Sukses

Rahasia Lulusan Apple Developer Academy Dapat Job di Perusahaan Teknologi Ternama

bekerja di perusahaan teknologi besar seperti Tokopedia? Dapatkan inspirasi dari kisah sukses seorang Senior Software Engineer iOS. Pelajari tips dan triknya!

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi bagian tim dari perusahaan teknologi besar seperti Tokopedia membutuhkan dedikasi dan keahlian tinggi, namun Daniel Aditya Istyana, Senior Software Engineer iOS, percaya kunci utamanya terletak pada growth mindset.

Sehubungan dengan era yang terus berubah dengan cepat, terutama di tengah perkembangan AI, belajar menjadi suatu kebutuhan, bukan pilihan.

Berbicara dengan tim Tekno Liputan6.com, Daniel memberikan saran berharga bila developer muda ingin mengikuti jejaknya.

Selain itu, dia juga mengungkap antusiasmenya terhadap SwiftUI, framework favoritnya dari Apple.

Growth Mindset: Bekal Utama untuk Developer Muda

Memiliki growth mindset sangat penting bagi developer baru memulai karier, kenapa? "Teknologi terus berkembang, terutama dengan hadirnya AI. Belajar dan mengasah skill harus dilakukan setiap hari supaya tidak tertinggal," ujar Daniel.

Tidak hanya belajar hal-hal teknis seperti bahasa pemrograman, developer juga disarankan untuk mengeksplorasi hal-hal di luar coding, seperti CI/CD, build system, dan tooling yang dapat berkontribusi meningkatkan produktivitas tim.

"Jangan pernah membatasi diri untuk belajar hal baru," tambahnya.

SwiftUI: Framework Mempercepat Iterasi dan Prototyping

SwiftUI, teknologi favorit Daniel dari Apple telah merevolusi cara pengembangan aplikasi. "Dengan hanya beberapa line of code, kita bisa langsung memvisualisasikan aplikasi yang akan dibuat," jelasnya.

Dibandingkan dengan UIKit, SwiftUI memungkinkan pembuatan animasi dan micro-interactions menjadi jauh lebih mudah, memberikan pengalaman pengguna lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SwiftUI Jadi Teknologi Favorit

<p>Lulusan Apple Developer Academy Ini Sukses Berkarier di Tokopedia, Simak Kisah Perjalanan Daniel Aditya Istyana! (Doc: Istimewa)</p>

Salah satu fitur terbaru membuat Daniel sangat antusias adalah integrasi Metal shaders dalam SwiftUI. Fitur ini memungkinkan developer memanfaatkan grafis Metal untuk meningkatkan visual dan performa garis aplikasi.

Integrasikan SwiftUI dalam Pengembangan Aplikasi di Tokopedia

Daniel menjelaskan, SwiftUI tidak hanya digunakan untuk fitur baru seperti Live Activity atau Widget di Tokopedia, tetapi juga dalam pembuatan internal tools untuk mendukung proses development dan testing.

"Penggunaan SwiftUI untuk internal tools memungkikan tim kami beriterasi lebih cepaat berdasarkan feedback dan kebutuhan," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Setia Nonton WWDC Setiap Tahun

<p>Daniel Aditya Istyana, Senior Software Engineer iOS di Tokopedia. (Doc: Istimewa)</p>

Dengan nature declarative-nya, SwiftUI mempercepat pengembangan dan mendukung proses lebih efektif dan efisien.

Setiap tahun, Daniel selalu menantikan update dari WWDC, terutama terkait perkembangan SwiftUI.

"SwiftUI memungkinkan kita membangun aplikasi untuk berbagai platform Apple dengan konsistensi, baik itu iOS, watchOS, maupun macOS," jelasnya.

Ini memberikan fleksibilitas luar biasa bagi pengembang, dan tentunya sangat relevan bagi perusahaan besar seperti Tokopedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.