Sukses

15 Fitur di iOS 18.1 yang Harus Kamu Coba!

Berikut 15 fitur baru di iOS 18.1 yang bakal bikin iPhone kamu makin seru.

Liputan6.com, Jakarta - Apple siap meluncurkan iOS 18.1 pada Oktober ini, membawa banyak fitur keren yang berfokus pada kecerdasan buatan (AI) dan machine learning.

Dikutip dari Gizchina, Selasa (1/10/2024), update ini bakal memperkenalkan Apple Intelligence yang lebih canggih, terutama untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 16 yang akan datang.

Meski tidak semua fitur langsung tersedia, iOS 18.1 menjanjikan berbagai peningkatan, mulai dari Siri yang lebih pintar hingga kontrol perangkat yang lebih simpel.

Ini dia 15 fitur baru yang akan bikin iPhone kamu makin seru. Yuk, kita coba satu per satu! 

1. Reset Control Center

Buat kamu yang suka mengatur Control Center tapi malah jadi ribet, sekarang iOS 18.1 ada fitur reset. Kamu bisa kembalikan pengaturan Control Center ke settingan awal dengan tombol “Reset” di Settings. Sangat mudah buat yang ingin mulai dari nol lagi.

2. Selfie Pakai Camera Control

Selfie lebih mudah dengan Camera Control di iOS 18.1, kamu bisa pindah ke kamera depan tanpa sentuh layar. Tinggal tahan tombol Camera Control, swipe ke kamera depan, dan voila, siap selfie tanpa perlu ribet.

3. Proofread Pesan Kamu

Fitur Writing Tools baru akan bantu koreksi ejaan, tata bahasa, bahkan memberikan saran kata yang lebih pas. Pesan kamu jadi lebih rapi dan bebas dari typo.

4. Rerwite Pesan

Terkadang, kamu perlu ganti nada pesan supaya lebih profesional atau friendly, bukan? Dengan fitur Rewrite dari Apple, kamu bisa ubah gaya tulisan tanpa ubah isi. Jadi, mau pesan formal atau santai tinggal klik saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih ada 11 Fitur yang Harus Kamu Tahu

5. Ringkas Email Panjang

Email panjang bikin pusing? Sekarang, kamu bisa ringkas email jadi poin-poin penting dengan fitur Summarize. Baca email jadi lebih cepat dan efisien, langsung tahu poin utamanya.

6. Jawab Pertanyaan Tentang Produk Apple 

Siri semakin pintar! Sekarang, Siri bisa menjawab pertanyaan tentang produk Apple, dari fitur sampai cara setting. Jadi tidak perlu repot-repot buka internet buat nyari info.

7. Smart Reply untuk Email dan Pesan 

Biar makin praktis, iOS 18.1 memberikan saran balasan cepat buat email dan pesan. Smart Reply ini disesuaikan dengan konteks, jadi balasan kamu tetap nyambung dan efisien. 

8. Ringkas Notifikasi Pesan

Sering dapat banyak notifikasi dari chat grup? Fitur ini bakal ringkas semua pesan jadi satu di lock screen. Kamu bisa lihat ringkasannya tanpa harus buka aplikasinya dulu.

9.  Bikin Memory Movies dari Deskripsi Singkat

Ingin membuat video dari momen favorit? Cukup kasih deskripsi seperti “Liburan musim panas” atau “Kucingku 2024”, dan iPhone akan otomatis bikin video kenangan buatmu.

10. Hapus Objek yang Tidak Diinginkan di Foto

Dengan Clean Up tool, kamu bisa menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto. Cukup tap atau brush area yang mau dihapus dan foto bakal bersih seketika. 

3 dari 4 halaman

Apple Semakin Mengintegrasikan AI ke Dalam iPhone.

11. Ringkas Transkrip Audio

Punya rekaman panjang? iOS 18.1 bakal otomatis bikin ringkasan dari transkrip audio. Cocok buat kamu yang mau cepat-cepat baca hasil rapat atau kuliah tanpa harus mendengar semuanya.

12. Kurangi Gangguan Notifikasi

Kamu bisa lebih fokus dengan fitur Reduce Interruptions. Fitur ini akan sortir notifikasi yang penting saja, jadi kamu enggak terganggu dengan hal-hal yang tidak mendesak.

13. Rekam Panggilan Telepon

Akhirnya, kamu bisa rekam panggilan telepon! Tinggal tekan tombol record saat telepon, dan hasilnya akan tersimpan di aplikasi Notes. Bahkan iOS juga bikin transkrip dan ringkasan panggilannya.

14. Ringkas Artikel Web

Baca artikel panjang di Safari akan lebih cepat dengan fituur Summarize. Cukup tap tombol dan Apple Intelligence akan kasih kamu ringkasan poin-poin penting di artikel.

15. Laporan Apple Intelligence

Fitur baru ini bakal kasih kamu laporan tentang bagaimana AI bekerja di iPhone kamu. Bisa dilihat di bagian Privacy & Security di Settings, dan aksesnya pakai Face ID supaya aman. 

Dengan iOS 18.1, Apple semakin mengintegrasikan AI ke dalam iPhone. Fitur-fitur ini bakal bikin iPhone lebih pintar, lebih praktis, dan siap membantu kamu dalam aktivitas sehari-hari!

4 dari 4 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini