Sukses

Sumatera Barat Rebut Emas PUBG Mobile di PON XXI 2024, Ungguli DKI Jakarta dengan Selisih 1 Poin

Sumatera Barat secara dramatis meraih medali emas di nomor PUBG Mobile cabor Esports PON XXI 2024, mengalahkan tim favorit DKI Jakarta dengan selisih tipis satu poin. Kemenangan ini menjadi kejutan besar dan menunjukkan persaingan ketat di dunia esports Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan PUBG Mobile di cabang olahraga (cabor) esports PON XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara berlangsung sangat dramatis dan mendebarkan.

Tampil sebagai kuda hitam, tim Sumatra Barat berhasil membalikkan keadaan dan meraih medali emas, mengungguli tim esports favorit DKI Jakarta dengan selisih hanya satu poin.

Kemenangan Sumatera Barat ditentukan setelah mereka berhasil mengumpulkan 131 total points, termasuk 2 win win chicken dinner dan 84 eliminations.

Meskipun DKI Jakarta tampil gemilang dengan 3 win win chicken dinner dan 89 eliminations, mereka harus puas di posisi kedua dengan total 130 total points.

Klasemen terakhir menunjukkan betapa ketatnya persaingan di nomor PUBG Mobile ini. Medali perunggu diraih oleh tim Bali yang berhasil mengumpulka 77 total points.

Kemenangan dramatis tim esports Sumbar ini disambut dengan gemuruh tepuk tangan penonton yang memadati Medan International Convention Center (MICC).

Perwakilan kontingen Sumbar, Adhytra Cipta Ramadhana, mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian atlet PUBG Mobile Sumatera Barat yang berhasil membawa pulang medali emas.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari semangat juang yang ditungjukkan oleh atlet PUBG Mobile Sumbar," katanya. "Kita menargetkan dua medali emas pada nomor MLBB dan Lokapala."

"Kompetisi ketat namun tetap menjunjung sportivitas ini mencerminkan peta persaingan positif di nomor gim PUBG Mobile," kata Sekjen PB ESI, Frengky Ong.

Ia optimistis Indonesia akan terus memiliki atlet-atlet berkualitas tinggi dan berprestasi di kompetisi internasional.

Kemenangan Sumatera Barat ini menjadi kejutan besar di PON XXI 2024 dan menunjukkan peta persaingan esports di Indonesia semakin ketat. Selamat untuk tim Sumatera Barat!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jabar Bawa Pulang Emas Esports Free Fire di PON XXI Aceh-Sumatra 2024

<p>Tim esports Free Fire Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Papua saat menerima medali di PON XXI Aceh-Sumatra 2024. (Doc: PB ESI)</p>

Sejarah baru terukir di dunia esports Indonesia. Tim esports Free Fire Provinsi Jawa Barat berhasil meraih medali emas pertama di cabang olahraga (cabor) esports pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra 2024.

Sorak sorai penonton membahana di Medan International Convention Center, saat tim Jabar meraih hattrick booyah di pertandingan Free Fire yang berjalan panas tersebut.

Tim yang dikapteni oleh Irgi "Geday” Ramdani ini tampil memukau sejak hari pertama pertandingan. Tim esports Jabar berhasil mengumpulkan total 212 poin, unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Sulawesi Selatan, yang meraih 161 poin.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para pendukung kami, khususnya warga Jawa Barat yang telah memberika kepercayaan dan mendukung kami sampai akhirnya bisa menyumbang medali emas di PON XXI Aceh-Sumut," kata Irgi dalam keterangan resmi, Senin (16/9/2024).

3 dari 4 halaman

Tim Jabar Diisi Atlet Esports Profesional

<p>18 Tim Esports Siap Tanding di Free Fire World Series Global Finals 2024 di Brasil. (Doc: Garena)</p>

Kemenangan Jawa barat tak lepas dari peran para pemain bintang yang mengisi tim ini, seperti Raihan Faelani, Muhammad Azriel Maulana, Sulthan Syah Abadi Putra, adn Ridho Alfian Ramadan.

Mereka adalah pemain profesional yang telah malang melintang di kancah esports Free Fire, membela tim-tim besar seperti Evos Divine, Kagendra, Bigetron Delta, dan MBR Epsilon.

Selain itu, duet pelatih Christian "Chrisjo" Jonathan Pascoal dan Arif "AK" Kurniawan juga menjadi kunci sukses Jawa Barat. Chrisjo dan AK adalah pelatih berpengalaman yang telah menukangi tim-tim papan atas di game besutan Garena tersebut.

4 dari 4 halaman

Persaingan Esports Kini Sudah Merata di Seluruh Indonesia

Ilustrasi seorang pria sedang bermain Free Fire. (itsovetnik/Shutterstock)

Bagi Chrisjo dan Ridho Alfian, medali emas ini menambah koleksi prestasi mereka setelah sebelumnya meraih trofi di Free Fire World Series (FFWS) Indonesia 2024 Fall. Kemenangan di FFWS tersebut juga mereka raih saat bertanding di Bandung, Jawa Barat, provinsi yang mereka wakili di PON XXI.

"Ini adalah catatan spesial bagi kami di kontingen Jawa Barat," ujar Chrisjo. "Semoga capaian ini menjadi awal dari masa depan yang cerah bagi tim esports Provinsi Jawa Barat."

Rasa bangga juga diucapkan oleh Frengky Ong, Sekretaris Jenderal PB ESI, melihat penampilan dari seluruh tim Free Fire yang berlaga di PON XXI ini.

"Persaingan di seluruh nomor game, termasuk di nomor Free Fire sangat merata. PB ESI bangga menyaksikan fakta ini, karena menunjukkan inklusivitas esports semakin tinggi, tidak hanya terbatas pada tim-tim dari Pulau Jawa saja," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.