Sukses

Samsung Rilis Neo QLED 8K: TV Canggih dengan Dukungan AI, Harga Mulai Rp 54,9 Juta

Samsung menghadirkan TV Neo QLED 8K dengan berbagai ukuran, mulai dari 65 inci hingga 85 inci serta membekalinya dengan sederet fitur berbasis AI.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics kini memboyong teknologi kecerdasan buatan di produk televisinya, Samsung Neo QLED 8K TV. Inovasi di TV Samsung ini menghadirkan pengalaman menonton dengan terobosan lebih sekadar kualitas gambar, jadi pengalaman menonton lebih berkualitas dan sesuai preferensi pengguna.

Adapun Samsung Neo QLED 8K TV ini didukung prosesor terbaru NQ8 AI Gen3, prosesor dengan teknologi berbasis AI yang memiliki kemampuan analisa dan meningkatkan detail gambar secara real-time.

TV Samsung AI ini hadir dalam ukuran 65, 75, dan 85 inci. Neo QLED 8K TV ini menawarkan fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan berbagai ruang dan kebutuhan menonton pengguna. Hal ini untuk memastikan pengguna mendapat pengalaman visual yang optimal di tiap ukuran.

Head of Product - AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin mengatakan, Neo QLED 8K yang dibekali prosesor AI jadi standar baru home entertainment di Indonesia.

"Prosesor ini memberi pengalaman menonton baru, seperti teknologi 8K AI Upcalling Pro yang bisa meningkatkan kualitas konten hingga setara 8K. Selain itu juga ada fitur Adaptive Sound yang bisa meningkatkan kualitas suara. Ada pula fitur AI Customization yang meyesuaikan konten dengan preferensi pengguna," kata Ubay.

Dengan teknologi AI ini, Samsung mengklaim pengguna bisa merasakan sensasi seolah sedang berada di dalam adegan. Adapun Samsung TV Neo QLED 8K ini hadir dalam beberapa ukuran.

Misalnya Neo QLED 8K QN900D dengan ukuran inci 85 inci dibanderol Rp 132,5 juta. Sementara Samsung Neo QLED 8K QN800D hadir dalam ukuran 65 inci dan 75 inci dengan harga mulai Rp 54,9 juta hingga Rp 73,4 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan AI di TV Samsung Neo QLED 8K

Yang menarik, TV Samsung AI ini memiliki sejumlah hal yang tidak dimiliki TV biasa, apa saja?

1. Samsung TV AI Bisa Dipersonalisasi untuk Tiap Anggota Keluarga

Samsung memahami, kebutuhan pengguna TV di Indonesia. Pihaknya menyebut 59 persen orang Indonesia memilih nonton film di layanan steraming saat memakai TV.

Untuk meningkatkan kenyamanan menonton film, Samsung hadirkan fitur AI Customization di Neo QLED 8K, yang memungkinkan pengguna otomatis mengatur kontras warna dan kualitas tampilan konten sesuai preferensi individu.

Teknologi ini menganalisis jenis konten yang sedang ditonton dan menyesuaikan pengaturan visual. Dengan begitu tiap anggota keluarga bisa menikmati program sesuai selera masing-masing.

Berikut adalah cara mengaktifkan fitur AI Customization:

  • Buka Menu Setting
  • Aktifkan Intelligent Mode dan pilih Picture Mode
  • Pilih AI Customization, lalu pilih gambar berdasarkan Brightness, Contrast, Color, dan Color Tone yang disukai, yakni saat menonton tayangan Sports, Event, Movie, atau General.
  • Klik Done setelah pengguna selesai memilih preferensi tontonan.

 

3 dari 3 halaman

Fitur AI Lain di TV Samsung Neo QLED 8K

2. Samsung TV AI Bisa Tingkatkan Kualitas Gambar Konten Lama Jadi Setara 8K

TV Samsung Neo QLED 8K hadirkan teknologi upscalling melalui fitur 8K AI Upscalling Pro yang bisa meningkatkan resolusi rendah konten lama hingga setara kualitas 8K.

Fitur ini membuat pengguna bisa menyaksikan tayangan lama atau dokumentasi pribadi seperti rekaman ulang tahun atau video pernikahan dengan detail yang lebih tajam serta jelas.

Hal ini bisa dilakukan berkat kapabilitas Neo QLED 8K yang memiliki 512 neural network yang jumlahnya 8 kali lebih banyak dari sebelumnya. Dengan begitu, bisa memperbaiki tampilan gambar dari file rekaman atau film lama yang disaksikan.

3. Hadirkan Suara Sesuai Adegan

TV Neo QLED 8K ini didukung standar baru dalam pengalaman audio dan kemampuan audio remastering canggih.

Dibandingkan dengan TV tanpa AI yang hanya bisa mengatur volume secara merata, TV AI Samsung ini dibekali fitur Adaptive Sound yang bisa memisahkan dan membedakan antara suara latar belakang dan suara objek secara terpisah.

Teknologi ini memungkinkan TV untuk menyesuaikan audio dengan lebih akurat sehingga memberi pengalaman mendengarkan lebih jelas dan imersif sesuai setiap adegan.

Dengan kemampuan ini, tiap elemen suara dalam film atau tayangan menjadi lebih hidup dan sesuai konteks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini