Sukses

Review Realme 13 Pro+ 5G: HP Rp 6,9 Jutaan dengan Lensa Telefoto Periskop

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui performa Realme 13 Pro+ 5G, terutama kemampuan kameranya yang hadir dengan lensa telefoto periskop.

Liputan6.com, Jakarta - Realme 13 Pro+ 5G telah resmi diperkenalkan Realme sebagai smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Dibanderol Rp 6,9 jutaan, ponsel ini menawarkan kemampuan lensa telefoto periskop yang dipadukan dengan dukungan AI.

Adapun teknologi lensa telefoto periskop di Realme 13 Pro+ ini menggunakan Dual Sony Lenses yang dipadukan teknologi HYPERIMAGE+. Kombinasi keduanya pun disebut bisa menghasilkan kualitas foto yang apik.

Perlu diketahui, smartphone ini memiliki kamera utama dengan sensor Sony LYT-701 yang pertama di industri smartphone saat ini. Sensor itu berukuran 1/1.56 inci dan telah didukung OIS (Optical Image Stabilization).

Sementara untuk kebutuhan zoom, kamera utama Realme 13 Pro+ 5G dipasangkan dengan lensa telefoto periskop bersensor Sony LYT-600 dengan resolusi 50MP.

Kombinasi keduanya menghasilkan kemampuan 3x optical zoom dan 6x in-sensor zoom.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal langsung kemampuan kamera dari smartphone Realme terbaru ini. Secara umum, hasil foto yang diberikan smartphone ini memang terbilang mumpuni di kelas harganya.

Kami menjajal kemampuan kamera Realme 13 Pro+ 5G ini di beberapa kondisi, terutama untuk menangkap hasil potret yang memang disebut jadi andalan dari HP Realme ini.

Tak lupa, kami juga memanfaatkan fitur AI di HP Realme ini untuk meningkatkan hasil foto agar bisa sesuai kebutuhan. Tanpa berlama-lama, berikut ini beberapa hasil tangkapan kamera Realme 13 Pro+.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hasil Foto Kamera Realme 13 Pro+ 5G

Berdasarkan beberapa kali pengambilan gambar, kualitas hasil foto dari Realme 13 Pro+ 5G terbilang baik. Warna yang dihasilkan cukup akurat, meski di beberapa kondisi terlihat sedikit lebih pucat. 

Detail untuk pengambilan gambar di kondisi cukup cahaya harus diakui sangat baik. Hasil foto pun terlihat natural dan memuaskan. 

Bisa dikatakan, pengalaman mengambil foto dengan smartphone ini terasa solid. Berikut adalah beberapa hasil foto kamera Realme 13 Pro+ 5G. 

Hasil Foto Kamera Belakang Realme 13 Pro+ 5G

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

<p>Hasil kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Saat diajak untuk mengambil gambar di kondisi malam hari, hasil fotonya pun terbilang sangat baik. Hasil foto tampil detail, dengan separasi wilayah gelap dan terang yang terasa pas. Berikut beberapa hasilnya. 

<p>Hasil kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

3 dari 5 halaman

Uji Kemampuan Portrait

Kami juga menjajal kemampuan Realme 13 Pro+ 5G untuk menangkap gambar potret. Ada dua mode yang ditawarkan smartphone ini, yakni 1x dan 3x. 

Berbekal dua mode tersebut, pengguna pun bisa lebih leluasa untuk menghasilkan foto sesuai dengan kebutuhan. Jika dirasa kurang, pengguna dapat memanfaatkan mode foto Auto untuk mendapatkan opsi lain, seperti 1x, 2x, 3x, dan 6x. 

Secara keseluruhan, hasil foto dari kamera ini sangat memuaskan. Detail wajah dan warna kulit bisa ditampilkan dengan baik. 

Hasil antara mode Portrait dan Auto juga sama apiknya. Yang membedakan, dengan mode Portrait, efek bokeh yang diperlihatkan lebih kuat.

Untuk melihat beberapa hasil foto dari kamera Realme 13 Pro+ 5G ini, berikut beberapa di antaranya : 

Mode Portrait 1x dan 3x

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Mode Auto 1x, 2x, 3x

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto Portrait di Malam Hari

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto Portrait dalam Grup

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Kemampuan Lensa Telefoto Realme 13 Pro+ 5G (0,5x, 1x, 2x, 3x, 6x)

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ 5G (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

4 dari 5 halaman

Jajal Fitur Fotografi AI

Realme 13 Pro+ 5G pun telah dibekali dengan sejumlah fitur AI untuk mendukung kreativitas dalam fotografi, termasuk meningkatkan kualitas hasil foto. 

