Sukses

Akses iCloud di Android Tanpa Aplikasi Tambahan, Ini Caranya

Temukan cara mudah mengakses iCloud di Android tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Untuk mengetahuinya, simak pembahasannya di artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ekosistem Android dan Apple memang tidak dirancang untuk saling terintegrasi. Kendati demikian, bukan berarti pengguna Android tidak bisa mengakses sejumlah layanan Apple, seperti iCloud.

Pengguna Android sebenarnya masih bisa mengakses iCloud di perangkat mereka lewat beberapa trik sederhana. Salah satu adalah melalui iCloud Web Client, yang bisa diakses lewat browser.

Dengan menambahkan shortcut ke layar utama, kamu bisa menikmati layanan iCloud di Android, walaupun tampilannya tidak sepenuhnya sama seperti di perangat Apple.

Apa itu iCloud Web Client?

iCloud adalah layanan penyimpanan awan milik Apple yang dibuat untuk menyimpan dan menyinkronkan data pengguna di semua perangkat. Lewat iCloud, pengguna bisa melakukan backup file penting, foto, kontak, dan lainnya.

Biasanya, kamu mengakses iCloud dari iPhone, iPad, atau Mac. Namun, yang jarang diketahui, kamu juga bisa mengaksesnya lewat browser di perangkat non-Apple, termasuk Android.

Dengan iCloud Web Client, kamu bisa mengecek email, mengelola kontak, mengedit kalender, melihat foto, hingga mengakses file di iCloud Drive. Praktis, kan?

Cara Akses iCloud di Android

Untuk akses iCloud di Android, kamu bisa ikuti langkah-langkah sederhana yang dikutip dari Gizchina, Minggu (5/10/2024) ini:

  1. Buka iCloud.com di browser perangkat Android.
  2. Setelah halaman terbuka, tap tombol biru "Sign In" di tengah layar.
  3. Masukkan Apple ID kamu, lalu tap Continue with Password.
  4. Ketik kata sandi kamu, lalu tekan tanda panah untuk melanjutkan.
  5. Jika kamu menggunakan otentikasi dua faktor, masukkan kode verifikasi enam digit yang dikirim ke perangkat Apple kamu.
  6. Kamu bisa pilih untuk mempercayai browser ini agar tidak perlu memasukkan kode lagi di masa depan. Namun, pastikan memilih opsi ini jika kamu satu-satunya pengguna perangkat tersebut.  
2 dari 3 halaman

Membuat Shortcut iCloud di Layar Utama Android

Supaya lebih praktis, kamu juga bisa membuat shortcut iCloud di layar utama perangkat Android kamu.

Meskipun tidak ada aplikasi iCloud khusus untuk Android, dengan menambahkan shortcut ini, kamu bisa mengakses akses iCloud seakan-akan itu adalah aplikasi bawaan di perangkatmu .

Berikut caranya : 

  1. Buka iCloud.com di browser Android dan login seperti yang sudah dijelaskan.
  2. Setelah masuk, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas browser.
  3. Dari menu yang muncul, pilih Add to Home Screen.
  4. Kamu bisa edit nama shortcut-nya, lalu tekan Add.
  5. Setelah itu, shortcut iCloud akan muncul di layar utama, dan kamu bisa mengaksesnya lebih cepat. 

Mengapa Pakai iCloud di Android?

Pengguna iCloud  tentu merupakan mereka yang memakai perangkat Apple seperti iPhone, Mac, atau iPad. Lantas, apa yang membuat mengakses iCloud lewat perangkat Android menjadi penting? 

Cara ini sebenarnya bisa bermanfaat untuk mereka yang menggunakan dua sistem operasi tersebut. Dengan demikian, mereka bisa lebih mudah berbagi file termasuk mengakses data antar platform. 

 

Untuk itu, akses iCloud di Android memastikan semua data pentingmu tetap ada di ujung jari. Praktis, kan?

3 dari 3 halaman

Transfer Foto dari Google Photos ke iCloud bakal Makin Gampang dan Cepat!

Sebelumnya, Google dan Apple berkolaborasi meluncurkan alat baru untuk mentransfer foto dari Google Photos ke iCloud.

Sebagai bagian dari Inisiatif Transfer Data (Data Transfer Initiative/DTI), tool ini akan menambahkan transfer iCloud ke opsi ekspor Google Takeout.

Alat yang akan diluncurkan minggu depan ini mengotomatiskan proses transfer dari Google Photos ke iCloud, sehingga kamu tidak perlu mengunduh, mengunggah, atau melakukan apa pun selain memulai proses di web.

Halaman dukungan Apple menyebut penyelesaian transfer foto mungkin memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada ukuran file yang ditransfer.

Mentransfer gambar dari Google ke iCloud tidak akan menghapusnya dari Google Photos, jadi kamu harus melakukannya secara manual jika mau.

Selain itu, layanan ini tidak akan berfungsi untuk akun anak, akun Managed Apple ID (yang diatur melalui admin TI), atau akun iCloud dengan Perlindungan Data Lanjutan yang diaktifkan.

Sebelumnya, tool transfer foto dari iCloud ke Google Photos diluncurkan pada 2021. Sementara gerakan DTI diluncurkan pada tahun 2023 sebagai kolaborasi antara Apple, Google, dan Meta.

Secara resmi, organisasi ini dibentuk untuk mencapai tujuan Data Transfer Project (DTP) berbasis oper source yang dimulai lima tahun sebelumnya.