Sukses

Tips Makin Produktif Pakai Galaxy AI Bahasa Indonesia di Samsung Galaxy Z Fold6

Samsung Galaxy Z Fold6 telah didukung Galaxy AI Berbahasa Indonesia, segala aktivitas seperti meeting atau mendengarkan materi seminar berbahasa asing pun bisa dipahami dengan mudah menggunakan sederetan fitur berbasis Galaxy AI.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone layar lipat Galaxy Z Fold6 telah dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu. Perangkat yang layarnya bisa diekspan hingga 7,6 inci ini mampu mempermudah produktivitas penggunanya ketika sedang berada dalam mobilitas tinggi.

Selain karena layar yang luas, perangkat ini juga sudah didukung dengan rangkaian fitur Galaxy AI. Dengan begitu, berbagai aktivitas produktif pengguna bisa lebih maksimal.

Apalagi, fitur-fitur Galaxy AI terbaru yang disematkan di Galaxy Z Fold6 sudah bisa diakses menggunakan Bahasa Indonesia beserta 15 bahasa lainnya.

Komunikasi lintas bahasa hingga mendapatkan informasi dari jurnal bahasa asing pun bisa dilakukan dengan praktis tanpa memusingkan terjemahan.

Untuk menggunakan Galaxy AI Bahasa Indonesia di Samsung Galaxy Z Fold6, yang kamu lakukan hanya tinggal mengunduh paket Bahasa Indonesia.

Caranya:

  • Usap layar ponsel Galaxy Z Fold6 ke atas (swipe up),
  • Ketik Language Packs di kolom Search,
  • Pilih Language Packs for Translation, dan
  • Pilih Indonesia.

Ketika diaktifkan, pengguna bisa memanfaatkan Bahasa Indonesia untuk berbagai kebutuhan fungsi penerjemah di beberapa fitur Galaxy AI.

Misalnya untuk menggunakan fitur Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, Note Assist, hingga Listening Mode.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Listening Mode

Bicara tentang Listening Mode, Samsung memperkenalkan fitur ini di Galaxy Z Fold6.

Fitur ini unik karena memungkinkan pengguna Galaxy Z Fold6 untuk memiliki penerjemah pribadi yang bisa menerjemahkan percakapan dalam bahasa asing seperti Korea (atau bahasa lain yang didukung Galaxy AI) ke bahasa Indonesia misalnya.

Penerapannya pun variatif. Misalnya kamu suka mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris tetapi kesulitan untuk memahami, kamu bisa pakai fitur Listening Mode ini.

Listening Mode juga bisa dipakai ketika kamu mendengarkan seminar berbahasa asing. Atau kamu gemar menonton variety show berbahasa Korea tapi tidak tersedia subtitle pada video? Ya, kamu bisa banget untuk memanfaatkan fitur ini.

Bukan hanya menerjemahkan ke Bahasa Indonesia, Listening Mode juga memungkinkan kamu merangkum materi podcast, seminar, dan lain-lain ke Bahasa Indonesia.

Cara menggunakan fitur ini di Galaxy Z Fold6:

  • Swipe sisi kanan layar smartphone kamu ke bawah.
  • Temukan fitur Interpreter dan buka.
  • Pada menu garis tiga, kamu bisa pilih Listening Mode
  • Atur dan pilih bahasa sumber podcast atau seminar (tertulis di menu: Bahasa orang lain), misalnya Bahasa Inggris.
  • Atur dan pilih bahasa kamu, misalnya Bahasa Indonesia, agar podcast atau seminar berbahasa Inggris diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.
  • Tekan mic untuk mulai menerjemahkan
  • Hasil terjemahan pun akan muncul langsung di layar.

 

 

3 dari 4 halaman

Transcript Assist

Kamu suka melakukan meeting  atau berbincang dengan rekan tentang ide-ide terbaru untuk diwujudkan jadi produk, konten, atau pekerjaan lainnya?

Atau kamu kerap harus melakukan interview dengan orang lain dan membuatnya jadi materi presentasi atau artikel?

Tak perlu khawatir harus repot mencatat saat sedang berbincang-bincang, kamu bisa merekam semua obrolan meeting kamu. Malas mendengarkan lagi? Tenang, Galaxy Z Fold6 memiliki fitur Transcript Assist.

Fitur Transcript Assist pada Notes di Samsung Galaxy Z Flip6. (Dok: Samsung Indonesia)

Transcript Assist ini mampu mentranskrip rekaman meeting hingga interview dengan narasumber dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Untuk memberikan kemudahan bagi pengguna memahami pembicaraan di meeting atau interview, Transcript Assist di Galaxy Z Fold6 juga memungkinkan pengguna mendapatkan ringkasan atau rangkuman atau diterjemahkan ke bahasa lainnya.

Cara pakainya:

  • Kamu bisa merekam meeting atau interview yang berlangsung melalui aplikasi Voice Recorder bawaan di Galaxy Z Fold6.
  • Selanjutnya, pilih rekaman yang mau kamu transkrip dan buka. Tak perlu di-play, menu transkrip atau transcribe akan langsung tersedia di bagian atas rekaman.
  • Klik "Transcribe" untuk mentranskrip dari rekaman suara menjadi teks. Proses ini membutuhkan waktu mungkin hingga beberapa menit tergantung dari durasi rekaman.
  • Nantinya, hasil transkrip akan muncul di layar, tepat di atas rekaman. Di sini juga akan ditampilkan speaker 1, 2, hingga 3 untuk menunjukkan pembicaraan dilakukan oleh orang berbeda.
  • Kalau mau meringkasnya, kamu tinggal tekan opsi Summary dan hasil rangkuman akan diperlihatkan di layar.

 

4 dari 4 halaman

Circle to Search yang Lebih Pintar

Fitur Circle to Search pertama kali diperkenalkan melalui Galaxy S24 Series. Namun, belum setahun sejak dihadirkan Samsung sudah meningkatkan kemampuannya.

Pada Galaxy Z Fold6, fitur Circle to Search diperbarui dengan berbagai kemampuan baru. Tak hanya bisa dipakai untuk mencari informasi, Circle to Search juga bisa mempelajari sejarah atau cerita objek yang dicari.

Selain itu, Circle to Search juga memungkinkan pengguna menerjemahkan bahasa pada menu atau penanda jalan ketika pengguna sedang business trip ke negara lain.

Penerapannya cukup mudah, misalnya kamu sedang berada di Paris dan ingin tahu sejarah tentang Arc de Triomphe atau menara Eiffel:

  • Kamu bisa memakai membuka kamera Galaxy Z Fold6 lalu mengarahkannya ke objek.
  • Buat bentuk lingkaran atau apa pun di objek yang ingin diketahui informasinya. Lalu, Google akan memberi tahu kamu berbagai informasi tentang tempat tersebut.
  • Sementara menggunakan Circle to Search untuk menerjemahkan, bisa tahan lama tombol Home untuk memunculkan Circle to Search.
  • Kemudian khusus untuk menerjemahkan, kamu bisa pilih ikon bahasa (tertulis aksara cina dan huruf A di logo tersebut). Pilih ikon terjemah, atur ke bahasa yang diinginkan.
  • Hasil terjemah pun akan muncul di atas tulisan berbahasa asing secara realtime.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.