Sukses

Perbandingan Spesifikasi dan Harga iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24 FE, Pilih Mana?

Berikut informasi mengenai perbandingan iPhone 16 dan Samsung Galaxy S24 FE yang layak untuk kamu pertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 16 dan Samsung Galaxy S24 FE sama-sama dilengkapi dengan fitur terkini. Namun, keduanya memiliki perbedaan mencolok terkait harga dan spesifikasi.

Simak artikel ini untuk perbandingannya supaya kamu tidak bingung lagi memilih untuk membeli smartphone yang kamu butuhkan. 

iPhone 16 telah resmi diperkenalkan ke publik. Apple menawarkan sejumlah pembaruan untuk iPhone terbaru ini, seperti kehadiran Apple Intelligence. Sementara Galaxy S24 FE dipersenjatai dengan sejumlah fitur Galaxy AI yang mumpuni.

Layar

iPhone 16 memiliki layar OLED berukuran 6,1 inci, dengan refresh rate masih 60 Hz. Sementara Samsung Galaxy S24 FE mempunyai layar Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,7 inci yang sedikit lebih besar dari pendahulunya. Layarnya juga dibekali dengan refresh rate hingga 120 Hz.

Warna

iPhone 16 tersedia dalam lima pilihan warna yakni ultramarine, teal, pink, white, dan black--lebih unggul dari Samsung Galaxy S24 FE yang hanya memiliki empat pilihan warna yakni biru, graphite, hijau, dan kuning.

Desain

Apple menyebut kalau iPhone 16 dibekali dengan kaca belakang yang kuat. Disebutkan, iPhone baru ini menggunakan Ceramic Shield generasi terbaru yang 50 persen lebih kuat dari generasi pertama.

Untuk Samsung Galaxy S24 FE diperkuat frame aluminium serta perlindungan layar dan bodi belakang sama-sama memakai Corning Gorilla Glass Victus.

Kamera

Apple membekali iPhone 16 dengan konfigurasi kamera berlensa utama 48MP dan lensa ultrawide 12MP di bagian belakang. Dengan lensa 48MP, pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengambil foto biasa serta telephoto 2X optical-quality.

Samsung Galaxy S24 FE memiliki kamera utama 50MP yang diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Sementara kamera depannya memiliki sensor 10MP untuk kebutuhan selfie dan video call.

Harga

Harga iPhone 16 dibanderol mulai dari USD 799 atau sekitar Rp 12,3 jutaan).

Sementara untuk Samsung Galaxy S24 FE berdasarkan situs resminya Samsung Galaxy S24 FE menawarkan harga yang bervariasi tergantung dari versi penyimpanan yang dipilihnya. Misalnya untuk pilihan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB dibanderol dengan harga Rp 9.999.000.

Sementara itu, untuk harga Samsung Galaxy S24 FE versi RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB dibanderol dengan harga Rp 10.999.000. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Galaxy S24 FE Makin Pintar Berkat Galaxy AI

Samsung akhirnya merilis flagship terjangkaunya Galaxy S24 FE. Kehadiran Samsung Galaxy S24 FE sendiri sudah diungkap dalam sejumlah bocoran beberapa bulan terakhir.

Perangkat ini membawa fitur kecerdasan buatan Galaxy AI versi terbaru. Galaxy AI sendiri sebelumnya diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2024 melalui Galaxy S24 Series.

Galaxy S24 FE yang membawa kecerdasan buatan Galaxy AI dan performa flagship ini dibanderol dengan harga Rp 9.999.000 untuk versi RAM 8GB dan memori internal 128GB. Lalu ada pula versi RAM 8GB dan memori internal 256GB yang dijual Rp 10.999.000.

Pre-ordernya sudah langsung dimulai pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang dengan penawaran free upgrade memori hingga casing dan bundling paket data.

Lantas, seperti apa spesifikasi Galaxy S24 FE, smartphone yang hadir untuk para social expressers ini?

Soal layar, Galaxy S24 FE menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X yang berukuran 6,7 inci dengan refresh rate 120Hz. Layar tersebut sedikit lebih besar dibanding pendahulunya yang hanya 6,5 inci.

Hadir menyasar orang-orang yang ingin selalu mengekspresikan diri di media sosial, Samsung Galaxy S24 FE didukung tiga kamera di bodi belakangnya.

Ketiga kamera tersebut antara lain adalah kamera wide angle 50MP, kamera telephoto 3x 8MP dengan OIS (f2.4), serta kamera ultra-wide 12MP (f2.2). Adapun kamera selfie-nya menggunakan lensa 8MP.

Galaxy S24 FE juga merupakan seri FE pertama yang didukung Pro Visual Engine yang mampu mengambil gambar dan video dengan lebih cerdas.

3 dari 4 halaman

Cek Harga iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Lengkap!

Spesifikasi lengkap iPhone 16 series. iPhone 16 dan iPhone 16 Plus telah resmi diperkenalkan ke publik. Apple menawarkan sejumlah pembaruan untuk iPhone terbaru ini, seperti kehadiran Apple Intelligence.

Kedua iPhone baru ini tersedia dalam lima pilihan warna yakni ultramarine, teal, pink, white, dan black. Smartphone ini hadir dalam tiga pilihan memori yakni 128GB, 256GB, dan 512GB.

Harga iPhone 16 dibanderol mulai dari USD 799 atau sekitar Rp 12,3 juta. Sementara iPhone 16 Plus dijual dengan harga mulai dari USD 899 atau sekitar Rp 13,8 juta.

iPhone 16 memiliki layar OLED berukuran 6,1 inci, sedangkan varian Plus memiliki ukuran 6,7 inci. Seperti rumor yang beredar, kedua ponsel ini turut dibekali dengan fitur Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di varian Pro.

Kedua iPhone ini pun hadir dengan desain internal baru. Perubahan desain internal ini dilakukan untuk menampung baterai yang lebih besar dan mampu mengantarkan panas lebih baik.

Sama seperti varian Pro yang rilis tahun lalu, lini iPhone 16 telah dibekali fitur Dynamic Island. Lalu, ada pula Action Button yakni tombol fisik untuk mengakses beberapa fitur secara lebih cepat.

Tombol fisik di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus bisa dipakai untuk mengakses beberapa fungsi hanya dengan satu kali tekan, seperti membuka kamera atau senter.

Selain itu, tombol ini juga dapat dipakai untuk beralih antara mode Ring dan Silent, termasuk mengenali musik memanfaatkan Shazam. Apple juga membenamkan tombol lain yakni Camera Control.

Seperti namanya, fitur ini disebut meningkatkan pengalaman memakai kamera di lini iPhone 16. Tombol ini bisa dimanfaatkan untuk meluncurkan kamera, mengambil foto, hingga mulai perekaman video.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.