Sukses

NeutraDC Dukung UKM Binaan Telkom di Mandalika Go Global Lewat Pelatihan AI

Program ESG NeutraDC di Mandalika yang dikenal Two Hands Hub berkomitmen mendukung pengusaha lokal Lombok untuk go global.

Liputan6.com, Lombok NeutraDC, perusahaan penyedia ekosistem data center sekaligus anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar pelatihan bertajuk “Pemanfaatan Teknologi AI untuk UMKM Menuju Go Global” Bale360, Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Senin (1/10/2024).

Pelatihan yang diadakan pasca gelaran internasional MotoGP Mandalika ini bertujuan untuk memberdayakan para pengusaha lokal agar mampu bersaing di pasar global, khususnya bagi pengusaha lokal di Mandalika atau Lombok yang memiliki potensi sebagai daerah yang kerap diadakan acara internasional.

CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F menyampaikan bahwa langkah ini dilakukan setelah memperhatikan Lombok adalah destinasi wisata favorit yang sering menjadi tuan rumah acara internasional seperti MotoGP. Untuk itu, dari sekitar 100 ribu lebih para pengusaha lokal di Lombok perlu terus meningkatkan keterampilan agar dapat bersaing di kancah global.

“Mandalika memiliki sirkuit internasional yang mengundang banyak event global. Ini merupakan kesempatan besar bagi UMKM untuk memanfaatkan teknologi dalam menyesuaikan bisnis mereka dengan tuntutan pasar internasional,” ungkap Andreuw yang disampaikan secara terpisah.

VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan wujud dedikasi perusahaan dalam berbagi informasi terkini tentang teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis lokal, khususnya dalam menghadapi peluang dari ajang internasional.

“Kami melihat produk-produk dari UMKM di Lombok cukup kompetitif, diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat membantu para UMKM lebih mudah memahami cara mempromosikan produk mereka, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar Andri.

Peserta UMKM yang hadir berasal dari berbagai wilayah di Lombok, dengan produk khas lokal seperti batik Lombok, kerajinan tangan, aksesoris, hingga makanan khas Lombok. Pelatihan ini menghadirkan narasumber ahli yang memberikan wawasan tentang strategi komunikasi dan cara memanfaatkan teknologi AI untuk memudahkan UMKM dalam memperluas jangkauan bisnisnya, melalui topik “Teknologi AI untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Digital.”

2 dari 3 halaman

Peran Vital Data Center di Tengah Perkembangan AI

Dalam kesempatan ini, NeutraDC juga menjelaskan pentingnya infrastruktur digital bagi UMKM. Business & Product NeutraDC Irene Johana Rosidi menegaskan peran vital data center di tengah berkembangnya AI dalam membantu UMKM berkembang dan go digital. Sebab, AI memerlukan data dalam jumlah besar untuk menganalisis perilaku pengguna.

Data center berperan penting dalam menyediakan kapasitas besar, keamanan, dan pemrosesan real-time yang dibutuhkan AI. Dengan memanfaatkan teknologi AI, UMKM dapat menjadi lebih produktif dan efisien. Menurutnya, pertumbuhan ekosistem AI dimulai dari UMKM yang mendapatkan dukungan dari pemerintah, sektor swasta, dan komunitas.

“Sebagai pelaku industri digital, NeutraDC hadir untuk mendukung UMKM agar lebih percaya diri melangkah ke pasar global melalui teknologi,” ungkap Irene.

Para peserta UMKM yang hadir pada pelatihan ini antusias dengan kegiatan ini yang memberikan wawasan baru tentang bagaimana memanfaatkan teknologi AI dalam mengembangkan bisnis mereka.

"Saya sangat terbantu dengan pelatihan ini. Ternyata AI dapat saya jangkau hanya dari ponsel pribadi. Semoga ini memberikan semangat baru untuk menjual produk saya di media sosial dengan lebih aktif lagi," ungkap salah satu peserta UMKM, Samsir, pemilik Toko Sasambo Rembitan Sasak.

3 dari 3 halaman

Program Two Hands Hub Dukung UMKM Lewat Teknologi

Pelatihan ini merupakan bagian dari inisiatif ESG NeutraDC, Two Hands Hub, yang mencerminkan visi perusahaan untuk memberdayakan komunitas lokal dengan menghubungkan mereka ke ekosistem digital. Two Hands Hub melambangkan kolaborasi antara masyarakat dan penyedia teknologi dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis. Melalui agenda ini, NeutraDC tidak hanya menyediakan infrastruktur teknologi, tetapi juga menunjukkan dukungannya kepada UMKM untuk dapat tumbuh dan berkembang di era digital ini.

Two Hands Hub adalah bagian dari program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia), yang berkomitmen untuk menciptakan dampak positif melalui keberlanjutan, inovasi, dan pemberdayaan komunitas. Melalui EXIST, Telkom berupaya untuk terus mendukung pengusaha lokal dalam menghadapi tantangan global dan membantu mereka memanfaatkan teknologi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Dengan memanfaatkan teknologi, UMKM dapat menjembatani kesenjangan antara pasar lokal dan global, mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan. Di era yang semakin terhubung ini, UMKM yang mampu beradaptasi dan berinovasi melalui solusi digital tidak hanya akan bertahan, tetapi juga berkembang di pasar global.

 

(*)

Video Terkini