Sukses

IMDI 2024: Indeks Masyarakat Digital Indonesia Meningkat, Kota Mana yang Punya Skor Tertinggi?

Hasil Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) 2024 sebesar 43,34 menunjukkan kenaikan skor sebesar 0,16 dibandingkan tahun sebelumnya. Torehan ini menandakan adanya peningkatan kesiapan digital masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Informatika (BPSDM Kominfo) mengumumkan peningkatan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) 2024.

Hasilnya menunjukkan ada kemajuan signifikan dalam literasi dan keterampilan digital masyarakat Indonesia.

Dengan tema 'Membangun Masyarakat Digital Berbasis Kewilayahan', IMDI 2024 bertujuan untuk mendorong pembangunan masyarakat digital yang inklusif dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan IMDI dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang tingkat literasi dan keterampilan digital masyarakat Indonesia.

"Ini sangat penting untuk memastikan kita mampu mencetak talenta digital yang kompeten dan siap bersaing di era transformasi digital global," ujarnya dalam peluncuran hasil pengukuran IMDI 2024 di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Melalui keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (12/9/2024), Budi Arie menyebut IMDI Kominfo memetakan kesenjangan keterampilan di berbagai daerah di Indonesia.

Data itu bisa menjadi acuan bagi pemerintah pusat dan daerah merancang program pelatihan dan pengembangan talenta digital yang lebih fokus dan efektif.

"IMDI membantu kita mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pengembangan SDM digital di setiap daerah, sehingga kita bisa merancang kebijakan yang tepat sasaran untuk mendukung peningkatan keterampilan digital masyarakat," ia menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Kesiapan Digital

Menkominfo menambahkan, data dalam IMDI menggambarkan kondisi masyarakat digital Indonesia di 514 kabupaten dan kota. 

"Secara khusus, IMDI mencerminkan hasil pengukuran atas tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun terkait pekerjaan,” ia menerangkan.

Tahun 2024 menandai peluncuran ketiga IMDI, dengan pengumpulan data melalui survei tatap muka di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Hasil IMDI 2024 sebesar 43,34 yang menunjukkan kenaikan skor sebesar 0,16 dibandingkan tahun sebelumnya, menandakan adanya peningkatan kesiapan digital masyarakat.

Dalam IMDI 2024, skor pilar-pilar utama meliputi Pilar Infrastruktur dan Ekosistem nilai indeks sebesar 52,70, Pilar Keterampilan Digital dengan indeks 58,25, Pilar Pemberdayaan sebesar 25,68, dan Pilar Pekerjaan sebesar 38,09.

 

 

3 dari 4 halaman

Kota Padang Raih Skor Paling Tinggi

Kominfo memberikan penghargaan IMDI Early Adopter Awards kepada Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat karena mengadopsi IMDI sebagai salah satu indikator dalam perencanaan pembangunan daerah mereka.

Selain itu, 6 Kabupaten/Kota dengan kategori skor IMDI "Sangat Tinggi" juga menerima penghargaan, yaitu Kota Padang 52,71; Kota Jakarta Pusat 52,58; Kota Bandung 52,99; Kota Malang 52,64; Kota Denpasar 52,54; dan Kabupaten Buleleng 52,76.

Sebagai bagian dari dukungan terhadap inovasi, Menkominfo juga memberikan penghargaan kepada para pemenang AI Hackathon, yang telah berkontribusi dalam pengembangan teknologi berbasis kecerdasan buatan.

Acara ini juga menyoroti kontribusi BPSDM Kominfo selama 10 tahun terakhir dalam membangun masyarakat digital melalui sejumlah program, seperti Digital Talent Scholarship, Beasiswa Kominfo, Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta, dan platform talent pool Diploy.

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini