Sukses

Apple Siap Gelar Event Oktober 2024, Ada iPad dan MacBook Baru?

Apple dikabarkan akan menggelar event pada bulan Oktober 2024. Siap-siap, kedatangan MacBook Pro dengan chip M4, iPad baru, dan kejutan lain.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses menarik perhatian publik global dengan peluncuran iPhone 16 di bulan September, Apple dikabarkan masih punya kejutan lain di 2024.

Berdasarkan rumor yang bereda, Apple disebut akan kembali mengadakan event di Oktober 2024. Di event tersebut, MacBook Pro terbaru dengan chip M4, iPad anyar, dan aksesori lainnya disebut akan menjadi sorotan.

Untuk diketahui, Apple memiliki pola rutin mengadakan event di bulan Oktober. Event ini biasanya digelar setelah peluncuran iPhone di September.

Dikutip dari Gizchina, Selasa, (2/10/2024), berdasarkan jadwal tahun sebelumnya, event ini kemungkinan akan jatuh di pertengahan atau akhir Oktober, antara tanggal 14-15 atau 28-29.

Lantas, apa saja produk yang akan diluncurkan Apple di event tersebut? Simak beberapa prediksinya di bawah ini. 

1. MacBook Pro dengan Chip M4

MacBook Pro terbaru diprediksi jadi bintang utama event ini. Setelah mendapatkan update dengan chip M3 di 2023, kini MacBook Pro diharapkan hadir dengan performa lebih tinggi berkat chip M4. 

2. Mac Mini dengan Desain Baru

Mac mini dikabarkan akan tampil dengan desain baru, lebih kecil, dan dilengkapi port USB-C yang lebih banyak. Chip M4 juga diprediksi akan meningkatkan performanya.

3. iMac dengan Chip M4

iMac juga kemungkinan akan mendapatkan penyegaran dengan chip M4. Selain itu, aksesori iMac seperti Magic Keyboard dan Magic Mouse diprediksi akan beralih ke USB-C, sejalan dengan peraturan baru Uni Eropa.

4. iPad dan iPad Mini

iPad Mini dan iPad entry-level yang terakhir diupdate pada 2021 serta 2022 diperkirakan akan hadir dengan peningkatan performa, terutama kamera dan konektivitas yang lebih baik.

Sementara iPad Pro dan iPad Air kemungkinan besar tidak akan mendapatkan update kali ini.

Apple disebut akan lebih fokus pada Mac dan iPad di event kali ini, sedangkan produk lain seperti MacBook Air hingga iPhone SE tidak akan diperkenalkan. Kendati demikian, event ini tetap menarik untuk ditunggu. 

2 dari 3 halaman

Apple Bersiap Rilis Smart Display dengan homeOS, Hadir dengan Apple Intelligence

Sebelumnya, kabar terbaru menyebutkan Apple akan merilis smart display yang sudah lama dinantikan, lengkap dengan sistem operasi baru bernama homeOS.

Dikutip dari Engadget, Rabu (2/10/2024), menurut laporan Mark Gurman, seorang jurnalis Bloomberg, perangkat baru besutan Apple ini diprediksi bakal hadir di tahun 2025. Kabarnya, ada dua versi yang tengah dipersiapkan. 

Ada versi standar yang akan menawarkan fitur-fitur dasar seperti FaceTime dan kontrol smart home. Lalu, ada versi premium dengan tambahan lengan robotik yang bisa memutar dan memiringkan layar agar lebih nyaman digunakan

Smart display versi high-end ini diprediksi bakal dibanderol lebih dari 1000 dolar (sekitar Rp15 jutaan) dan baru akan dirilis sekitar 2026.

Namun, bagi kamu yang tidak sabar, kabarnya smart display versi lebih murah ini bisa saja hadir lebih cepat, bahkan bukan tidak mungkin akan diperkenalkan di tahun depan. 

Yang menarik, kedua versi perangkat ini akan menggunakan teknologi Apple Intelligence yang memungkinkan pengalaman AI di rumah menjadi lebih canggih.

Adapun sistem operasi untuk perangkat ini yakni homeOS kabarnya akan berbasis pada tvOS yang digunakan oleh Apple TV. Jadi, kemungkinan akan ada banyak kesamaan dalam tampilan dan cara kerjanya.

3 dari 3 halaman

5 Inovasi Terbaru Apple M4 Macs yang bakal Hadir Oktober 2024

Dikutip dari 9to5mac, Kamis (24/9/2024), meski acaranya digelar bulan Oktober, perangkat baru ini mungkin baru tersedia di pasaran pada November. Berikut beberapa hal yang layak kita nantikan : 

1. RAM 16GB Jadi Standar

Apple akan mulai memberikan RAM 16GB pada Mac dengan chip M4, termasuk MackBook Pro 14, Mac mini, dan iMac.

Sebelumnya, Apple cuma menyediakan RAM 8GB, jadi ini adalah peningkatan yang menarik, terutama karena teknologi Apple sekarang membutuhkan memori yang lebih besar.

2. Desain Baru untuk Mac mini

Mac mini akan mendapatkan desain ulang terbesar dalam 14 tahun terakhir. Ukurannya bakal lebih kecil, tapi port USB-A akan hilang, digantikan dengan lebih banyak port USB-C.

Meski belum banyak informasi soal tampilannya, ini kabar menarik mengingat Mac mini adalah Mac termurah.

3. Aksesoris USB-C untuk iMac

Dengan rumor iMac baru yang bakal dirilis, Apple juga diperkirakan akan mengganti aksesoris seperti Magic Mouse, Keyboard, dan Trackpada ke USB-C. Ini karena aturan baru di Uni Eropa yang mengharuskan penggunaan USB-C pada perangkat elektronik.

4. Warna Space Black untuk MacBook Pro Termurah  

Warna Space Black saat ini hanya tersedia untuk model MacBook Pro yang lebih mahal, tapi dengan hadirnya M4 MacBook Pro, kemungkinan warna ini juga akan tersedia untuk model yang lebih murah.

5. Chip M4 Pro dan M4 Max

Meskipun chip M4 sudah dirilis di iPad Pro, Apple belum memperkenalkan varian Chip M4 Pro dan M4 Max yang lebih kuat.

Kedua chip ini diharapkan hadir di MackBook Pro kelas atas akhir tahun ini, dan akan lebih cepat serta efisien dibandingkan chip sebelumnya.

Dengan pembaruan ini, seri M4 Mac akan membawa banyak inovasi menarik untuk penggemar Apple.