Sukses

Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android

Jika kamu merasa terbantu namun kadang terganggu dengan Autocorrect, ini cara mudah untuk aktifkan dan nonaktifkan fitur Autocorrect di keyboard Android kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Turn On dan Turn Off Autocorrect Pada Samsung

Liputan6.com, Jakarta - Autocorrect alias perbaikan ketikan otomatis seringkali membantu kamu menghindari dari typo atau salah ketik saat sedang mengetik pesan atau tulisan.

Kendati begitu, ada kalanya fitur ini malah menimbulkan salah paham, apalagi saat mengoreksi nama atau kata-kata slank atau singkatan yang diketikkan.

Untungnya, fitur autocorrect ini bisa diaktikan atau nonaktifkan sesuai kebutuhan kamu. Kalau kamu merasa autocorrect lebih mengganggu alih-alih membantu, kamu bisa mematikannya.

Dikutip dari Android Police, Senin (16/9/2024), Berikut adalah cara mengaktifkan atau menonaktifkan autocorrect di perangkat Android, termasuk di Samsung Galaxy dan Google Pixel.

Cara Mengaktifkan atau Nonaktifkan Autocorrect di Gboard

Sebagian besar perangkat Android menggunakan Gboard sebagai keyboard default. Berikut langkah-langkah untuk mengubah pengaturan fitur autocorrect di Gboard:

  1. Buka Pengaturan > Akses menu Settings di ponsel kamu.
  2. Pilih Sistem > Pada menu Settings, pilih opsi System.
  3. Pilih Keyboard > Ketuk Languages & input, lalu pilih On-screen keyboard.
  4. Masuk ke Pengaturan Gboard > Pilih Gboard untuk masuk ke pengaturannya.
  5. Text Correction > Setelah berada di menu Gboard, pilih Text correction.
  6. Ubah Auto-Correction > Cari opsi Auto-correction di bagian Corrections.
  7. Kamu bisa menonaktifkan dengan menggeser toggle ke posisi off, atau menghidupkannya dengan menggeser ke on.

Alternatif lain, kamu juga bisa mengakses pengaturan ini dengan membuka keyboard di aplikasi mana pun, tahan tombol koma (,) di keyboard, lalu ketuk ikon Settings yang muncul.

 

3 dari 3 halaman

Beberapa Cara yang Masih Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengoptimalkan Autocorrect

Cara Menyalakan atau Mematikan Autocorrect di Samsung Keyboard

Untuk pengguna Samsung Galaxy, langkah-langkahnya sedikit berbeda karena ponsel ini menggunakan Samsung Keyboard secara default:

  • Buka Pengaturan: Akses menu Settings.
  • General Management: Scroll ke bawah dan pilih General Management.
  • Samsung Keyboard Settings: Masuk ke Samsung Keyboard settings.
  • Predictive Text: Cari opsi Predictive text dan geser toggle ke off untuk mematikan autocorrect, atau ke on untuk menghidupkannya.

Ini Cara Mengoptimalkan Autocorrect untuk Pengalaman Mengetik yang Lebih Baik

Kalau kamu sering merasa autocorrect terlalu agresif dalam mengoreksi kata, ada beberapa cara untuk membuat fitur ini lebih cocok dengan gaya mengetik kamu, tanpa perlu mematikan sepenuhnya.

1. Tambahkan Kata ke Kamus Pribadi: Autocorrect sering mengoreksi kata-kata yang jarang digunakan, seperti nama atau istilah khusus. Kamu bisa menambahkan kata-kata tersebut ke kamus pribadi agar autocorrect tidak mengubahnya lagi.

  • Buka keyboard di aplikasi apa pun.
  • Tekan tombol koma, lalu ketuk ikon Settings.
  • Pilih Dictionary, lalu Personal Dictionary.
  • Tambahkan kata-kata baru yang sering kamu gunakan.

2. Gunakan Undo Autocorrect : Kamu bisa membatalkan autocorrect yang salah dengan menekan tombol backspace (hapus). Caranya : 

  • Masuk ke Settings > Gboard > Text correction.
  • Aktifkan Undo autocorrect on backspace untuk membatalkan perubahan hanya dengan menekan tombol backspace

3. Aktifkan Spell Check: Kalau kamu ingin autocorrect mati, tapi tetap ingin teksmu bebas dari typo, aktifkan fitur spell check. Kata yang salah eja akan diberi garis merah, tanpa langsung diubah secara otomatis.

  • Masuk ke Settings > Text correction.
  • Aktifkan Spell check.

Dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa mengatur autocorrect sesuai kebutuhan, baik itu aktifkan, nonaktifkan, atau dioptimalkan supaya lebih cocok dengan gaya mengetikmu.

Jangan lupa, opsi seperti spell check atau menambahkan kata-kata ke kamus pribadi bisa jadi solusi buat kamu yang mau mengurangi kesalahan ketik tanpa sepenuhnya bergantung pada autocorrect.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini