Sukses

Perjalanan Startup Master Bagasi hingga Bisa Kirim Puluhan Ribu Paket ke Mancanegara

Sebagai platform cross-border e-commerce buatan Indonesia, Master Bagasi memungkinkan pengguna untuk berbelanja produk-produk asli Indonesia dan mengirimkannya langsung ke berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta - Diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh dunia menjadi peluang emas untuk memperkenalkan produk-produk dalam negeri ke pasar global.

Melihat potensi ini, startup lokal Master Bagasi hadir sebagai solusi bagi para perantau yang ingin menikmati cita rasa Indonesia sekaligus mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tanah Air.

Sebagai platform cross-border e-commerce buatan Indonesia, Master Bagasi memungkinkan pengguna untuk berbelanja produk-produk asli Indonesia dan mengirimkannya langsung ke berbagai negara.

Fitur pengiriman yang terintegrasi diklaim akan membuat proses belanja menjadi lebih mudah dan efisien.

“Master Bagasi bukan hanya sekadar platform jual beli, tetapi juga menjadi jembatan yang menghubungkan diaspora dengan kampung halamannya,” kata Founder dan CEO Master Bagasi, Amir Hamzah, melalui keterangannya, Selasa (17/9/2024).

Sejak diluncurkan tiga tahun lalu, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 20.000 kali di 110 negara dan berhasil mengirimkan puluhan ribu paket berisi produk-produk Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Promosikan UMKM Lokal

Salah satu fitur unggulan Master Bagasi adalah 'Jelajah Nusantara'. Fitur ini memungkinkan pengguna menjelajahi berbagai produk UMKM dari seluruh provinsi di Indonesia melalui peta digital interaktif.

Dengan begitu, diaspora dapat dengan mudah menemukan dan membeli produk-produk khas daerah yang mereka rindukan.

"Kami berharap fitur ini dapat meningkatkan daya saing produk UMKM Indonesia dan memperluas pasarnya ke kancah internasional," ucap Hamzah.

 

3 dari 4 halaman

Gastrodiplomasi Lewat Kuliner

Selain mempromosikan produk UMKM, Master Bagasi juga berperan penting dalam gastrodiplomasi--diplomasi publik yang menggunakan makanan sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya dan kekayaan kuliner suatu negara kepada negara lain.

Dengan menghadirkan beragam kuliner khas Indonesia, platform ini turut memperkenalkan kekayaan budaya dan cita rasa Indonesia kepada dunia.

"Rendang, rawon, dan pisang goreng adalah beberapa contoh kuliner Indonesia yang sudah mendunia. Melalui Master Bagasi, kami ingin semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai surga kuliner," Hamzah memungkaskan.

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini