Sukses

Dong Nguyen Buka Suara: Tidak Terlibat dalam Rilis Ulang Flappy Bird

Flappy Bird, game legendaris yang sempat menjadi fenomena, akan kembali dirilis pada tahun 2025. Namun, kali ini tanpa keterlibatan kreator aslinya, Dong Nguyen. Apa saja yang baru dalam game ini?

Liputan6.com, Jakarta - Internet digemparkan oleh kabar game legendaris Flappy Bird akan kembali dirilis pada tahun depan. Game pernah menjadi fenomena global ini ternyata tidak akan diluncurkan oleh sang kreator, Dong Nguyen, melainkan oleh The Flappy Bird Foundation.

Banyak gamer menyambut gembira kabar ini, tetapi ada jjuga yang mempertanyakan mengapa Dong Nguyen tidak terlibat dalam proyek ini.

Melalui akun media sosial (medsos) X miliknya, kreator Flappy Bird akhirnya angkat bicara setelah hampir 7 tahun absen dari dunia maya.

"Tidak, saya tidak ada hubungannya dengan game mereka. Saya tidak menjual apa pun. Saya juga tidak mendukung kripto," tulis Dong Nguyen dalam postingan di X, Senin (16/9/2024).

Cuitan ini memperjelas, Nguyen sama sekali tidak terlibat dalam kembalinya game tersebut. The Flappy Bird Foundation sendiri mengklaim telah mengakuisisi hak cipta dari Gametech Holding, LLC, yang sebelumnya berhasil memenangkan sengketa merek dagang Flappy Bird.

Gametech mengajukan gugatan terkait merek dagang Flappy Bird pada tahun 2023, setelah hampir satu dekade game tersebut dihapus dari toko aplikasi oleh Dong Nguyen,” ujar akun Samperson di X, sebagaimana dilansir The Verge.

Kantor Paten dan Merek Dagang AS akhirnya memutuskan untuk mengakhir klaim atas hak dagang game ini pada Januari 2024, membuka jalan bagi The Flappy Bird Foundation untuk melanjutkan proyek ini tanpa keterlibatan kreator aslinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghadirkan Nostalgia dengan Sentuhan Modern

Ubergizmo.com

Meski Dong Nguyen tidak ikut terlibat, Flappy Bird Foundation berencana untuk menghadirkan nostalgia yang dirasakan pemain di tahun 2014, dengan beberapa peningkatan baru.

Dalam trailer pengumumannya, mereka membahas fitur-fitur baru yang dihadirkan serta mengungkap kekecewaan mereka karena game ini menghilang secara tiba-tiba.

"Kami akan menghidupkan kembali Flappy Bird dengan lebih banyak fitur dan inovasi. Tahun 2025, Flappy Bird akan terbang lagi," tulis pernyataan resmi mereka.

Namun, ada elemen yang cukup kontroversial: kabar bahwa game ini akan memasuki ranah web 3.0 dengan dukungan teknologi blockchain dan kripto.

Halaman tersembunyi di situs web Flappy Bird yang diungkap oleh peneliti keamanan siber Varun Biniwale menunjukkan kemungkinan integrasi dengan platform Solana dan mengajak pemain untuk “membangun, membuat, bermain, dan mempertaruhkan kepemilikannya.”

Untuk saat ini, Flappy Bird dijadwalkan rilis pada 2025 dan akan tersedia di platform iOS dan Android. Apakah game ini mampu mengembalikan popularitasnya seperti dulu, atau integrasi dengan kripto akan mempengaruhi kesuksesannya?

3 dari 4 halaman

Flappy Bird Bangkit Lagi dari Kubur

Flappy Bird kembali bagkit dari kubur! Para penggemar game mobile fenomenal tahun 2013, Flappy Bird, punya alasan untuk merayakan kembalinya gim tersebut.

Mengutip The Verge, Jumat (13/9/2024), tim bernama The Flappy Bird Foundation Group telah mendapatkan hak atas game ini dan berecana untuk merilis ulang game tersebut di Android dan iOS pada tahun 2025.

Dalam cuitan dari akun resmi Flappy Bird di media sosial X, game ini mengumumkan kembalinya dengan semangat. "Saya kembali! Satu dekade lalu, saya menjadi perbincangan di kota dan mencapai tingkatan baru bersama 100 juta teman saya."

"Sedihnya, saya harus meninggalkan ketenaran dan sorotan untuk pulang ke rumah dan mencari tahu siapa saya sebenarnya," tulis cuitan di akun X Flappy Bird.

Akun itu menjelaskan, "terima kasih kepada penggemar berat Flappy Bird, saya menjadi segar, segar kembali, dan siap untuk terbang kembali."

 

4 dari 4 halaman

Apa Fitur Baru di Flappy Bird?

Game platform fenomenal yang memancing emosi, Flappy Bird, akan kembali hadir dalam bentuk Arcade.

Nguyen sempat menyatakan minatnya untuk meluncurkan kembali game tersebut kala itu, tetapi peraturan App Store melarang penggunaan nama aplikasi sama setelah dihapus menjadi kendala besar.

Game baru Flappy Bird ini menjanjikan untuk tetap mempertahankan pesona klasik game fenomenal tersebut, sembari memperkenalkan fitur baru yang menarik.

Adapun pembaruan direncanakan termasuk mode permainan baru, karakter baru, dan opsi multiplayer. Berdasarkan informasi di situs resminya, pengembang sudah menyiapkan beberapa hal menarik.

Di game Flappy Bird baru nantinya, pemain bisa bersaing denga 99 pemain lainnya di mode "rivals” atau mencoba tantangan menembak burung melalui ring basket. Ada beberapa karakter baru juga, seperti “Peng” si penguin, dan “Quirky” dengan motif mohawk pelangi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.