Sukses

iOS 18.0.1 Hadir! Perbaiki Bug iPhone 16 dan Persiapan Sambut Apple Intelligence

iOS 18.0.1 hadir dengan perbaikan bug penting untuk iPhone 16, termasuk masalah layar sentuh dan kamera. Siap-siap juga sambut Apple Intelligence, fitur AI revolusioner di iOS 18.1!

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja merilis iOS 18.0.1! Pembaruan ini dirilis tak lama setelah peluncuran iPhone 16 dan iOS 18 dua minggu lalu, dan diluncurkan untuk mengatasi berbagai bug.

Adapun update iOS 18.0.1 ini disebar ke seluruh pengguna, khususnya pemilik iPhone 16 series. Tapi bukan cuma itu, Apple juga 'memanaskan mesin' untuk kehadiran kecerdasan buatan, Apple Intelligence, di iOS 18.1.

Apa Saja Perbaikan di iOS 18.0.1?

Sebelumnya, beberapa pengguna iPhone 16 series sempat mengeluhkan layar sentuh kurang responsif. Masalah ini langsung Apple atasi di iOS 18.0.1. Tak hanya itu, perusahaan juga membenahi bug di kamera.

Disebutkan, pengguna iPhone 16 Pro menghadapi masalah ketika memakai kamera di ponsel saat merekam video dalam mode makro 4K. Aplikasi Messages juga sempat bermasalah ketika membalas pesan dengan custom watch face, dan juga ikut diperbaiki.

Selain itu, Apple juga meningkatkan alokasi memori berdampak pada performa beberapa model iPhone. Meskipun update ini lebih fokus pada stabilitas dan keamanan, namun pembaruan ini diharapkan dapat meningkatkan performa iPhone secara keseluruhan.

Apple Intelligence di iOS 18.1

Bulan ini, Apple dijadwalkan merilis iOS 18.1 yang sudah lama dinantikan. Pembaruan ini akan membawa fitur kecerdasan buatan canggih, Apple Intelligence, yang akan mengubah cara pengguna berinteraksi dengan iPhone.

Lewat Apple Intelligence, pengguna bisa mengedit foto, minta Siri merangkum transkrip, atau mendapatkan bantuan menulis dengan writing tools berbasis AI.

Fitur ini akan hadir di iOS 18.1, khususnya untuk pengguna iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan seluruh lini iPhone 16.

 

 

2 dari 4 halaman

Bagaimana cara update ke iOS 18.0.1?

<p>Fitur baru di iOS 18. (Doc: Apple)</p>

Raksasa teknologi ini juga berencana merilis dua update besar Apple Intelligence lainnya pada bulan Desember, mulai dari Image Playground, integrasi dengan ChatGPT, dan peningkatan fungsionalitas Siri.

Puncaknya, pada bulan Maret tahun depan, Apple akan merilis update besar-besaran iOS 18 dengan fokus pada peningkatan Siri dan menandai selesainya peluncuran Apple Intelligence.

Cara update ke iOS 18.0.1?

Mudah saja! Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda, pilih General, lalu navigasi ke Pembaruan Perangkat Lunak. Pembaruan iOS 18.0.1 sudah menunggu Anda!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera update iOS Anda dan bersiaplah enyambut era baru kecerdasan buatan di iPhone dengan Apple Intelligence!

3 dari 4 halaman

iOS 18 Disebut Bikin Masa Pakai Baterai iPhone Lebih Panjang

Apple merilis update iOS 18 yang menghadirkan berbagai fitur dan kustomisasi baru untuk pengguna iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sebelumnya, sebuah tes yang dilakukan baru-baru ini mengungkap kalau update iOS 18 bisa meningkatkan masa pakai baterai iPhone jadi lebih panjang. Namun, tes ini baru dijalankan di model iPhone 15 Pro.

Tes tersebut dilakukan oleh seorang blogger Tiongkok Geekerwan. Mengutip Gizchina, Selasa (24/9/2024), hal ini memperlihatkan update software bisa meningkatkan kualitas baterai perangkat iPhone.

Adapun iPhone 15 Pro Max, dalam pengujian, memperlihatkan hasil yang mengesankan, bahkan masa pakai baterai satu jam lebih panjang dibandingkan ketika menjalankan iOS 17.

4 dari 4 halaman

Hasil Tes

<p>Daftar iPhone yang Bisa Pakai iOS 18, iPhone Kamu Masih Termasuk? (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Pengujian melibatkan berbagai sejumlah aktivitas untuk mempastikan bagaimana performa baterai setelah di-update. Aktivitas yang dilakukan meliputi perpesanan, browsing, video call, hingga gaming.

iPhone 15 Pro memperlihatkan masa pakai baterai meningkat dari 6 jam dan 22 menit ke 6 jam dan 55 menit di iOS 18.

Kejutan besar baterai iPhone 15 Pro Max mengalami lonjakan masa pakai baterai dari 7 jam dan 55 menit ke 9 jam dan 2 menit.