Sukses

Siri Makin Pintar dengan Apple Intelligence, Tapi Harus Menunggu hingga Januari 2025

Apple resmi meluncurkan iOS 18.1 Public Beta dengan fitur Apple Intelligence. Sayangnya, Siri yang dilengkapi kemampuan AI secara total ini baru akan tersedia Januari 2025 melalui pembaruan iOS 18.3.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja merilis iOS 18.1 Public Beta, membawa sejumlah fitur baru berbasis kecerdasan buatan (AI) di Apple Intelligence. Meski masih fase beta, pembaruan ini menjadi langkah penting menuju peningkatan signifikan pada asisten virtual Siri.

Dalam update iOS 18.1 ini, Siri akan tampil lebih responsif dan cerdas. Fitur baru, seperti Writing Tools, Photos Clean Up, dan Notification Summaries juga turut hadir untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Namun, fitur paling dinantikan adalah perubahan besar-besaran pada Siri yang dipamerkan pada ajang WWDC 2024. Pembaruan ini akan membuat asisten virtual ini lebih intuitif dengan kemampuan memahami konteks dan bahasa pengguna lebih baik.

Menurut laporan Mark Gurman di Bloomberg, Rabu (25/9/2024),  versi baru Siri akan hadir melalui update iOS 18.3 dengan desain lebih segar dan fungsionalitas lebih dalam.

“Apple ingin menyelesaikan iOS 18.3 pada akhir tahun ini, menyiapkan panggung untuk rilis pada Januari 2025. Pembaruan iOS 18 terbesar setelah iOS 18.1 adalah iOS 18.4,” katanya.

Dalam iOS 18.4 ini, perusahaan akan menyertakan banyak fitur baru Siri yang dijadwalkan akan meluncur secara global pada bulan Maret 2025.

Selain desain baru, Siri juga akan terintegrasi dengan ChatGPT, memperkuat kemampuannya dalam penghasilan konteks teks dan respons interaktif.

Contohnya, jika seseorang mengirimkan alamat ke chat, pengguna bisa mengatakan “add this address” ke dalam informasi kontak.

Perubahan ini diharapkan akan membuat Siri semakin relevan dalam persaingan teknologi AI yang semakin ketat, memberikan pengguna Apple pengalaman interaksi yang lebih mulus dan alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apple Rilis iOS 18

Apple merilis update iOS 18 yang menghadirkan berbagai fitur dan kustomisasi baru untuk pengguna iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Apple resmi merilis iOS 18 untuk lebih banyak pengguna. Jika sebelumnya iOS 18 baru dirilis dalam versi Beta, hari ini, Apple menggulirkan sistem operasi terbarunya itu untuk seluruh pengguna iPhone yang perangkatnya dinilai layak mendapatkan update tersebut. 

iOS 18 menghadirkan cara baru untuk mempersonalisasi iPhone mereka dengan kustomisasi yang lebih dalam ke Home Screen dan Control Center.

Tidak hanya itu, buat iPhone-iPhone yang masih kebagian update iOS 18, aplikasi Photos di perangkat mereka juga mengalami perombakan. Jadi, mencari foto atau kustomisasi kian mudah. 

Apple juga hadirkan peningkatan besar untuk Message dan Mail. Bukan hanya itu, ke depannya update iOS 18.1 akan memperkenalkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan buatan yang menggabungkan AI generatif dan konteks pribadi. 

Dengan begitu, perangkat akan makin relevan bagi pengguna sekaligus melindungi privasi dan keamanan pengguna. 

Lalu, fitur-fitur apa saja yang baru dari update iOS 18:

3 dari 6 halaman

1. Home Screen Lebih Personal

<p>Tampilan iOS 18 Public Beta, di mana hadir dengan segudang fitur kustomisasi. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Tampilan iPhone kini tak akan sama lagi dengan teman, keluarga, atau orang lain. Apple mengizinkan pengguna pengguna iPhone untuk mengubah tata letak dan warna ikon aplikasi.

Agar tetap tertata rapih, ikon aplikasi di HP Apple akan tetap terkunci pada kisi tidak terlihat. Namun, pengguna memiliki kebebasan untuk membuat spasi, kolom, dan baris kosong di antara ikon aplikasi.

Hal baru lainnya di Home Screen iOS 18 adalah ikon aplikasi kini dapat memiliki tampilan gelap atau berwarna.

Yup, Anda dapat mengatur ikon aplikasi agar muncul dalam mode gelap atau terang, atau ikon tersebut juga dapat secara otomatis beralih berdasarkan apakah Anda telah mengaktifkan Dark Mode di HP iPhone.

4 dari 6 halaman

2. Ubah Kendali Lock Screen

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Punya Kamu Termasuk? (Doc: Apple)</p>

Pengguna iOS 18 kini dapat mengubah ikon di lock screen iPhone dengan hal lain, seperti Shortcuts, pemindai kode QR, Calculator, atau Dark Mode.

Sebagai tambahan, pengguna juga bisa menghilangkan ikon Senter di lock screen.

3. Kunci dan Sembunyikan Aplikasi

Salah satu pembaruan besar-besaran yang Apple perkenalkan di iOS 18 adalah fitur untuk mengunci aplikasi di iPhone.

Kini, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut menawarkan dua cara untuk melindungi aplikasi dan data sensitif ketika ada orang yang ingin pakai iPhone.

Pengguna bisa membuka aplikasi yang disembunyikan dan dikunci dengan menggunakan Face ID, Touch ID, atau passcode.

Saat mengaktifkan fitur baru ini, tidak ada informasi apa pun dari aplikasi muncul di tempat lainnya, termasuk Search, Siri, dan Notifikasi.

Dengan ini, pengguna dapat dengan tenang data atau informasi pribadi mereka akan bocor secara tidak sengaja.

5 dari 6 halaman

4. Control Center Didesain Ulang

<p>Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)</p>

Update iOS 18 lainnya memperkenalkan pembaruan Control Center dengan grup kontrol baru, dan bisa swipe ke bawah untuk mengakses Control Center Screen berbeda.

Nanti akan muncul Control Gallery yang menampilkan semua opsi di satu tempat, termasuk kontrol baru Music, Home, dan aplikasi favorit.

Anda juga bisa memilih untuk mengatur ulang, mengubah ukuran kontrol, atau membuat kontrol grup Anda sendiri sehingga semua dibutuhkan dengan sekali usap.

5. Aplikasi Passwords Baru

Apple akhirnya merombak fitur keychain password ke aplikasi Passwords. Dengan aplikasi bawaan baru ini, pengguna iPhone dapat dengan mudah menyimpan passcode, password, passkeys, password Wi-Fi, dan lainnya di satu tempat.

Agar lebih aman, Apple mengklaim aplikasi ini sudah mendukung end-to-end encryption dan tersinkronisasi ke perangkat Apple lainnya.

Jadi, bila Anda mengubah passcode Netflix, X Twitter, atau Facebook di iPhone diubah, maka akan ter-update ke seluruh perangkat Apple, seperti iPad dan Mac.

6 dari 6 halaman

6. Aplikasi Photo Dirombak

<p>Gelari Photos iPhone akan tampil lebih rapih dan pintar lewat pembaruan iOS 18. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Tampilan aplikasi Foto dirombak habis-habisan, di mana kini pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengenang momen spesial.

Kini, pengguna iPhone dapat mengkategorikan foto sesuai keinginan dan cukup swipe ke kanan untuk melihat album favorit atau feature.

Aplikasi baru Photos juga akan memperkenalkan fitur Collections, yang secara otomatis mengelompokkan foto berdasarkan Recent Days, Trips, dan People & Pets.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini