Sukses

Samsung Galaxy AI bakal Berbayar, Gratisnya Cuma Sampai 2025

Samsung mengonfirmasi beberapa fitur Galaxy AI di perangkatnya akan mulai berbayar pada 2025. Hingga akhir 2025, fitur Galaxy AI masih dapat diakses secara gratis di perangkat Samsung Galaxy yang didukung.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung kini menjadikan fitur Galaxy AI sebagai salah satu nilai jual utama mereka di berbagai perangkat terbarunya, termasuk Galaxy Tab S10 series dan Galaxy S24 FE yang baru diumumkan.

Meski Galaxy AI menjadi andalan, Samsung telah mengonfirmasi beberapa fitur AI tersebut akan mulai berbayar pada 2025.

Mengutip Sam Mobile, Selasa (1/10/2024), informasi ini tertulis di dalam keterangan resmi Samsung menyebut fitur Galaxy AI akan tersedia gratis hingga akhir 2025 di perangkat Samsung yang didukung.

Pernyataan ini pertama kali disampaikan saat peluncuran Galaxy S24 series pada Januari 2024, serta diperkuat kembali saat peluncuran Galaxy Z Flip6 dan Z Fold6 di Prancis pada Juli lalu.

Namun, Samsung belum merinci fitur di Galaxy AI mana yang akan menjadi berbayar. Besar kemungkinan, sepanjang 2024 hingga 2025, Samsung akan memantau fitur AI paling sering digunakan oleh pengguna.

Setelah itu, baru perusahaan akan mengenakan biaya untuk fitur-fitur Galaxy AI paling populer di perangkat yang mendukung.

Dengan pendekatan ini, Samsung sepertinya akan memanfaatkan waktu satu tahun ke depan untuk mengidentifikasi fitur paling menarik perhatian pengguna sebelum memutuskan strategi harga Galaxy AI di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Rilis Galaxy S24 FE dengan Galaxy AI

<p>Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy S24 FE, smartphone versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Perangkat ini hadir dengan harga Rp 9,9 jutaan, Galaxy AI, dan dalam tiga opsi warna yakni graphite, gray, dan blue (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Setelah menghadirkan tiga model Galaxy S24 Series pada Juli lalu, Samsung kini memboyong versi lebih terjangkau dari flagship mereka yakni Samsung Galaxy S24 FE, lengkap dengan fitur kecerdasan buatan Galaxy AI.

Soal harga, Galaxy S24 FE bisa dipesan (pre-order) mulai 26 September 2024 hingga 3 Oktober 2024. Banderol harganya Rp 9.999.000 untuk versi RAM 8GB dan penyimpanan 128GB serta Rp 10.999.000 untuk RAM 8GB dan memori 256GB.

Saat pre-order Galaxy S24 FE, konsumen bisa mendapatkan upgrade memori, casing silicon, hingga bundling eSIM paket data 60GB XL Axiata, serta cicilan 0 persen untuk pembelian dengan mitra bank.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, mengatakan, Galaxy S24 FE hadir dengan peningkatan di sejumlah aspek dibandingkan pendahulunya, Galaxy S23 FE.

3 dari 4 halaman

Sasaran Pengguna Galaxy S24 FE

<p>Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy S24 FE, smartphone versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Perangkat ini hadir dengan harga Rp 9,9 jutaan dan membawa seluruh fitur Galaxy AI yang membantu produktivitas dan kreativitas pengguna dalam membuat konten (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

"Galaxy S24 FE membawa peningkatan dalam sejumlah aspek, pertama Galaxy AI, kamera, hingga baterai dan performanya," tutur Ilham dalam sesi bersama media, di Jakarta.

Ilham menyebutkan, Samsung Galaxy S24 FE ini hadir menyasar segmen konsumen social expressers. Mereka adalah orang-orang yang senang mengunggah berbagai hal dalam kehidupan mereka ke media sosial.

"Selain itu, Galaxy S24 FE juga menyasar orang-orang yang memang sudah pakai produk flagship Samsung yang lama dan ingin update device, mereka yang dulunya pengguna FE versi lalu, hingga anak-anak muda yang sebelumnya merupakan pengguna Galaxy A series namun ingin memperbarui perangkat," katanya.

Bicara tentang memenuhi kebutuhan konten, perangkat ini sudah dibekali tiga kamera di bodi belakang, yakni kamera wide angle 50MP, kamera telephoto 3x 8MP dengan OIS (f2.4), serta kamera ultra-wide 12MP (f2.2).

Galaxy S24 FE juga merupakan seri FE pertama yang didukung Pro Visual Engine yang mampu mengambil gambar dan video dengan lebih cerdas.

Smartphone ini resmi dirilis dengan Galaxy AI, fitur kecerdasan buatan Samsung yang diklaim akan memudahkan pengguna dalam membuat konten untuk diunggah di media sosial. Kehadiran Galaxy AI di Galaxy S24 FE merupakan yang pertama kalinya di seri Galaxy S FE.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy S24 FE

<p>Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy S24 FE, smartphone versi lebih terjangkau dari flagship Galaxy S24 Series. Perangkat ini hadir dengan harga Rp 9,9 jutaan, Galaxy AI, dan dalam tiga opsi warna yakni graphite, gray, dan blue (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Galaxy S24 FE seperti tahun-tahun sebelumnya merupakan perangkat seri S yang hadir di rentang harga lebih terjangkau tetapi menawarkan pengalaman seperti flagship Galaxy S24 series.

Untuk hadirkan performa kencang dan mampu menjalankan AI, kali ini Samsung menggunakan chipset Exynos 2400e dengan fabrikasi 4nm. Kinerja chipset ini diklaim 2 kali lipat lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Tidak hanya itu, dibandingkan Galaxy S23 FE, Galaxy S24 FE didukung sistem pendingin vapor chamber yang 11 persen lebih besar.

Kapasitas baterainya juga ditingkatkan jauh dibandingkan versi yang lalu, menjadi 4.700mAH. Sementara pada versi Galaxy S23 FE, kapasitas baterainya 4.300mAH.

Dengan peningkatan ini, Galaxy S24 FE diklaim bisa membuat main game tak hanya lebih cepat, tetapi bodi ponsel lebih dingin dan masa pakai lebih panjang karena kapasitas daya lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.