Sukses

Kapasitas RAM Semua Model iPhone 16 Terungkap, Berapa?

iPhone 16 series hadir dengan peningkatan RAM signifikan! Berbekal RAM lebih besar, iPhone baru Apple ini menjanjikan performa multitasking lebih baik dan dukungan optimal untuk fitur berbasis AI.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang terkenal suka merahasiakan spesifikasi teknis iPhone mereka, terutama soal kapasitas RAM. Namun, hal tersebut tidak berlangsung.

Biasanya, Apple fanboy harus menunggu berbagai teardown iPhone terbaru setelah perusahaan mulai menjual ponsel mereka di pasaran.

Kini, informasi lebih detail tentang spesifikasi iPhone 16 series pun sudah terungkap sehari setelah Apple mengumumkan ponsel teranyarnya.

Mengutip laporan MacRumors dan ISWUpdate, Kamis (12/9/2024), ternyata Apple menyematkan RAM 8GB di iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Ini artinya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mendapatkan peningkatan RAM cukup besar dari hanya 6GB di generasi sebelumnya menjadi 8GB.

Sementara itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mempertahankan kapasitas RAM 8GB seperti pendahulunya.

Peningkatan RAM ini tentu akan berdampak positif pada performa keseluruhan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, terutama dalam hal multitasking.

Diyakini, peningkatan kapasitas RAM iPhone ini menjadi alasan ponsel baru milik perusahaan berbasis di Cupertino ini mendukung fitur Apple Intellegence secara optimal.

Di mana, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hanya akan mendapatkan fitur terbatas berbasis AI tersebut di dalam perangkat.

Seberapa Besar Peningkatan iPhone 16?

Apple telah mengungkap kemampuan baterai lini iPhone 16 mereka. Meski tidak menyebutkan berapa kapasitas daya baterai masing-masing seri, Apple membuat perbandingan signifikan tentang kemampuan baterai iPhone dibanding versi sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Pemakaian Baterai iPhone 16 Series

Apple resmi meluncurkan iPhone dan iPhone 16 Plus yang sudah mendukung Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Baterai iPhone 16 series mengalami peningkatan dalam hal masa pakai baterai dibandingkan iPhone 15, iPhone 14, dan iPhone 13.

Adapun baterai iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mendapatkan peningkatan hingga 10 jam pemakaian saat mendengarkan musik dan meningkat 4 jam ketika dipakai memutar video.

Berikut adalah kemampuan penggunaan baterai iPhone 16 Series, berdasarkan pengujian Apple:

1. iPhone 16 Pro Max

  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 33 jam
  • Memiliki kemampuan streaming video hingga 29 jam
  • Memiliki kemampuan pemutaran musik hingga 105 jam

2. iPhone 16 Pro

  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 27 jam
  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 22 jam
  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 85 jam

3. iPhone 16 Plus

  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 27 jam
  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 24 jam
  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 100 jam

4. iPhone 16

  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 22 jam
  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 18 jam
  • Memiliki kemampuan pemutaran video hingga 80 jam

Sekadar informasi, perangkat iPhone 16 juga didukung pengisian daya nirkabel yang lebih cepat dengan MagSafe dibandingkan versi sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi iPhone 16 Pro Series

<p>Berapa harga iPhone 16 Pro series? (Doc: Apple)</p>

iPhone 16 Pro hadir dengan hardware dan software yang mendukung fitur kecerdasan buatan Apple Intelligence. Apple Intelligence ini diklaim mampu memahami konteks pribadi yang memberikan kecerdasan untuk mendukung kebutuhan pengguna sekaligus melindungi privasi. 

HP ini hadir dengan empat opsi warna yakni Titanium Black, Nature Titanium, Tatinium White, dan Desert Titanium.  

Kinerja iPhone 16 Pro didukung chip A18 Pro, bahkan Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak menyebut iPhone 16 Pro series menjadi model iPhone tercanggih yang pernah dibuat Apple. 

Chipset ini hadir dengan teknologi 3-nanometer dengan dukungan Neural Engine 16-core. Kecepatan GPU-nya diklaim 20 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. 

Upgrade lain yang adalah kamera yang lebih canggih dengan kemampuan perekaman 4K 120 pada format Dolby Vision.

4 dari 4 halaman

Kamera iPhone 16 Pro dan Pro Max

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang sudah didukung dengan Apple Intelligence. (Dok: Apple)

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan kamera Fusion 48MP, kamera ultra-wide 48MP, dan kamera telephoto 5MP. 

Khusus iPhone 16 Pro hadir dengan layar 6,3 inci. Sementara iPhone 16 Pro Max memiliki layar 6,9 inci. Layar tersebut didukung teknologi Super Retina XD dan fitur Always On serta dukungan ProMotion. 

Pada iPhone 16 Pro, Apple juga menempatkan tombol Camera Control yang baru di salah satu sisi bodinya. Tombol ini bisa jadi shortcut untuk membuka kamera dengan cepat, menjepret foto, merekam video, mengganti mode kamera, dan lain-lain dengan interaksi sentuhan. 

Tombol Camera Control juga menghadirkan kecerdasan visual untuk membantu pengguna mempelajari objek dan tempat dengan lebih cepat. 

Ketersediaannya akan dimulai tahun depan di negara dan wilayah yang didukung Apple Intelligence. 

Berbekal Apple Intelligence, tombol Control Camera ini juga bisa memunculkan jam buka atau rating restoran yang fotonya dijepret oleh pengguna. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.