Sukses

Tombol Kamera di iPhone 16 Mulai Ditiru, Perusahaan Asal China Ini Jadi yang Pertama!

Perusahaan smartphone asal China ini menjadi produsen pertama yang meniru tombol kamera iPhone 16, sebuah inovasi memungkinkan pengguna membuka aplikasi kamera, zoom, dan mengambil foto dengan satu tombol.

Liputan6.com, Jakarta - Apple kerap kali menjadi sorotan karena inovasi yang mereka perkenalkan, meskipun tidak jarang hal tersebut dicibir di awal kemunculannya.

Namun, waktu selalu membuktikan keputusan Apple sering kali menjadi standar baru di industri teknologi dan banyak diikuti oleh pesaing mereka.

Contohnya dari notch, dynamic island, hingga kebijakan tidak menyertakan charger dalam boks penjualan, Apple tak diragukan lagi adalah trendsetter.

Kini, giliran tombol kamera di iPhone 16 yang mulai diadopsi oleh pesaing. Realme, salah satu produsen smartphone asal China menjadi yang pertama mengintegrasikan tombol serupa ke HP baru mereka.

Hal ini diungkap oleh Chase Xu, VP and Chief Marketing Officer Realme, melalui video pendek di platform media sosial di China, yaitu Wiebo.

Dari video tersebut, tampak HP Realme yang masih dalam tahap pengembangan itu memiliki tombol kamera di sisi seperti di iPhone 16. Berdasarkan tata letak ini, pengguna semakin mudah mengakses aplikasi kamera.

Dilansir Phone Arena, Senin (16/9/2024), tombol ini tidak hanya berfungsi untuk membuka aplikasi kamera, tetapi juga memungkinkan pengguna  HP Apple ini melakukan zoom in dan out, serta mengambil foto dengan sekali tekan.

Fitur ini identik dengan fungsi tombol kamera di iPhone 16 series, seolah menandakan Realme tak segan meniru fitur yang Apple perkenalkan di ponsel baru mereka.

JJika Realme telah mengambil langkah ini, bukan tidak mungkin merek-merek lain seperti Samsung, Google, dan perusahaan asal China lainnya juga akan mengikuti jejak sama dengan Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kapasitas RAM Semua Model iPhone 16 Terungkap

<p>Berapa harga iPhone 16 Pro series? (Doc: Apple)</p>

Apple memang terkenal suka merahasiakan spesifikasi teknis iPhone mereka, terutama soal kapasitas RAM. Namun, hal tersebut tidak berlangsung.

Biasanya, Apple fanboy harus menunggu berbagai teardown iPhone terbaru setelah perusahaan mulai menjual ponsel mereka di pasaran.

Kini, informasi lebih detail tentang spesifikasi iPhone 16 series pun sudah terungkap sehari setelah Apple mengumumkan ponsel teranyarnya.

Mengutip laporan MacRumors dan ISWUpdate, Kamis (12/9/2024), ternyata Apple menyematkan RAM 8GB di iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Ini artinya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mendapatkan peningkatan RAM cukup besar dari hanya 6GB di generasi sebelumnya menjadi 8GB.

Sementara itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mempertahankan kapasitas RAM 8GB seperti pendahulunya.

3 dari 5 halaman

Peningkatan dari iPhone 15 Series

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang sudah didukung dengan Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Peningkatan RAM ini tentu akan berdampak positif pada performa keseluruhan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, terutama dalam hal multitasking.

Diyakini, peningkatan kapasitas RAM iPhone ini menjadi alasan ponsel baru milik perusahaan berbasis di Cupertino ini mendukung fitur Apple Intellegence secara optimal.

Di mana, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hanya akan mendapatkan fitur terbatas berbasis AI tersebut di dalam perangkat.

 

4 dari 5 halaman

Spesifikasi iPhone 16 Pro Series

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus resmi diperkenalkan Apple dalam event yang disiarkan secara langsung. (Dok: Apple)

iPhone 16 Pro hadir dengan hardware dan software yang mendukung fitur kecerdasan buatan Apple Intelligence. Apple Intelligence ini diklaim mampu memahami konteks pribadi yang memberikan kecerdasan untuk mendukung kebutuhan pengguna sekaligus melindungi privasi. 

HP ini hadir dengan empat opsi warna yakni Titanium Black, Nature Titanium, Tatinium White, dan Desert Titanium.  

Kinerja iPhone 16 Pro didukung chip A18 Pro, bahkan Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak menyebut iPhone 16 Pro series menjadi model iPhone tercanggih yang pernah dibuat Apple. 

Chipset ini hadir dengan teknologi 3-nanometer dengan dukungan Neural Engine 16-core. Kecepatan GPU-nya diklaim 20 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. 

Upgrade lain yang adalah kamera yang lebih canggih dengan kemampuan perekaman 4K 120 pada format Dolby Vision.

5 dari 5 halaman

Kamera iPhone 16 Pro dan Pro Max

Apple resmi meluncurkan iPhone dan iPhone 16 Plus yang sudah mendukung Apple Intelligence. (Dok: Apple)

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan kamera Fusion 48MP, kamera ultra-wide 48MP, dan kamera telephoto 5MP. 

Khusus iPhone 16 Pro hadir dengan layar 6,3 inci. Sementara iPhone 16 Pro Max memiliki layar 6,9 inci. Layar tersebut didukung teknologi Super Retina XD dan fitur Always On serta dukungan ProMotion. 

Pada iPhone 16 Pro, Apple juga menempatkan tombol Camera Control yang baru di salah satu sisi bodinya. Tombol ini bisa jadi shortcut untuk membuka kamera dengan cepat, menjepret foto, merekam video, mengganti mode kamera, dan lain-lain dengan interaksi sentuhan. 

Tombol Camera Control juga menghadirkan kecerdasan visual untuk membantu pengguna mempelajari objek dan tempat dengan lebih cepat. 

Ketersediaannya akan dimulai tahun depan di negara dan wilayah yang didukung Apple Intelligence. 

Berbekal Apple Intelligence, tombol Control Camera ini juga bisa memunculkan jam buka atau rating restoran yang fotonya dijepret oleh pengguna. 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.