Sukses

Oppo Tetapkan Standar Baru Toko Ritel, Lebih dari Sekadar Jualan!

Oppo Gallery dan Oppo Experience Store menawarkan pengalaman belanja yang unik dengan sentuhan seni sekaligus interaksi komunitas.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Indonesia terus mendefinisikan ulang pengalaman berbelanja gadget dengan menghadirkan Oppo Gallery dan Oppo Experience Store.

Tidak hanya sebagai tempat membeli HP Oppo, kedua lokasi itu menghadirkan berbagai fasilitas untuk menciptakan pengalaman ritel lebih mendalam bagi pengunjung.

Menurut Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen, pembukaan Oppo Gallery menjadi tonggak penting dalam perjalanan Oppo menghadirkan showroom yang tidak hanya berfokus pada transaksi.

"Dengan Oppo Gallery, kami memperkenalkan konsep galeri teknologi yang memberikan ruang bagi pengguna mengeksplorasi teknologi Oppo dalam balutan seni, pengunjung juga dapat menikmati beragam fasilitas premium," tutur Patrick dalam siaran pers yang diterima, Kamis (3/10/2024).

Dijelaskan lebih lanjut, Oppo Gallery menciptakan suasana otentik yang menggabungkan teknologi dan seni. Pengunjung dapat menemukan instalasi seni interaktif pada LED Interactive Wall di Oppo Gallery Plaza Indonesia dan instalasi A Pervasive Rhythm di Oppo Gallery Gandaria City.

Patrick menuturkan, keduanya dirancang untuk memanjakan kreativitas pengunjung dan menjembatani hubungan antara pengguna dan teknologi. Setiap elemen di tempat ini pun ditujukan untuk memberikan pengalaman yang mendalam dan menginspirasi.

Di Oppo Gallery, pengunjung dapat menjelajahi teknologi dan mencoba deretan produk terbaru Oppo secara langsung. Tidak hanya itu, mereka juga dapat mengeksplorasi perangkat baru sambil melihat galeri foto yang dicetak besar hasil tangkapan HP Oppo.

Oppo Gallery juga berfungsi community space dan pusat edukasi bagi masyarakat. Oppo pun secara rutin menyelenggaran workshop, seminar, dan acara komunitas untuk meningkatkan pengetahuan mulai dari teknologi, inovasi terkini, hingga fotografi.

Berangkat dari keberhasilan Oppo Gallery, Oppo Indonesia memperluas konsep ini dengan menghadirkan Oppo Experience Store di berbagai kota besar di Indonesia.

 

2 dari 4 halaman

Oppo Experience Store: Tak Sekadar Toko, tapi Community Hub

Setiap toko didesain menjadi community hub dengan menyediakan fasilitas seperti Finders Cafe, perpustakaan mini, hingga co-working space yang dilengkapi area diskusi.

Untuk kenyamanan pengunjung, Oppo Experience Store dilengkapi pula dengan lighting yang memberikan suasana hangat, sehingga pengunjung merasa nyaman dan tenang selama beraktivitas.

"OPPO Experience Store dirancang untuk memberikan lebih dari sekadar pengalaman berbelanja. Kami ingin menciptakan tempat di mana pengunjung bisa menikmati waktu mereka, mendapatkan inspirasi baru, dan mengembangkan kreativitas," tutur Patrick.

Terbaru, Oppo Experience Store di Pacific Place kini menjadi tempat hangout populer di kawasan SCBD, Jakarta.

Toko ini ramai dikunjungi berbagai kalangan yang memanfaatkan fasilitasnya untuk beragam aktivitas, seperti menikmati kopi di Finders Cafe hingga membaca buku di area yang nyaman.

Tak hanya itu, toko ini juga menyediakan kids zone sehingga menjadikannya tempat yang cocok untuk keluarga.

Pengunjung dapat merasakan suasana yang hangat, sehingga Oppo Experience Store Pacific Place lebih dari sekadar toko ritel teknologi, tapi juga tempat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Selain menjadi tempat eksplorasi HP Oppo, toko ini juga menawarkan sejumlah perangkat pintar, seperti Oppo Watch X dan Oppo Pad 2. Layanan purnajual pun tersedia di beberapa Experience Store untuk memudahkan para pengguna.

 

3 dari 4 halaman

Oppo Hadirkan Toko Ritel dengan Konsep Premium dan Artistik

Meski memiliki konsep desain yang serupa, Oppo Gallery dan Oppo Experience Store hadir dengan ciri khas masing-masing untuk menciptakan identitas unik di setiap ruangnya.

Pada Oppo Gallery, ruangan didominasi warna putih untuk menampilkan kesan minimalis dan modern. Desain ini juga memberikan sentuhan elegan sekaligus menghadirkan suasana yang terang dan bersih.

Sementara Oppo Experience Store memadukan nuansa kayu untuk menciptakan suasana lebih hangat dan nyaman.

Material kayu dengan sentuhan tekstur lembut membuat pengunjung bisa merasa lebih santai dan betah berlama-lama di toko.

Pendekatan ini disebut memberikan terobosan di dunia ritel, karena tidak dimiliki toko ritel smartphone lain. Pengalaman yang ditawarkan ini pun membuat toko tersebut menjadi destinasi ritel yang unik dan eksklusif.

Hadir di Kota Besar dan Lokasi Premium

Saat ini, Oppo Experience Store dan Oppo Gallery kini hadir berbagai lokasi premium di Indonesia, seperti Pacific Place Jakarta, Gandaria City, Plaza Indonesia, AEON Jakarta Garden City hingga Bintaro Exchange Mall.

Pemilihan lokasi ini bertujuan untuk mendekatkan diri pada konsumen di segmen flagship hingga menengah. Selain itu, kehadiran Oppo di lokasi tersebut bisa memastikan produk unggulan mereka makin mudah dijangkau masyarakat.

Oppo sendiri kini telah memiliki 2 Oppo Gallery dan lebih dari 150 Oppo Experience Store yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang. Medan, dan kota-kota lainnya.

Konsep yang ditawarkan Oppo ini pun menjadikan Experience Store dan Gallery menjadi pusat layanan terintegrasi. 

 

4 dari 4 halaman

Rencana Oppo Selanjutnya

"Ke depannya, kami berencana untuk membuka lebih banyak OPPO Experience Store di kota-kota besar lainnya di Indonesia, memperluas kehadiran kami di lokasi-lokasi premium," tutur Patrick.

Selain jumlah toko, Oppo juga berencana memperkenalkan area interaktif baru yang dirancang untuk memperkaya pengalaman pengguna. Jadi, mereka bisa mendapatkan kesempatan mencoba teknologi terbaru produk Oppo secara langsung.

Sejak dibuka, Oppo Gallery di Plaza Indonesia dan Gandaria City telah menarik lebih dari 600 pengunjung tiap hari. Ini menunjukkan minat tinggi dari masyarakat pada konsep ritel premium ini.

Sementara Oppo Experience Store telah berhasil mencatat lebih dari 100.000 ribu pengunjung setiap tahunnya. Angka ini membuktikan daya tarik Oppo tidak hanya dari sisi produk, tapi juga pengalaman berbelanja unik dan eksklusif.

Dengan mengusung konsep community hub yang pertama di industri, Oppo Experience Store tidak hanya menjadi tempat berbelanja, melainkan juga pusat aktivitas yang mengedepankan interaksi serta kreativitas.