Sukses

Rilis Fitur AI di HP Rp 3 Jutaan, Vivo Mau Bawa AI ke Lebih Banyak Pengguna

Product Manager Vivo Indonesia Gilang Pamenan, mengatakan kehadiran fitur AI di smartphone Rp 3 jutaan ini sejalan dengan perkembangan inovasi AI yang terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Vivo V40 Lite resmi dirilis di Indonesia. Ada dua versi smartphone ini yang dirilis, yakni berjaringan 4G dan 5G.

Versi 4G smartphone ini dibanderol Rp 3,2 juta untuk RAM 8GB dan memori internal 128GB. Versi lain hadir dengan harga bervariasi sesuai kapasitas memori dan jaringannya.

Salah satu keunggulan Vivo V40 Lite adalah kehadiran fitur berbasis kecerdasan buatan atau fitur AI untuk mendukung pengalaman foto di perangkat ini.

Product Manager Vivo Indonesia Gilang Pamenan, mengatakan kehadiran fitur AI di smartphone Rp 3 jutaan ini sejalan dengan perkembangan inovasi AI yang terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi, AI kini juga memudahkan berbagai aktivitas dan tugas produktivas penggunanya.

Untuk Vivo V40 series termasuk V40 Lite, saat ini fitur AI yang dibawa berfokus pada pengalaman untuk meningkatkan fotografi.

"Basically saat ini yang dibawa baru tiga fitur itu (AI Aura Light Portrait, AI Eraser, AI Enhancer), jadi untuk mendukung fotografi," katanya.

Gilang mengatakan, AI sebenarnya memiliki lebih banyak kemampuan tetapi menurutnya, Vivo masih terus mengembangkan fitur-fitur AI sebelum merilisnya di perangkat untuk pengguna.

Ia berharap dalam beberapa waktu ke depan Vivo bisa membawa lebih banyak fitur AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna, terutama di sektor foto dan produktivitas.

Ke depannya, menurut Gilang, Vivo memang mulai fokus untuk mengembangkan AI untuk bisa hadir di segmen mid atau smartphone kelas menengah.

"Kami mulai fokus membangunnya (AI) di segmen mid, saat ini di Vivo V40 Lite fitur AI masih untuk foto, belum untuk text. Poinnya adalah untuk hadirkan AI di segmen mid juga," katanya.

Sementara itu, PR Manager Vivo Indonesia Alexa Tiara, menyebutkan selain smartphone V series, dalam hal ini Vivo V40 Series, Vivo tak menutup kemungkinan akan hadirkan AI di smartphone seri Y (ponsel entry level Vivo).

"Untuk sekarang sebetulnya belum ada rencana, tapi tidak menutup kemungkinan ya. Pastinya seri Y juga kan dikenal sebagai all-rounder smartphone, jadi pasti kalau misalkan memang kebutuhannya ke situ pasti akan diselamatkan juga," Alexa menuturkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur AI Vivo V40 Lite

Kemampuan AI yang disematkan di Vivo V40 Lite ini dihadirkan dalam fitur mulai dari Vivo Aura Light untuk mendukung foto potrait jadi lebih bagus dan hasil 75 persen lebih soft dibandingkan menggunakan flash biasa.

Lalu ada fitur AI Erase, membantu pengguna menghilangkan objek foto mengganggu hanya dengan melingkari objek.

Kemudian ada pula fitur AI Photo Enhance yang bisa dipakai pengguna untuk meningkatkan ketajaman dan resolusi foto. Penerapannya, bisa dipakai untuk mereproduksi foto lama.

Fitur AI lainnya adalah Supermoon Mode, yang memungkinkan pengguna Vivo V40 Lite untuk mengambil gambar bulan dengan satu sentuhan mudah.

Spesifikasi Vivo V40 Lite

Vivo V40 Lite didukung kemampuan kamera selfie 32MP yang diklaim menghasilkan foto portrait layaknya kelas profesional.

Ada pula kamera ultra-wide 8MP dan kamera utama 50MP dengan sensor IMX882 (untuk versi 5G), serta sebuah Aura Light atau flash di bodi belakangnya.

Sensor ini juga diklaim mampu menghasilkan foto yang tajam dari jarak dekat atau jauh.

Performa AI-nya didukung chipset Snapdragon 4 Gen 2 (5G) dan Snapdragon 685 untuk versi 4G. Khusus penggunaan Snapdragon 4 Gen 2, skor benchmarknya diklaim mampu menembus 450.000 point melalui AnTuTu Benchmark.

 

3 dari 5 halaman

Baterai

Adapun untuk penggunaan seharian, Vivo V40 Lite memiliki kapasitas daya 5.000mAH dengan pengisian daya cepat 80W yang diklaim bisa terisi 45 persen dalam 15 menit.

Vivo memberikan garansi baterai 4 tahun, yang memberikan jaminan baterai health tak akan turun di bawah 80 persen dalam jangka waktu tersebut.

Perangkat ini juga didukung fitur rain water resistence yang membuat perangkat lebih aman saat terkena air hujan.

Layar tersebut juga didukung teknologi wet touch untuk membuat layar bisa dioperasikan meski sedang dalam kondisi basah.

 

4 dari 5 halaman

Harga

Vivo V40 Lite hadir dalam dua opsi jaringan yang masing-masing 4G dan 5G.

Adapun harga Vivo V40 Lite versi RAM 8GB dan memori internal 128GB dibanderol Rp 3.299.000. Sementara versi RAM 8GB dan memori internal 256GB dibanderol Rp 3.599.000.

Untuk versi 5G, Vivo V40 Lite dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB dijual seharga Rp 4.299.000 serta RAM 12GB dan memori internal 512GB dijual Rp 5.299.000.

Vivo V40 Lite hadir dalam opsi warna titanium silver, carbon black, dan pearl violet.

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.