Sukses

Deretan Produk Apple yang Setop Produksi setelah iPhone 16 Rilis, Apa Saja?

Berikut adalah deretan produk Apple yang disetop produksinya setelah iPhone 16 Series rilis.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Apple merilis iPhone 16 series beserta deretan produk wearable mereka. Mulai dari dua model AirPods 4, AirPods Max dengan dukungan USB type C, dan Apple Watch Series 10 yang hadir dengan desain baru.

Tahukah kamu, ketika perangkat-perangkat terbaru Apple dirilis, model-model lawas mulai dihentikan produksinya.

Hal ini menjadi tradisi sejak iPhone XS dan iPhone XR dirilis pada 2018, Apple menghentikan produksi iPhone flagship mereka, setahun setelah perangkat tersebut diluncurkan.

Kini, setelah iPhone 16 Series dirilis, produk apalagi yang dihentikan produksinya oleh Apple? Simak informasinya sebagaimana dikutip dari 9to5Mac, Rabu (17/9/2024):

1. iPhone 15

Usai iPhone 16 Series dirilis, sejumlah perangkat Apple akhirnya disetop produksinya. Misalnya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Padahal, dua smartphone flagship ini baru diluncurkan setahun yang lalu.

Kemungkinan alasannya karena produk iPhone 15 Pro dan Pro Max ini karena keduanya cukup mirip dengan iPhone 16 Series. Apple pun mungkin lebih ingin pengguna membeli salah satu produk entry level mereka ketimbang membeli iPhone 15 Pro Series.

Untuk pasar Amerika Serikat sendiri, iPhone 15 Pro Series sudah dihentikan penjualannya di toko online. Meski begitu, produk ini masih bisa dibeli di Apple Store fisik dengan diskon USD 100, hingga iPhone 16 Series dijual di toko pada 20 September mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. iPhone 13

Apple memperkenalkan iPhone 13 pada 2021 dengan sederetan peningkatan dari versi sebelumnya. Mulai dari baterai yang lebih tahan lama, kamera baru, dan notch yang lebih kecil.

Produk ini dibanderol mulai dari USD 799 dan selama beberapa waktu terakhir, Apple terus memangkas harga produk ini. Kini, di pasar Amerika Serikat, iPhone 14 mengambil tempat iPhone 13 untuk smartphone yang dibanderol di harga USD 599.

3. Apple Watch Series 9

Kali ini Apple tidak meluncurkan Apple Watch Ultra 3 atau Apple Watch SE 3, namun Apple merilis Apple Watch Series 9. Jam tangan ini memiliki layar lebih besar, speaker lebih baru, dan warna Jet Black terbaru.

Apple juga mengubah material Stainless Steel dengan material titanium baru di Apple Watch Series 10 ini. Biasanya, Apple Watch versi sebelumnya masih tersedia namun tidak dengan Apple Watch Series 9 setelah versi terbaru diluncurkan.

Bukan hanya itu, model Apple Watch Series 10 yang dijual di Amerika Serikat juga tak akan memiliki kapabilitas pemantauan oksigen dalam darah. Perubahan ini dimulai dengan Apple Watch Series 9 pada Desember 2023.

3 dari 4 halaman

4. AirPods 2 dan 3

Apple merilis AirPods Max terbaru kemarin dengan sejumlah opsi warna baru dan konektivitas USB type C. Material perangkat keras ini cukup identik dengan AirPods Max dan headphone versi original tersebut sudah disetop produksinya seiring dengan kehadiran versi AirPods Max terbaru.

AirPods Max dengan USB type C sendiri dibanderol dengan harga cukup mahal meski tak didukung fitur Adaptive Audio. Perangkat ini juga hadirkan noise cancellation yang lebih baik dibanding AirPods Pro versi terbaru.

 

 

4 dari 4 halaman

5. AirPods 2 dan 3

Apple memperkenalkan AirPods 2 pada 2019 dan terus menjual perangkat ini setelah merilis AirPods 3 pada 2021 silam. Meski begitu, Apple memperkenalkan pengganti untuk kedua model, yakni varian AirPods 4 Series.

Peningkatan AirPods 4 ada di fitur Spatial Audio, chip H2, dan desain yang lebih baru. AirPods 4 juga memiliki tangkai lebih panjang dan punya dukungan fitur active noise cancellation. Versi AirPods 4 dengan active noise cancellation ini dijual mulai dari USD 179.

6. Case iPhone FineWoven

Apple juga menghentikan produksi case iPhone FineWoven yang debut bersama dengan iPhone 15 tahun lalu. Produk casing ini diklaim sangat ramah lingkungan sebagai pengganti material kulit.

Kini, iPhone 16 tak lagi menggunakan casing dari material FineWoven. Meski begitu, Apple tetap hadirkan dompet MagSafe FineWoven hingga strap untuk Apple Watch.

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.