Sukses

Domain .id Akhrinya Kalahkan Dominasi .com di Indonesia, Ini Buktinya

Setelah bertahun-tahun, domain .id akhirnya berhasil mengalahkan pangsa pasar domain .com di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan domain .id terus menunjukkan tren positif di Indonesia, di mana pencapaian itu terlihat dari pangsa pasar domain .id yang terus naik selama tiga tahun terakhir.

Berdasarkan data Asia Pacific Top Level Domain Association (APTLD) pada Januari 2022, domain .id mencapai 36% sedangkan .com 51%. Kemudian pada Januari 2023, persentase keduanya tak jauh berbeda yakni 41% untuk domain .id dan 45% untuk .com.

Konsistensi pertumbuhan ini akhirnya berbuah manis pada Januari 2024, di mana pangsa pasar domain .id sebesar 48% berhasil melampaui .com yang bertengger di 40%.

<p>Pangsa pasar domain .id vs .com. Credit: Asia Pacific Top Level Domain Association (APTLD)</p>

Pencapaian ini membuat Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) kian optimistis menjadikan domain .id sebagai pilihan utama bagi masyarakat Indonesia.

“Dengan melampui .com di Indonesia, hal ini membuktikan bahwa domain .id dari tahun ke tahun semakin dilirik dan diminati. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di berbagai negara," kata Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak, melalui keterangannya, Sabtu (28/9/2024).

Dengan jumlah pendaftar lebih dari 950 ribu domain, John menambahkan, .id mempertahankan posisi sebagai juara di Asia Tenggara sejak mengalahkan Vietnam pada tahun 2021.

"Keberhasilan domain .id dalam mengalahkan domain .com tentu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap ekosistem digital di Indonesia," ia memungkaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Domain .id Teratas

Selain menjadi tonggak penting dalam penguatan identitas digital di Tanah Air, keberhasilan ini juga mencerminkan semakin tingginya kepercayaan dan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis, serta pemerintah terhadap pentingnya penggunaan domain lokal yang mencerminkan identitas Indonesia.

Berdasarkan data laporan statistik PANDI per Agustus 2024, top 3 market share domain .id untuk posisi pertama ditempati my.id sebanyak 353.580 atau 37%, lalu disusul ~.id sebesar 28%, dan biz.id sebesar 13%.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan aktif pemerintah maupun mitra registrar, serta literasi digital yang gencar dilakukan oleh PANDI ke berbagai institusi pendidikan, UMKM, maupun masyarakat umum melalui kegiatan workshop, webinar, dan berbagai program lainnya.

 

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini