Sukses

Google Photos Kini Bisa Jadi Editor Video Canggih Berkat AI

Google berusaha menjadikan Google Photos sebagai pusat untuk mengelola semua foto dan video, simak selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Google Photos kini menjadi sangat pintar berkat pembaruan besar yang mulai diluncurkan. Upgrade ini hadir dengan fitur-fitur canggih seperti alat editing berbasis AI, preset, dan antarmuka pengguna yang lebih sederhana.

Semua ini dirancang buat membantu kamu mengubah klip menjadi video siap tonton.

Dikutip dari Android Police, Selasa (24/9/2024), dalam sebuah postingan di situs dukungan Photos, Google menjelaskan bahwa AI menjadi pusat perhatian dalam pembaruan ini. Perusahaan berusaha menjadikan Google Photos sebagai pusat untuk mengelola semua foto dan video kamu.

Apa Saja yang Baru di Pembaruan Editor Video?

Pengguna bakal merasakan tata letak yang lebih rapi di editor video, dengan alat editing yang paling umum digunakan tersedia dengan mudah.

Fitur-fitur baru ini termasuk alat pemangkasan yang lebih akurat, alat pengaturan kecepatan, dan tombol auto-enchance untuk memperbaiki warna serta menstabilkan video yang goyang. Kamu juga bisa membisukan video hanya dengan sekali tap.

Dan tentunya, karena ini adalah Google, pembaruan tersebut dilengkapi dengan alat berbasis AI. Alat ini berupa preset video yang bisa memotong video, mengatur pencahayaan, mengontrol kecepatan, dan menerapkan efek seperti pelacakan dinamis dan slow motion.

Google mengklaim bahwa alat pintar ini akan memberikan hasil yang tampak profesional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Bedanya dengan Editor Google Photos Sebelumnya?

Editor Google Photos yang lama tidak memiliki banyak kemampuan ini. Meski fungsional dan menawarkan alat pemangkasan serta stabilisasi dasar, namun tidak seakurat versi baru.

Dulu, tidak ada pengaturan kecepatan atau preset berbasis AI. Kebanyakan orang lebih milih menjadi editor video bawaan TikTok atau Instagram Reels untuk keperluan seru-seruan.

Dengan pembaruan ini, Google Photos berubah menjadi alat produksi video yang sangat kuat.

Masih belum ada informasi apakah bagian-bagian individual dari klip dapat diubah tanpa mempengaruhi seluruh klip. Belum jelas juga seberapa efektif preset AI ini.

Pembaruan Google Photos yang baru ini akan diluncurkan secara bertahap, mulai saat ini. Jadi, jangan lupa buat memeriksa pembaruan dalam beberapa hari ke depan, terutama menjelang tanggal rilis Android 15.

3 dari 4 halaman

Google Photos Punya Fitur Pencarian Foto dengan Gemini AI

Sebelumnya, Google mengumumkan pembaruan menarik untuk Google Photos yang menggunakan teknologi AI terbaru mereka, Gemini.

Fitur-fitur ini sekarang mulai tersedia dalam akses awal untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat (AS). Apa saja yang baru? 

Sekarang kamu bisa mencari foto dengan deskripsi yang lebih spesifik di Google Photos. Sebelumnya, kalau kamu ingin mencari foto yang hanya mengetik 'danau', hasilnya mungkin enggak terlalu memuaskan.

Dengan pembaruan ini, kamu bisa mengetik 'kayak di danau yang dikelilingi gunung' untuk dapat hasil yang lebih spesifik dan tepat pastinya.

Begitu juga dengan pencarian foto teman, misalnya 'Alice dan aku tertawa'. Fitur ini memudahkan untuk menemukan momen spesifik di antara ribuan foto yang ada di library cloud kamu.

Ask Photos: Chatbot Baru untuk Pencarian Foto

Fitur paling keren adalah Ask Photos, chatbot baru yang didukung oleh Gemini. Fitur ini akan muncul sebagai tab baru di aplikasi Photos-mu.

Kamu bisa bertanya menggunakan bahasa alami, seperti 'Tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang pernah aku kunjungi', dan chatbot ini akan menggunakan data lokasi untuk menemukan foto-foto dari taman-taman tersebut dan memilih yang terbaik.

Atau kamu bisa bertanya, 'Apa yang bisa kami makan di hotel Stanley?' atau 'Di mana kami berkemah terakhir kali di Yosemite?'

Ask Photos juga bisa merespons permintaan lanjutan. Jadi, kalau jawaban pertama tidak sesuai, kamu bisa meminta chatbot untuk memperbaiki hasil pencarian.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.