Sukses

Ini Fitur AI di Vivo V40 yang Jadi Favorit Fotografer Profesional Rendha Rais

Fotografer profesional Rendha Rais mengungkap fitur AI favoritnya yang hadir di Vivo V40 untuk menghasilkan karya foto yang bagus. Apa saja?

Liputan6.com, Munich - Sejumlah vendor smartphone belakangan ini terus bersaing untuk menghadirkan fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial Intelligence/AI). Tak sekadar gimmick, mereka manyuguhkan fitur AI di dalam smartphone untuk mendukung aktivitas harian pengguna, seperti fotografi.

Salah satu penyedia smartphone yang fokus menggeber fitur AI adalah Vivo, di mana perusahaan mulai menyematkannya untuk ponsel kelas menengah--terbaru Vivo V40 series.

Sejumlah fitur AI yang tersedia di Vivo V40, antara lain AI 3D Studio Lighting, yaitu Aura Light yang menghasilkan cahaya tiga dimensi tidak hanya di malam hari, tetapi juga di lingkungan yang terlalu banyak cahaya untuk meredam backlight pada background foto.

Lalu, ada fitur AI Eraser untuk menghapus beberapa objek yang mengganggu atau tidak diinginkan pada foto. Ditambah AI Facial Contouring Technology untuk memastikan selfie yang realistis, mengatasi masalah distorsi wajah dan merapihkan garis rambut.

Terkait AI pada ponsel, fotografer profesional Rendha Rais menilai tren ini tak dipungkiri dapat memudahkan pengguna dalam menghasilkan karya foto yang bagus.

Salah satu fitur AI favorit Rendha di Vivo V40 adalah AI Eraser. Ia menjelaskan fitur ini sangat berguna untuk menghapus objek mengganggu pada foto secara instan.

"Berkat AI Eraser, gue enggak perlu lagi pakai software editing buat menghilangkan objek mengganggu pada foto. Di Vivo V40, cukup pilih opsi Edit pada foto, lalu tab AI Eraser dan lingkarkan objek yang ingin dihapus. Seketika objek itu akan hilang. Fitur ini ajaib banget sih," ujar Rendha kepada Tekno Liputan6.com di Munich, Jerman, Jumat (19/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fotografer Harus Adaptasi dengan Teknologi Terbaru, Termasuk AI

<p>Vivo V40 hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Chrome Purple, Platinum Silver, dan Ceramic Peach. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Ia menambahkan, dengan bantuan AI, semua orang bisa menghasilkan foto bagus layaknya fotografer profesional. "Menghasilkan foto bagus dengan bantuan AI, menurut gue sah-sah aja asal tidak mengganggu atau membajak karya cipta orang lain," ucap Rendha.

DI sisi lain, sebagai seorang fotografer, ia mengaku harus beradaptasi dengan teknologi terbaru, termasuk AI.

"Jadi enggak ada tuh anggapan bahwa AI bakal mengancam profesi fotografer. Asalkan kita mampu beradaptasi, AI malah bisa jadi alat bantu yang berfungsi untuk mendongkrak kreativitas gue dalam berkarya," Rendha memungkaskan.

3 dari 4 halaman

Vivo V40 Lite Siap Hadir di Indonesia

Penampakan Vivo V40 Lite yang siap meluncur untuk pasar Indonesia. (Dok: Vivo Indonesia)

Di sisi lain, Vivo memastikan akan meluncurkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia yakni Vivo V40 Lite. Smartphone ini menambah daftar lini V40 yang sudah rilis lebih dulu.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (20/9/2024), Vivo V40 Lite disebut membawa perpaduan inovatif antara teknologi dan desain menawan. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan beragam fitur AI.

"Vivo menghadirkan Vivo V40 Lite sebagai smartphone yang menggabungkan teknologi mutakhir dengan desain premium, menghadirkan pengalaman baru di segmen mid-range," tutur Product Manager Vivo Indonesia Gilang Pamenan.

Beberapa fitur AI unggulan yang ditawarkan varian Vivo V40 ini di antaranya adalah AI Erase dan AI Aura Light Portrait. Seperti namanya, AI Erase mampu menghilangkan objek yang tidak diinginkan dengan mudah dan alami.

4 dari 4 halaman

Vivo V40 Lite Disertai Fitur AI

<p>Vivo V40. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Vivo pun mengklaim hasil edit dari fitur ini tidak akan meninggalkan jejak yang mencolok. Karenanya, hasil yang ditampilkan pun objek yang dihapus terlihat memang tidak pernah ada.

Sementara AI Aura Light Portrait bisa mempermudah pengguna menciptakan konten visual yang memukau. Beda dari flash yang kadang menghasilkan cahaya keras dan kurang alami, fitur ini memberikan efek cahaya lebih dramatis dan merata.

Melalui fitur ini pula, pengguna V40 Lite disebut bisa menciptakan potret menawan dengan efek pencahayaan artistik layaknya pemotretan studio.

Tidak hanya itu, ada pula fitur AI Photo Enhance. Dengan fitur ini, foto-foto lama bisa diperbaiki secara otomatis, mulai dari meningkatkan ketajaman, memperbaiki warna yang memudar, hingga menghilangkan noda dan goresan.

Selain menghadirkan sejumlah fitur AI, Vivo juga melakukan inovasi dari sisi desain. Hal itu diwujudkan dalam tiga pilihan warna yakni titanium silver, carbon black, dan pearl violet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini