Sukses

iPhone dan iPad dengan iOS 16 Tak bakal Lagi Bisa Putar Netflix

Netflix menghentikan dukungan untuk perangkat iPhone dan iPad yang masih menjalankan sistem operasi iOS 16. Ke depannya, perangkat seperti iPhone X dan iPhone 8 Series tak akan lagi bisa dipakai untuk memutar Netflix, karena perangkat ini tak mendapatkan update iOS 17 atau setelahnya.

 

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menghentikan aplikasinya di Apple TV generasi ketiga, Netflix kini menyetop dukungan mereka untuk iPhone dan iPad model lawas. Netflix tak lagi menghadirkan update untuk perangkat yang menjalankan iOS 16.

Dengan pembaruan untuk aplikasi Netflix di iOS, pengguna diingatkan tentang berakhirnya dukungan untuk iOS 16.

Perangkat seperti iPhone X dan generasi pertama iPad Pro merupakan beberapa perangkat yang tak lagi mendapatkan akses atas Netflix.

Pasalnya kedua gadget ini sudah tak bisa diperbarui ke iOS 17, sehingga tidak dapat menjalankan versi terbaru dari Netflix.

"Kami telah memperbarui aplikasi Netflix, untuk menggunakan aplikasi versi terbaru, gunakan iOS 17 atau yang lebih baru," begitu peringatan di perangkat yang menjalankan aplikasi Netflix di iOS 16.

Saat ini, pengguna iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 16 masih bisa mendiamkan peringatan tersebut dan tetap mengakses Netflix. Namun, ke depannya Netflix tidak akan lagi bisa diakses di iPhone yang menjalankan iOS 16.

Apalagi, update aplikasi tidak hanya menambahkan fitur-fitur baru tetapi juga hadir dengan perbaikan terhadap bug dan peningkatan keamanan lewat security patch.

Perlu dicatat, ada beberapa perangkat yang tak bisa lagi diperbarui ke iOS 17 atau yang lebih baru, antara lain adalah:

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPad 5 (2017)
  • Generasi pertama iPad Pro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Keseriusan Netflix Masuki Dunia Game

Sementara itu masih soal Netflix, Netflix dilaporkan makin serius menggarap pasar game. Terbaru, platform streaming asal Amerika Serikat itu merekrut Alain Tascan sebagai presiden baru untuk divisi game.

Mengutip informasi dari Engadget, Sabtu (27/7/2024), sebelum bergabung di Netflix, Alain merupakan Executive Vice President untuk pengembangan game di Epic Games, studio yang dikenal dengan sejumlah game populer seperti Fortnite, Rocket League, dan Fall Guys.

Langkah ini pun disebut menunjukkan komitmen Netflix untuk menguatkan persaingan mereka di dunia game. Sebelumnya, mereka juga telah mengakusisi beberapa studio game indie ternama seperti Night School, Boss Fight, Next Games, Spry Fox.

 

3 dari 3 halaman

Kembangkan Lebih dari 80 Game

Tidak hanya itu, Netflix juga disebut kini tengah mengembangkan lebih dari 80 game, hampir dua kali lipat dari jumlah game yang tersedia saat ini.

Adapun salah satu fokus perusahaan adalah game interaktif berdasarkan serial dan film populer di platform mereka. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman baru bagi para penggemar.

Sebagai contoh, game multiplayer Squid Game dilaporkan akan segera hadir di platform Netflix Games. Kendati makin serius mengembangkan layanan game, Netflix sebenarnya masih menghadapi tantangan tersendiri.

Data menunjukkan jumlah pengguan harian Netflix Games masih relatif kecil, sekitar 1,7 juta orang pada 2022.

Oleh sebab itu, kehadiran sosok berpengalaman seperti Alain Tascan disebut sebagai strategi perusahaan mempercepat pertumbuhan mereka di industri ini, sekaligus kemungkinan mendapatkan keuntungan dari situ. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.