Sukses

Intip Efek Teks Baru di iOS 18 yang Bikin Chat Makin Asyik, Cek Cara Pakainya

iOS 18 hadir dengan fitur efek teks yang membuat chatting makin asyik dengan iMessages, mulai dari teks meledak hingga bergoyang,

Liputan6.com, Jakarta - Dengan dirilisnya iOS 18 pada 16 September, Apple memperkenalkan banyak fitur baru yang menarik untuk iPhone. Salah satunya adalah membuat pesan teks menjadi jadi lebih ekspresif dan hidup.

Kalau kamu bosan hanya menggunakan huruf kapital untuk menekankan sesuatu dalam pesan, dengan iOS 18, pengguna bisa menambahkan berbagai efek dan format teks untuk membuat pesan lebih seru dan penuh warna.

Beberapa kemampuan yang dihadirkan adalah menebalkan kata-kata, menambahkan garis bawah, hingga membuat kata-kata “meledak” di layar—semua bisa dilakukan dengan mudah.

Apa Saja Efek Teks Baru di iOS 18?

Di iOS 18, Apple memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan kamu membuat teks lebih bervariasi.

Kamu bisa memilih opsi format teks seperti bold (menebalkan teks), italic (membuat teks miring), underline (menambahkan garis bawah), atau strike-through (menyilang teks).

Selain itu, ada beberapa efek teks yang bikin pesan pengguna iPhone bisa menjadi lebih hidup, seperti:

  • Big: Membuat teks jadi lebih besar seketika.
  • Small: Mengecilkan ukuran teks.
  • Shake: Membuat teks bergoyang.
  • Nod: Memberi efek teks seperti mengangguk.
  • Explode: Teks akan “meledak” di layar.
  • Ripple: Efek riak pada teks, cocok buat pesan sarkas.
  • Bloom: Teks muncul dengan efek mekar.
  • Jitter: Teks bergerak-gerak dengan getaran kecil.

Cara Menemukan dan Menggunakan Efek Teks

Kalau kamu mau mencoba efek-efek ini, ikuti langkah-langkah berikut: 

  • Buka aplikasi iMessages di iPhone.
  • Masuk ke chat atau percakapan yang kamu pilih.
  • Ketuk pada kolom teks untuk mulai menulis pesan.
  • Ketuk ikon A dengan garis-garis di sebelah kiri, yang terletak di atas huruf P di keyboard.
  • Kemudian, menu efek teks akan muncul.

Di bagian atas menu, kamu bisa melihat pilihan format teks seperti bold, italic, underline, dan strike-through. Sementara di bawahnya, kamu akan menemukan delapan efek teks.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menggunakan Efek Teks

  • Kamu bisa gunakan format seperti bold, italic, underline, dan strike-through secara bersamaan di satu pesan. Jadi, kamu bisa menebalkan teks dan menambahkan garis bawah sekaligus untuk memberikan penekanan
  • Untuk efek teks seperti Big atau Explode, kamu cuma bisa menggunakan satu efek di satu bagian teks. Misalnya, kamu tidak bisa menggabungkan efek Big dan Shake di kata yang sama, tapi kamu bisa mengaplikasikan efek Big di bagian pesan, lalu Shake di bagian lainnya.

Contoh Penggunaan Efek Teks pada Pesan

Bayangkan kamu lagi chatting dengan teman, dan kamu ingin menekankan kata "Wow!" yang menampilkan efek khusus. Kamu bisa pakai efek Explode supaya kata itu benar-benar terasa dramatis saat muncul di layar.

Lalu, kamu bisa menambahkan frasa "serius, beneran deh" dengan format italic dan efek Shake supaya frasa itu terlihat lebih playful.

Untuk pesan yang lebih formal atau serius, misalnya mengingatkan teman soal janji ketemuan, kamu bisa gunakan bold untuk menebalkan waktu atau tempat yang penting, atau tambahkan underline pada informasi utama. 

3 dari 3 halaman

Pakai Beberapa Efek di Pesan Teks

Menggunakan Beberapa Efek di Satu Pesan

Salah satu fitur paling seri di iOS 18 adalah kamu bisa menggunakan beberapa efek di satu pesan, meski tidak bisa diterapkan ke kata yang sama.

Sebagai contoh, kamu mau bagian pertama pesanmu menggunakan efek Big dan bagian kedua menggunakan efek Ripple, begini caranya: 

  1. Tulis pesan penuh yang ingin kamu kirim.
  2. Sorot kata atau bagian yang ingin kamu tambahkan efeknya.
  3. Ketuk ikon A dengan garis-garis di sebelah kiri, lalu pilih efek atau format yang kamu mau.
  4. Ulangi langkah ini untuk bagian pesan lainnya, dengan memilih efek berbeda untuk kata atau frasa lain.

Kamu bisa jadi kreatif dengan pesan-pesanmu, membuat setiap bagian punya gaya tersendiri, sesuai dengan suasana hati atau konteks percakapan.

Bahkan kalau mau, kamu bisa coba semua efek sekaligus dalam satu pesan, siapa tahu bisa jadi eksperimen chatting yang menarik!

Jadi, kalau kamu mau pesan teks yang lebih dari sekadar kata-kata biasa, coba deh fitur-fitur baru ini di iOS 18!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.