Sukses

Samsung Rilis Galaxy S24 FE dengan Kecerdasan Buatan Galaxy AI

Samsung akhirnya resmi merilis Galaxy S24 FE, versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Untuk pertama kalinya di seri FE, Samsung memboyong fitur kecerdasan buatan Galaxy AI. Yuk simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menghadirkan tiga model Galaxy S24 Series pada Juli lalu, Samsung kini memboyong versi lebih terjangkau dari flagship mereka yakni Samsung Galaxy S24 FE, lengkap dengan fitur kecerdasan buatan Galaxy AI.

Soal harga, Galaxy S24 FE bisa dipesan (pre-order) mulai 26 September 2024 hingga 3 Oktober 2024. Banderol harganya Rp 9.999.000 untuk versi RAM 8GB dan penyimpanan 128GB serta Rp 10.999.000 untuk RAM 8GB dan memori 256GB.

<p>Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy S24 FE, smartphone versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Perangkat ini hadir dengan harga Rp 9,9 jutaan dan menawarkan bezel layar dan bodi yang lebih tipis dibandingkan versi pendahulunya. Simak di sini informasi tentang pre-order dan bonus apa saja yang bisa kamu dapatkan. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Saat pre-order Galaxy S24 FE, konsumen bisa mendapatkan upgrade memori, casing silicon, hingga bundling eSIM paket data 60GB XL Axiata, serta cicilan 0 persen untuk pembelian dengan mitra bank.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, mengatakan, Galaxy S24 FE hadir dengan peningkatan di sejumlah aspek dibandingkan pendahulunya, Galaxy S23 FE.

<p>Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy S24 FE, smartphone versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Perangkat ini hadir dengan harga Rp 9,9 jutaan, Galaxy AI, dan dalam tiga opsi warna gray (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

"Galaxy S24 FE membawa peningkatan dalam sejumlah aspek, pertama Galaxy AI, kamera, hingga baterai dan performanya," tutur Ilham dalam sesi bersama media, di Jakarta.

Ilham menyebutkan, Samsung Galaxy S24 FE ini hadir menyasar segmen konsumen social expressers. Mereka adalah orang-orang yang senang mengunggah berbagai hal dalam kehidupan mereka ke media sosial.

<p>Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy S24 FE, smartphone versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Perangkat ini hadir dengan harga Rp 9,9 jutaan dan menawarkan bezel layar dan bodi yang lebih tipis dibandingkan versi pendahulunya. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

"Selain itu, Galaxy S24 FE juga menyasar orang-orang yang memang sudah pakai produk flagship Samsung yang lama dan ingin update device, mereka yang dulunya pengguna FE versi lalu, hingga anak-anak muda yang sebelumnya merupakan pengguna Galaxy A series namun ingin memperbarui perangkat," katanya.

Bicara tentang memenuhi kebutuhan konten, perangkat ini sudah dibekali tiga kamera di bodi belakang, yakni kamera wide angle 50MP, kamera telephoto 3x 8MP dengan OIS (f2.4), serta kamera ultra-wide 12MP (f2.2).

Galaxy S24 FE juga merupakan seri FE pertama yang didukung Pro Visual Engine yang mampu mengambil gambar dan video dengan lebih cerdas.

Smartphone ini resmi dirilis dengan Galaxy AI, fitur kecerdasan buatan Samsung yang diklaim akan memudahkan pengguna dalam membuat konten untuk diunggah di media sosial. Kehadiran Galaxy AI di Galaxy S24 FE merupakan yang pertama kalinya di seri Galaxy S FE.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Fitur Galaxy AI yang Dibawa di Galaxy S24 FE

Menurut Ilham, Samsung memboyong 12 fitur Galaxy AI ke smartphone ini baik yang tersimpan di cloud atau on-device atau tertanam perangkat. Fitur AI berbasis cloud antara lain adalah AI Composer, Portrait Studio, Sketch to Image, Circle to Search, Generative Edit, Chat Assist, dan Browsing Assist.

Sementara fitur AI on-device antara lain adalah Transcript Assist, Live Translate, PDF Overlay, Listening Mode, hingga Interpreter.

Ilham menyebut, sejauh ini Galaxy AI sejak dirilis di Galaxy S24 Series awal tahun lalu kian jadi fitur yang makin sering dipakai pengguna Samsung.

"19 persen pengguna Galaxy S24 Series aktif memakai Galaxy AI di perangkat mereka, sementara di foldable (Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6), lebih dari 27 persen yang menggunakan Galaxy AI," ia menuturkan.

Oleh karenanya, dengan menghadirkan Galaxy AI ke lebih banyak produk termasuk versi smartphone yang lebih terjangkau, Samsung berharap penggunaan Galaxy AI menjadi kebutuhan tersendiri bagi para pengguna.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy S24 FE

Galaxy S24 FE seperti tahun-tahun sebelumnya merupakan perangkat seri S yang hadir di rentang harga lebih terjangkau tetapi menawarkan pengalaman seperti flagship Galaxy S24 series.

Untuk hadirkan performa kencang dan mampu menjalankan AI, kali ini Samsung menggunakan chipset Exynos 2400e dengan fabrikasi 4nm. Kinerja chipset ini diklaim 2 kali lipat lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Tidak hanya itu, dibandingkan Galaxy S23 FE, Galaxy S24 FE didukung sistem pendingin vapor chamber yang 11 persen lebih besar.

Kapasitas baterainya juga ditingkatkan jauh dibandingkan versi yang lalu, menjadi 4.700mAH. Sementara pada versi Galaxy S23 FE, kapasitas baterainya 4.300mAH.

Dengan peningkatan ini, Galaxy S24 FE diklaim bisa membuat main game tak hanya lebih cepat, tetapi bodi ponsel lebih dingin dan masa pakai lebih panjang karena kapasitas daya lebih besar.

 

4 dari 4 halaman

Layar dan Desain

Layar Galaxy S24 FE juga ditingkatkan jadi 6,7 inci dibandingkan versi sebelumnya yang 'hanya' 6,5 inci. Layarnya juga memiliki tingkat kecerahan puncak 1.200 nits dengan dukungan Vision Booster untuk membuat tampilan kian baik.

Galaxy S24 FE juga membawa bodi lebih tipis yakni hanya 8 mm dengan bezel juga 20 persen lebih tipis. Perangkat ini menggunakan frame aluminium dan perlindungan layar dan bodi belakang sama-sama memakai Corning Gorilla Glass Victus.

Smartphone ini pun dibekali dukungan perlindungan air dan debu. Tak hanya itu, Galaxy S24 FE sudah didukung update sistem operasi dan update keamanan hingga 7 tahun. Ada tiga opsi warga Galaxy S24 FE yakni graphite, gray, dan blue.

Galaxy S24 FE juga terhubung ke ekosistem Galaxy meliputi Galaxy Watch Series, Buds 3 dan Buds 3 Pro, dan lainnya.

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.