Sukses

OpenAI Rilis Antarmuka ChatGPT Baru Bernama Canvas, Apa Keunggulannya?

OpenAI baru saja meluncurkan antarmuka workspace terbaru untuk ChatGPT yang disebut Canvas. Apa saja keunggulannya?

Liputan6.com, Jakarta - OpenAI baru saja meluncurkan antarmuka workspace terbaru untuk ChatGPT yang disebut Canvas. Fitur ini akan segera tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan Team.

Mengutip Engadget, Sabtu (5/10/2024), pengguna Enterprise dan Edu akan dapat mengakses Canvas mulai minggu depan.

Canvas adalah ruang antarmuka virtual untuk menulis dan membuat kode proyek yang memungkinkan pengguna berkonsultasi dengan ChatGPT pada bagian tertentu dari suatu proyek.

Terdapat jendela terpisah terbuka di samping ruang obrolan Utama, dan pengguna dapat meletakkan tulisan atau kode pada "kanvas" baru ini.

Mereka juga bisa meng-highlight bagian-bagian tertentu agar bisa lebih fokus dan diedit seperti penyunting naskah atau peninjau kode.

"Canvas dapat dibuka secara manual dengan mengetik 'use canvas' pada prompt. Canvas juga dapat terbuka secara otomatis saat mendeteksi skenario yang dapat membantu," demikian menurut keterangan pada blog resmi OpenAI.

Ada juga beberapa pintasan yang dapat digunakan untuk menulis dan membuat kode proyek. Untuk proyek penulisan, pengguna dapat meminta ChatGPT untuk memberikan saran suntingan.

 

2 dari 4 halaman

Mempermudah Pemahaman Kode

Pengguna juga bisa penyesuaian ukuran artikel atau meminta ChatGPT untuk mengubah level membaca, dari tingkat sekolah pascasarjana hingga taman kanak-kanak. ChatGPT juga dapat menambahkan emoji yang relevan untuk penekanan dan warna.

Para pembuat kode bisa meminta ChatGPT meninjau kode mereka dan menambahkan saran sebaris untuk perbaikan. ChatGPT juga dapat menandai pekerjaan kamu dengan log dan komentar untuk membantu dalam debugging dan mempermudah pemahaman kode.

ChatGPT juga mampu memperbaiki bug dan memindahkan kode ke bahasa lain seperti JavaScript, TypeScript, Python, Java, C++ atau PHP dalam mode Canvas.

Fitur Canvas OpenAI menyelaraskan ChatGPT dengan asisten AI lain yang memiliki ruang kerja terpisah untuk fokus pada area tertentu dari suatu proyek, seperti Artifacts Anthropic dan model AI yang berfokus pada pengkodean Cursor.

3 dari 4 halaman

250 Juta Orang Pakai ChatGPT Tiap Minggu, Kamu Termasuk?

OpenAI, kreator di balik ChatGPT kembali menjadi pusat perhatian setelah menerima pendanaan sebesar Rp 7,5 triliun dari SoftBank.

Kucuran dana ini semakin mengukuhkan posisi OpenAI sebagai pemimpin dalam industri kecerdasan buatan (AI).

Bersamaan dengan pengumuman pendanaan ini, OpenAI juga mengungkap fakta menarik terkait pengguna ChatGPT.

Menurut laporan yang dilansir Engadget, Jumat (4/10/2024), ada 250 juta pengguna aktif ChatGPT setiap minggu, yang memanfaatkan chatbot ini untuk berbagai keperluan, mulai dari bekerja hingga belajar.

Jumlah pengguna ini mengalami peningkatan signifikan sejak akhir Agustus, ketika perusahaan bentukan Sam Altman itu melaporkan ChatGPT digunakan oleh 200 juta pengguna setiap munggu.

Berdasarkan dokumen internal yang diperoleh The New York Times, pada bulan Juni tercatat ada 350 juta pengguna aktif bulanan yang memanfaatkan beragam tools OpenAI.

Walaun demimkian, laporan tersebut tidak secara rinci menjelaskan berapa banyak dari pengguna ChatGPT ini merupakan pelanggan berbayar dibandingkan dengan pengguna versi gratis.

Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan dari berbagai pihak tetang model bisnis jangka panjang OpenAI, dan bagaimana perusahaan memanfaatkan pendanaan baru untuk memperluas basis pelanggan berbayar ChatGPT.

Salah satu alasan diduga akan mendorong lonjakan lebih lanjut dalam jumlah pengguna adalah integrasi ChatGPT dengan Apple Intelligence.

Teknologi ini dijadwalakan akan tersedia secara global lewat pembaruan iOS 18.1 dalam beberapa bulan mendatang.

Dengan ekosistem Apple yang kuat, ChatGPT mungkin akan semakin merajai pasar AI, terutama jika fitur-fiturnya semakin dioptimalkan untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)