AI Ultra Clarity

Salah satu fitur AI yang dihadirkan adalah AI Ultra Clarity. Seperti namanya, fitur ini menghadirkan peningkatan resolusi yang signifikan serta memperbaik kejernihan gambar yang buram.

Fitur ini sebenarnya tidak hanya mampu meningkatkan kualitas gambar modern, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk merestorasi foto-foto lama yang telah kehilangan detailnya.

Untuk sekarang, fitur AI Ultra Clarity memang masih dalam tahap beta, tapi kemampuannya saat ini sudah bisa diandalkan. Ke depannya, fitur ini juga akan terus ditingkatkan kemampuannya.

Meski masih beta, hasil peningkatannya sudah terlihat. Beberapa detail yang kurang jelas di sebuah foto berhasil ditampilkan dengan baik. 

Foto Asli

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Usai Ditingkatkan dengan AI Ultra Clarity

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

AI Group Photo Enhance

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah AI Group Photo Enhance. Dengan fitur ini, kejernihan wajah di subjek foto grup akan dioptimalkan, sehingga detail wajah tetap terlihat jelas.

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

AI Smart Removal

Terakhir, ada fitur AI Smart Removal yang bisa dipakai untuk menghapus objek dalam foto. Dengan demikian, hasil foto bisa lebih disesuaikan dengan keinginan.

Selama beberapa kali pemakaian, kami merasa fitur ini bisa diandalkan. Hasilnya pun terlihat cukup rapi dan bisa dengan tepat mengenali objek yang ingin dihapus.

Foto Sebelum AI Smart Removal

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>Foto Sesudah AI Smart Removal

<p>Hasil foto kamera belakang Realme 13 Pro+ (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

5 dari 5 halaman

Performa

Dipersenjatai chipset Snapdragon 7s Gen 2, performa smartphone ini harus diakui cukup memuaskan. Selama pemakaian normal, seperti chatting, media sosial, menonton YouTube, kami tidak merasakan ada kendala sama sekali.

Sebagai informasi, pengujian dengan memanfaatkan aplikasi Geekbench mencatat skor 2.600-an untuk multi-core, sedangkan di single-core mendapatkan skor 950-an.

Memiliki layar 6,7 inci dengan bodi belakang yang dibalut vegan leather, kami merasa Realme 13 Pro+ 5G masih nyaman digenggam, khususnya dengan satu tangan. Bodi belakangnya pun tidak licin dan bersih dari sidik jari.

Dengan desain yang terinspirasi dari karya legendaris Monet, tampilan perangkat ini memang terlihat elegan dan premium. Apalagi, desain layar melengkung kian menguatkan kesan mewah perangkat ini.

Selain desain yang tampil apik, Realme juga membekali smartphone ini dengan sertifikasi IP65 sebagai perlindungan tambahan.

Didukung baterai berkapasitas 5.200mAh, berdasarkan pengalaman, Realme 13 Pro+ 5G kuat untuk diajak beraktivitas seharian. Ditambah, kemampuan fast charging 80W membuat waktu menunggu pengisian baterai tidak terasa lama.

HP Realme ini menjalankan Realme UI 5.0 berbasis Android 14 yang dibekali dengan sejumlah fitur untuk mempermudah penggunaan. Salah satunya adalah AI Smart Loop yang bisa dipakai untuk melakukan aktivitas lebih cepat.

Kesimpulan

<p>Realme 13 Pro+ yang telah diperkenalkan untuk pasar Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Secara keseluruhan, Realme 13 Pro+ 5G yang dibanderol Rp 6,9 jutaan harus diakui smartphone yang bisa diandalkan penggunanya untuk melibas berbagai aktivitas.

Hal itu bukannya tanpa alasan, karena perangkat ini memiliki baterai besar dengan kemampuan fast charging yang mumpuni, layar menawan, performa yang apik.

Ditambah, ada sertifikasi IP65 yang mungkin jarang ditemui di perangkat sekelas. ini bisa menjadi nilai tambah. 

Seluruh hal tersebut dipadukan dengan kemampuan kamera yang mengagumkan bisa menjadi paket lengkap untuk pengguna.

Kendati demikian, untuk catatan, smartphone ini masih menggunakan Snapdragon 7s Gen 2 yang sebenarnya juga digunakan Realme 12 Pro+ 5G. Namun harus diakui, performanya masih bisa diandalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.