Sukses

SoftBank akan Guyur Dana Rp 7,5 Triliun ke Pembuat ChatGPT OpenAI

SoftBank akan menginvestasikan USD 500 juta atau sekitar Rp 7,5 triliun dalam putaran pendanaan terbaru OpenAI.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pendanaan Vision Fund milik operator telekomunikasi Jepang, SoftBank, akan menginvestasikan USD 500 juta atau sekitar Rp 7,5 triliun dalam putaran pendanaan terbaru OpenAI.

Kabar ini dilaporkan oleh The Information, mengutip seseorang yang mengetahui kesepakatan tersebut. Sementara itu, baik SoftBank maupun OpenAI menolak berkomentar.

Diwartakan Reuters, Selasa (1/10/2024), perusahaan yang menjadi pusat ledakan kecerdasan buatan (AI) tersebut berhasil mengumpulkan USD 6,5 miliar dalam bentuk obligasi konvertibel, awal bulan ini.

Namun, Apple dilaporkan menarik diri dari rencana untuk berpartisipasi dalam putaran pendanaan besar tersebut, sebelum investasi SoftBank.

Penilaian akan bergantung pada apakah pembuat ChatGPT tersebut dapat mengubah struktur perusahaan dan menghapus batasan laba bagi investor.

Kesepakatan itu merupakan investasi pertama SoftBank di perusahaan yang dipimpin Sam Altman. Demikian menurut laporan The Information.

OpenAI sebelumnya disebut sedang mengerjakan rencana untuk merestrukturisasi bisnis intinya menjadi perusahaan nirlaba yang tidak akan lagi dikendalikan oleh dewan nirlabanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Microsoft dan Nvidia Tetap Berinvestasi

Walaupun Apple batal terlibat dalam putaran pendanaan itu, OpenAI masih mendapat dukungan penuh dari dua raksasa teknologi lainnya, Microsoft dan Nvidia.

Microsoft dikabarkan akan menyuntikkan dana tambahan sebesar USD 1 miliar dalam putaran pendanaan kali ini, melanjutkan komitmen mereka terhadap pengembangan AI.

Sebelumnya, raksasa teknologi berbasis di Redmond ini sudah menginvestasikan dana lebih dari USD 13 miliar ke perusahaan bentukan Sam Altman tersebut.

Berkat investasi besar itu, Microsoft kini dapat mengintegrasikan model AI ChatGPT ke dalam layanan kecerdasan buatan miliknya, termasuk produk seperti Copilot.

Sementara itu, Nvidia, yang dikenal sebagai pemimpin dalam teknologi hardware AI, juga akan menjadi salah satu investor utama di putaran pendanaan ini.

 

3 dari 4 halaman

Apakah Hubungan Apple dan OpenAI Masih Positif?

Meskipun Apple memilih untuk tidak menyuntikkan dana di putaran ini, hubungan mereka dengan OpenAI tetap baik.

Kedua perusahaan terus bekerja sama dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam berbagai produk Apple, seperti iOS 18, iPadOS 18, watchOS, dan macOS Sequoia.

Langkah Apple ini tentu memunculkan spekulasi mengenai arah perusahaan dalam hal investasi di AI, terutama di tengah persaingan ketat dengan Microsoft telah menjadi mitra strategis utama OpenAI.

Apakah keputusan ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang Apple, ataukah ada alasan lain di balik mundurnya raksasa teknologi tersebut?

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini