series melalui update One UI 6.1.1, apa saja fiturnya?

Liputan6.com, Jakarta - Update sistem operasi terbaru One UI 6.1.1 kini sudah digulirkan ke Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Para pengguna ketiga model perangkat itu di wilayah Amerika Serikat, Britania Raya, Eropa, dan India mulai kebagian update One UI 6.1.1. 

Sebelumnya hanya Galaxy Z Flip6 dan Galaxy Z Fold6 yang dibekali sistem operasi terbaru Samsung itu, dan mendapatkan berbagai fitur baru dari Galaxy AI. 

Lewat Update One UI 6.1.1 yang dilengkapi security patch, meski digulirkan agak terlambat dari yang dijadwalkan, yakni Juli lalu, OS baru ini hadir dalam ukuran besar yakni 3GB.

Pengguna Galaxy S24 Series yang mau update ke sistem operasi terbaru pun disarankan untuk mengunduh dengan koneksi internet (WiFi) yang stabil. 

Kehadiran One UI 6.1.1, memboyong peningkatan fitur-fitur AI yang dihadirkan lewat Galaxy AI. Samsung memang selama ini fokus mengintegrasikan AI untuk membuat pengalaman pelanggan lebih seamless dan intuitif. 

Salah satu fitur revolusioner Galaxy AI yang dihadirkan via update ini adalah Sketch to Image. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah hasil gambar sketsa tangannya menjadi karya seni. 

Fitur ini berguna bagi pengguna yang kerap ingin mengekspresikan kreativitasnya melalui perangkat Galaxy, terutama Galaxy S24 Series yang mulai kebagian fitur ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Listening Mode hingga AI Composer

Fitur menarik lainnya adalah tool portrait yang ditingkatkan dengan menambahkan opsi panel cepat. Dengan satu kali ketukan, pengguna bisa mengakses pengaturan-pengaturan penting yang membuat antarmukanya kian nyaman. 

Lewat update ini, perangkat juga memiliki kemampuan kontrol lebih besar melalui tombol fisik. 

Beberapa fitur Galaxy AI lain yang diturunkan dari Galaxy Z Fold6 dan Flip6 ke Galaxy S24 series lewat One UI 6.1.1 antara lain adalah Listening Mode dan Composer. 

Listening Mode memungkinkan pengguna untuk mendapatkan terjemahan real-time satu arah dari bahasa yang didukung Galaxy AI. Sementara Composer membantu pengguna untuk membuat caption media sosial, bodi email, maupun pesan pribadi berdasarkan prompt atau perintah yang diminta. 

3 dari 4 halaman

PDF Overlay

Bukan hanya itu, update ini juga memungkinkan Samsung Notes lebih pintar dengan fitur PDF Overlay. Fitur tersebut mengizinkan pengguna menerjemahkan teks format PDF dan meringkasnya secara real-time. 

Sekadar informasi, Sketch to Image ini mirip dengan tool Reimagine milik Pixel, yang mengizinkan pengguna meningkatkan kualitas gambar berdasarkan gambar atau coret-coret. 

Sayangnya, tak semua perangkat Samsung bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru Galaxy AI, berikut adalah perangkat yang dapat update One UI 6.1.1:

 

4 dari 4 halaman

HP dan Tablet yang Terima Update One UI 6.1.1

  • Galaxy S24
  • Galaxy S24 Plus
  • Galaxy S24 Ultra
  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Z Fold5
  • Galaxy Z Flip5
  • Galaxy Tab S9
  • Galaxy Tab S9 Plus
  • Galaxy Tab S9 Ultra

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.