Sukses

Top 3 Tekno: Indonesia Negara Pertama di ASEAN Selesaikan Penilaian AI dari UNESCO hingga iOS 18.0.1

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui topik terpopuler yang ada di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (5/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia diketahui berhasil menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menyelesaikan penilaian komprehensif dalam kesiapan mengadopsi teknologi AI.

Penilaian itu dilakukan menggunakan metodologi RAM (Readiness Assessment Methodology) yang dikembangkan UNESCO. Artikel ini pun menjadi salah satu yang menarik bagi pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (5/6/2024).

Selain itu, topik lain yang mendapat sorotan pembaca adalah OpenAI yang baru saja meluncurkan antarmuka workspace terbaru untuk ChatGPT bernama Canvas. Disebutkan, fitur ini akan segera tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan Team.

Terakhir, artikel lain yang juga populer adalah soal update iOS 18.0.1 yang sudah hadir untuk para pengguna iPhone. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasi lengkapnya berikut ini. 

1. Indonesia Selesaikan Penilaian Kesiapan AI dari UNESCO, Pertama di ASEAN

Indonesia berhasil mencatatkan sejarah baru dalam pengembangan kecerdasan buatan atau AI di kawasan Asia Tenggara. Sebab, Indonesia dinyatakan sebagai negara pertama di kawasan ini yang berhasil menyelesaikan penilaian komprehensif terhadap kesiapannya dalam mengadopsi teknologi AI.

Penilaian yang dilakukan menggunakan metodologi RAM (Readiness Assessment Methodology) yang dikembangkan UNESCO. Metodologi ini memberikan gambaran jelas tentang kekuatan dan kelemahan Indonesia dalam pengembangan AI.

Hasil penilaian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan AI yang lebih terarah serta komprehensif.

Baca selengkapnya di sini. 

2 dari 3 halaman

2. OpenAI Rilis Antarmuka ChatGPT Baru Bernama Canvas, Apa Keunggulannya?

OpenAI baru saja meluncurkan antarmuka workspace terbaru untuk ChatGPT yang disebut Canvas. Fitur ini akan segera tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan Team.

Mengutip Engadget, Sabtu (5/10/2024), pengguna Enterprise dan Edu akan dapat mengakses Canvas mulai minggu depan.

Canvas adalah ruang antarmuka virtual untuk menulis dan membuat kode proyek yang memungkinkan pengguna berkonsultasi dengan ChatGPT pada bagian tertentu dari suatu proyek.

Terdapat jendela terpisah terbuka di samping ruang obrolan Utama, dan pengguna dapat meletakkan tulisan atau kode pada "kanvas" baru ini.

Mereka juga bisa meng-highlight bagian-bagian tertentu agar bisa lebih fokus dan diedit seperti penyunting naskah atau peninjau kode.

Baca selengkapnya di sini. 

 

3 dari 3 halaman

3. iOS 18.0.1 Hadir! Perbaiki Bug iPhone 16 dan Persiapan Sambut Apple Intelligence

Apple baru saja merilis iOS 18.0.1! Pembaruan ini dirilis tak lama setelah peluncuran iPhone 16 dan iOS 18 dua minggu lalu, dan diluncurkan untuk mengatasi berbagai bug.

Adapun update iOS 18.0.1 ini disebar ke seluruh pengguna, khususnya pemilik iPhone 16 series. Tapi bukan cuma itu, Apple juga 'memanaskan mesin' untuk kehadiran kecerdasan buatan, Apple Intelligence, di iOS 18.1.

Sebelumnya, beberapa pengguna iPhone 16 series sempat mengeluhkan layar sentuh kurang responsif. Masalah ini langsung Apple atasi di iOS 18.0.1. Tak hanya itu, perusahaan juga membenahi bug di kamera.

Baca selengkapnya di sini.Â