Sukses

Galaxy AI Makin Pintar, Ada Fitur Listening Mode untuk Terjemahkan Bahasa Secara Langsung

Fitur Listening Mode di Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 kini lebih canggih, termasuk mampu menerjemahkan berbagai topik.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi AI di perangkat Samsung Galaxy Z Fold6 serta Galaxy Z Flip6 disebut kian canggih sekaligus makin mempermudah aktivitas penggunanya sehari-hari.  

Kemudahan ini tidak lepas dari dukungan Galaxy AI on-device, sehingga AI dapat bekerja langsung di perangkat, tanpa perlu koneksi internet. Jadi, tidak hanya memberikan akses lebih cepat, tapi juga lebih aman dan nyaman. 

Adapun salah satu fitur Galaxy AI yang bisa jadi andalan pengguna Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 adalah Listening Mode. Dengan fitur ini, pengguna bisa menerjemahkan percakapan secara real-time, layaknya subtitle di perangkat. 

"Salah satu fitur yang dikembangkan tim kami, SRIN (Samsung R&D Institute Indonesia) adalah fitur Listening Mode agar bisa memberikan terjemahan bahasa Indonesia yang akurat," tutur Software Platform Group Head, Samsung R&D Institute Indonesia Yanuar Rahman dalam sesi pertemuan online dengan awak media. 

Menurut Yanuar, pengembangan kemampuan Listening Mode, fokus pada memperkaya kategori konten yang sering dibicarakan pengguna, seperti ekonomi, kesehatan, psikologi, AI sampai politik.

Dijelaskan lebih lanjut, Listening Mode ini juga mampu memahami konteks pembicaran dalam Bahasa Indonesia. Karenanya, SRIN juga menambahkan kategori agama/kepercayaan untuk lebih menjawab kebutuhan pasar Indonesia. 

"Samsung mengharapkan dengan fitur yang ada di Galaxy AI dapat membantu pengguna dengan produk yang cepat, tepat, dan tanpa khawatir soal keamanan data," tutur Yanuar.

Menurut MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, tren penggunaan Galaxy AI terus meningkat, terutama usai diperkenalkan di Galaxy S24 Series, serta kini Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Balik Layar Pengembangan Fitur Listening Mode

Bicara soal cerita dibalik pengembangan fitur baru Galaxy AI ini, ternyata melibatkan anak-anak muda bertalenta dari Indonesia dengan komposisi tim AI Enginer, Linguistic Expert yang berkolaborasi dengan AI Enginer pusat di Korea. 

Samsung sendiri berkomitmen menghadirkan teknologi AI yang canggih dan relevan dengan kebutuhan konsumen melalui pengembangan dan penelitian mendalam

Hal ini dilakukan untuk memahami karakteristik masyarakat secara lokal, termasuk di Indonesia. Disebutkan, ada lebih dari 19 persen pengguna memanfaatkan Galaxy AI sejak diperkenalkan di Galaxy S24 series.

Saat ini dengan kehadiran Galaxy Z Fol6 dan Galaxy Z Flip6, penggunaan Galaxy AI pun semakin meningkat, mencapai 27 persen. 

"Dengan pengalaman yang lebih aman, nyaman dan lebih cepat karena On-Device Galaxy AI tidak tergantung dari sinyal internet, kami yakin tren ini akan semakin meningkat," ujar Ilham. 

Menurut Ilham, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan pengguna ketika memakai Galaxy AI, terutama Listening Mode adalah ketika menonton video berbahasa asing. 

Dengan menggunakan Listening Mode yang mirip dengan subtitle, kita bisa memahami isi konten secara langsung tanpa memerlukan koneksi internet.  

Selain menonton video, Listening Mode juga membantu dalam pembicaraan pada suatu acara yang berbahasa asing. Jadi, fitur ini bisa menerjemahkan secara langsung apa yang dibicarakan saat itu. 

3 dari 3 halaman

Kelebihan yang Dimiliki Oleh Galaxy Flip6 dan Galaxy Fold6

Samsung Galaxy AI sendiri hadir dengan teknologi yang tidak hanya canggih, tapi juga relevan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Selain di Galaxy AI, Samsung sebenarnya juga melakukan sejumlah peningkatan di Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6. Beberapa peningkatan tersebut adalah: 

  1. Kapasitas baterai lebih besar.
  2. Lebih efisien dalam pemrosesan.
  3. Kapasitas memori yang hadir dalam dua pilihan yakni 256GB dan 512GB.
  4. Ada fitur QuickShare untuk berbagi foto atau video dengan device lain.
  5. Vapor Chamber sebagai ruang pendingin, sehingga bisa diandalkan pengguna yang suka bermain game atau multitasking.  

Di Indonesia, Galaxy Z Fold6 hadir dengan pilihan memori RAM 12GB/ROM 256GB seharga 26 jutaan rupiah, RAM 12GB/ROM 512GB seharga 28 jutaan rupiah, dan 12GB/1TB seharga 31 jutaan rupiah.

Pilihan warna yang tersedia juga tidak kalah menarik, ada Crafted Black, White, Silver Shadow, Pink, hingga Navy.

Sementera bagi mereka yang gemar bikin konten? Ada Galaxy Z Flip6 yang hadir dengan kamera 50MP untuk membuat konten makin menarik. 

Saat ini, ada promo menarik untuk pembelian Galaxy Z Flip6 mulai 6 hingga 19 September 2024. Selama periode ini, konsumen bisa memperoleh double upgrade storage dan trade-in cashback hingga 1.5 juta.

Tidak hanya itu, konsumen juga dapat benefit Samsung Care+ selama 1 tahun senilai 1 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini